Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Reset Password BIOS Meskipun Lupa Password Terakhir

Cara Reset Password BIOS Meskipun Lupa Password Terakhir

Cara Reset Password BIOS Meskipun Lupa Password Terakhir | Memasang password atau kata sandi pada BIOS adalah penting, tujuannya yaitu agar terhindar dari attacking maupun penyalahgunaan dari tangan yang tidak bertanggung jawab selain pemilik laptop atau PC. Password BIOS bisa diberikan saat proses booting berjalan, dan juga bisa menekan F2 pada keyboard laptop.

Akan tetapi bagaimana misalkan lupa dengan password BIOS terakhir? Pasti akan pusing dan bingung. Kebanyakan pemakai windows akan mereset baterai CMOS bahkan bisa menginstall ulang sistem operasi untuk mengatasinya. Tenang, kali ini kami akan memberikan cara reset password bios tadi meskipun lupa password terakhirnya. Penasaran? simak cara reset password pada BIOS meskipun lupa password terakhir.

Baca juga: Apa itu BIOS ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Jenis Password BIOS

BIOS (Basic Input or Output System) dikenal sebagai pengaturan sistem atau UEFI. BIOS atau UEFI merupakan firmware yang tertanam pada chip memori kecil pada system board atau motherboard komputer. Fungsinya adalah sebagai antarmuka antara perangkat keras komputer dan sistem operasi. BIOS atau UEFI juga berisi instruksi yang digunakan komputer untuk menjalankan instruksi dasar seperti tanggal, waktu, apakah akan melakukan booting dari drive hard disk, drive USB, atau jaringan, dan sebagainya.

Mengutip laman resmi DELL, ada tiga jenis password yang dapat diatur di BIOS atau UEFI komputer.

  1. Password Sistem atau Pengguna – Kata sandi yang harus Anda masukkan untuk masuk ke komputer. Mencegah pengguna yang tidak berwenang menggunakan komputer. Tanpa kata sandi pengguna, pengguna tidak dapat masuk ke BIOS, mengakses menu booting satu kali (menu F12), atau melakukan booting ke sistem operasi.
  2. Password pengaturan atau Admin – Kata sandi yang harus Anda masukkan untuk mengakses dan mengubah pengaturan BIOS komputer. Mencegah pengguna yang tidak berwenang mengakses BIOS atau mengubah pengaturan di BIOS.
  3. Password HDD – Kata sandi yang harus Anda masukkan agar BIOS dapat mengakses hard drive dan melanjutkan booting ke sistem operasi. Mencegah pengguna yang tidak berwenang mengakses HDD dan melakukan booting ke sistem operasi.

Hal Penting Sebelum Reset Password BIOS

Berikut adalah hal-hal penting sebelum reset password pada BIOS:

  1. Pada PC Laptop (dan desktop high class) memiliki sistem sekuriti yang lebih baik. Umumnya data password BIOS disimpan dalam EEPROM di luar CMOS, dan tidak tergantung pada supply daya dari batere CMOS atau RTC battery. Sehingga dengan melepas batere CMOS tidak akan menghapus password BIOS. Untuk beberapa merk/series laptop, melepas batere CMOS justru kemungkinan akan menyebabkan BIOS lock up (terkunci) secara otomatis. Silahkan mengacu Manual Notebook ybs. Menghapus isi EEPROM memerlukan alat elektronik khusus.
  2. Pada beberapa merk/series laptop, jika user keliru memasukkan password BIOS 3x berturut-turut, maka secara otomatis BIOS akan mem-protect HDD sehingga data di dalamnya tidak bisa di-akses sampai user bisa memasukkan password yang benar. Pada laptop IBM Thinkpad, saat user memasang password BIOS maka HDD juga akan di-lock. Ketika password BIOS di-reset, HDD juga perlu di-reset sendiri agar bisa di-akses. IBM Thinkpad (biasanya) memiliki jumper khusus pada mainboard, ini harus digunakan untuk me-reset.
  3. Menggunakan software untuk reset atau clear password BIOS harus ekstra hati-hati – baca cermat manual-nya, terutama jika diterapkan pada laptop. Beberapa software seperti ini (kadang) mampu menghapus seluruh data BIOS sama sekali, bukan hanya data setting nya. Ini akan menyebabkan komputer tidak bisa digunakan sama sekali.
  4. Untuk menghindari semua kesulitan di atas, buatlah catatan setiap kali membuat password yang berhubungan dengan BIOS/PC. Buat catatan password pada buku atau disimpan di HP untuk back up.

Cara Reset Password BIOS

Berikut cara aman untuk reset password bios:

kode reset password bios
Gambar 1.
situs mudah cara reset password bios
Gambar 2.
  • Matikan PC Anda lalu masukan password BIOS yang salah berulang kali hingga BIOS terkunci total.
  • Selanjutnya, kode “system disable” akan muncul (Gambar 1). Catat kode “system disable” tersebut terlebih dahulu. Kita akan menggunakan kode ini pada langkah selanjutnya.
  • Gunakan perangkat yang dapat mengakses internet lalu kunjungi bios-pw.org (Gambar 2), ketik kode yang Anda dapatkan dari langkah 2 pada situs tersebut lalu klik tombol Get password.
  • Terakhir, gunakan password yang muncul pada halaman tersebut pada PC Anda. Jika tidak bisa, restart terlebih dahulu PC Anda agar kolom untuk memasukan password muncul.

Apabila cara di atas masih belum bisa untuk reset password BIOS, berikut adalah cara “paksa” yang bisa dicoba:

  • Cara yang paksa untuk me-reset Password BIOS adalah “hard reset”, yaitu dengan mencabut semua kabel daya, dan batere sumberdaya PC, kemudian melepas batere CMOS (RTL-batt) beberapa saat, lalu memasangnya kembali. Atau dengan memindah “jumper” (atau dip switch) yang ada di motherboard ke posisi “Clear CMOS”.
  • Cara ini dimaksudkan agar sumber daya ke CMOS terputus dan mengakibatkan BIOS (setting dan password) ter-reset (terhapus) – CMOS bersifat volatile. Umumnya bisa diterapkan pada sebagian besar PC desktop dan laptop model lama, yang masih menyimpan password dalam CMOS.
  • Khusus laptop model baru dan desktop kelas atas cara ini tidak bisa diterapkan karena password disimpan dalam EEPROM terpisah.
  • Jika dengan melepas batere CMOS tidak bisa me-reset Password BIOS, maka beberapa cara di bawah ini bisa dicoba. Sebelumnya, perhatikan kembali beberapa hal di paragraf atas.

Demikian petunjuk cara reset password pada BIOS meskipun lupa password terakhir, mudah bukan? Silahkan dicoba sendiri, dan jangan lupa untuk berhati-hati ketika menyimpan data penting seperti password BIOS.

Pelatihan Jogja Teknisi Jaringan dan Komputer

Demikian informasi penting Cara Reset Password BIOS Meskipun Lupa Password Terakhir. Segera ikuti pelatihan Teknisi Jaringan dan Komputer di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?