Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Setup Printer dengan Komputer menggunakan WIFI

cara setup printer dengan komputer menggunakan WIFI

Cara Setup Printer dengan Komputer menggunakan WIFI | Bagi Anda yang sudah sering menggunakan Printer dan yang memiliki Fitur Wifi Printing sebagai kepraktisan dalam mencetak dokumen sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun sebagian dari Anda ada yang belum paham mengenai cara mengkoneksikan Printer ke Laptop, pada artikel kali ini admin akan membahas serta menyampaikan tips tersebut.

Apa Itu Printer?

Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital ( text atau gambar ) menjadi bentuk fisik.

Printer sendiri mulai ditemukan pada abat 19. Pada mulanya sistem kerja printer masih menggunakan sistem mekanik dan sekitar tahun 1968 sebuah perusahaan elektronik dari jepang ( Epson ) memperkenalkan printer yang berkerja secara elektronik.

Cara Membagikan WIFI menggunakan QR-CODE pada Smartphone

Apa Fungsi Printer?

Fungsi printer yang paling utama adalah sebagai perangkat pencetak data digital yang telah diproses oleh komputer, walaupun untuk saat ini telah banyak perkembangan teknologinya, sehingga fungsi printer tidak lagi sebagai mesin cetak, tetapi juga dapat digunakan untuk menscan dan juga dapat digunakan sebagai mesin fotocopy. Dari sini sobat komputer pasti telah memahami apa itu printer dan fungsi printer itu sendiri, sekarang kita lanjutkan pada pembahasan macam – macam jenis printer.


Langkah ke-1 Setup WIFI Router Printing

Langkah pertama untuk setup printer dengan komputer yaitu adalah cek Wifi Router Printing disini maksudnya adalah sebuah fitur yang memungkinkan Kita sebagai Pengguna untuk mencetak dari PC / Laptop (Windows 10) melalui jaringan Wifi di Unit Printer yang terhubung dengan 1 Router. Ini sangat membuat Kepraktisan kita dalam mencetak dengan beberapa PC / Laptop dalam 1 Jaringan yang sama seperti untuk keperluan di Kantor ataupun Rumah.

Langkah ke-2 Instal Driver

Pertama Install Driver Printer dengan mendownload pada website atau menggunakan cd driver yang sudah di sediakan ketika anda membeli printer baru. Saat proses Install, akan muncul Tampilan Checking the Printer Status dimana Driver yang sudah terinstall di PC / Laptop akan memeriksa koneksi dengan Printer. Selanjutnya akan muncul tampilan Check the Connection Method, terlihat juga Info Nama Printer dan Serial Numbernya. Nah, apabila Printer dan PC / Laptop Anda sudah terhubung dengan Jaringan / Router yang sama maka akan muncul Gambar yang memperlihatkan bahwa PC / Laptop dan Printer sudah terhubung dengan Jaringan / Router seperti ini. Kemudian klik Yes. Selanjutnya Driver akan melanjutkan Proses Install (Download).

Langkah ke-3 Pastikan Driver Sudah Diinstal pada komputer

Selanjutnya untuk memastikan apakah Driver sudah terinstall di PC / Laptop, dengan cara Klik ‘Start’> Settings> Devices >Printers & Scanners. Kemudian pada halaman Printers & Scanners pilih seri printer kalian lalu klik ‘Manage’> Printers Properties, kemudian pilih Tab “Ports” maka terlihat Ports mana yang sedang aktif digunakan, untuk kasus ini pastikan Ports yang “Terceklis” yang bertuliskan WSD, jika yang USB yang “Terceklis” bisa dipastikan Printer terhubung dengan PC / Laptop melalui kabel USB dan sebagainya. Kemudian bisa dilanjutkan untuk Test Print dengan memilih Tab “General” kemudian klik Print Test Page. Jika berhasil mencetak maka PC / Laptop sudah terhubung dengan Printer melalui Wifi Router.

Langkah ke-4 mulailah mencetak

Jika semua dirasa sudah siap untuk digunakan maka cobalah mencetak beberapa lembar untuk memastikan bahwa printer tersebut sudah berjalan dengan baik.

Demikian tips tentang Cara Setup Printer dengan Komputer Menggunakan WIFI. Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?