Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Tepat Fresh Graduate Diterima Kerja IT

Cara tepat fresh graduate diterima kerja IT

Cara Tepat Fresh Graduate Diterima Kerja IT | Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan diproyeksi membutuhkan 1.230.000 lebih tenaga IT pada tahun 2022. Jumlahnya diperkirakan terus meningkat hingga tahun 2025 mendatang seiring bertambahnya fresh graduate yang ingin kerja IT.

Sementara lain, kebutuhan berbagai sektor industri global saat ini butuh integrasi teknologi pada proses bisnisnya. Sehingga keterampilan IT dalam pengembangan industri bisnis bisa menjadi peluang kebutuhan profesional IT.

Perlu dipersiapkan dalam menjawab kebutuhan industri dan peluang global saat ini. Untuk memiliki keterampilan IT yang baik. Pertama, persiapan dan pengembangan skills melalui pelatihan yang komprehensif. Kedua, up-to-date dengan perkembangan teknologi terbaru.

Baca juga: Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil?

Cara Tepat Menjadi Profesional IT untuk Fresh Graduate Agar Diterima Kerja di IT

Ketika perkembangan Teknologi Informasi datang dan menyentuh organisasi, perusahaan dan tempat-tempat kerja. Maka transformasi akan terjadi secara eksponensial, baik dari visi, proses, teknologi, budaya kerja, bahkan praktik kerja itu sendiri.

Perubahan yang sangat cepat dan drastis seringkali menuntut perusahaan-perusahaan masa kini untuk bergerak dengan sangat cepat agar tidak tertinggal dengan para kompetitornya. Ini juga membuat perusahaan atau tempat kerja yang berorientasi masih sangat tradisional dengan susunan hierarki yang sangat mengikat menjadi semakin pudar ditelan masa. 

Bagaimana caranya bisa mengasah kemampuan IT ini? Berikut ini beberapa Langkah agar kemampuan kamu tetap relevan dengan industri IT.

Baca buku dan blog

Bila kamu gemar membaca, maka tak ada salahnya untuk membeli buku teknologi. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai blog berkualitas seputar IT, membacanya, dan mengaplikasikan pengetahuan baru yang didapat.

Membaca adalah jendela dunia, termasuk ke dunia IT. Ini salah satu cara mudah frash graduate untuk tetap dekat dengan update dunia kerja IT.

Pahami tren

Ketahuilah tren terbaru seputar dunia IT. Biasanya pekerjaan di bidang IT selalu berkaitan dengan tren terkini.

Contohnya, belakangan, ada tren teknologi virtual reality (VR) yang digunakan untuk mendesain bangunan. Para perekrut, biasanya, juga akan menguji pemahaman kandidat terhadap tren di industri saat ini. Oleh karena itu, biasakan untuk mengikuti berita dan perkembangan di dunia IT ya.

Tangani proyek teknologi pribadi

Kejenuhan dengan tugas yang sama di kantor dapat disiasati dengan proyek sampingan. Kerjakanlah proyek teknologi pribadi kamu di rumah. Hal ini berguna untuk terus menambah dan mengasah kemampuan IT kamu.

Jika kamu ingin mengembangkan situs, berlatihlah dengan membangun situs sendiri. Rancang aplikasi yang bagus, kalau kamu ingin menjadi seorang pengembang aplikasi mobile. Intinya, berkreasilah untuk mengasah kemampuan IT kamu.

Bergabung dengan Komunitas IT

Bergabung dengan komunitas IT dapat membantu Anda memperoleh wawasan dan pengetahuan baru dari para ahli dan praktisi IT lainnya. Komunitas IT juga dapat memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek besar dan berkontribusi dalam mengembangkan skill IT.

Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat mengembangkan keterampilan IT dan memperoleh kesempatan karir yang lebih baik di bidang IT. Ingatlah untuk terus belajar dan mengikuti tren dan perkembangan terbaru di bidang IT untuk memperoleh keterampilan yang selalu relevan dengan kebutuhan industri.

Dapatkan Sertifikasi BNSP

Sertifikasi di bidang teknologi adalah hal yang cukup penting di era sekarang. Banyak perekrut terus menguji kemampuan seorang pekerja IT, dan mempertimbangkan adanya sertifikasi.

Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda dapat mengikuti ujian sertifikasi BNSP yang diakui secara nasional. Ini akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda dalam dunia kerja dan membuka peluang karir yang lebih luas. Pilar Teknotama menawarkan berbagai pelatihan lanjutan dan pelatihan tambahan untuk membantu Anda terus berkembang dan mengikuti perkembangan terbaru di dunia IT.

Sertifikasi IT Pilar Teknotama

Dalam bisnis modern saat ini, IT memiliki peran yang sangat penting untuk membantu mempercepat pertumbuhan bisnis. IT dapat membantu mengotomatisasi proses bisnis, meningkatkan efisiensi operasional, dan memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang tersedia.

Pelatihan dan Sertifikasi IT dapat menjadi solusi bagi perusahaan dan individu dalam mengembangkan keterampilan IT. Jasa Pengembang SDM IT dapat membantu perusahaan dalam menentukan solusi teknologi yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Pilar Teknotama dapat membantu individu dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi. Untuk mendapatkan layanan terbaru kami, hubungi whatsapp kami disini.

Credit: Satrio Adhi Imam Mustaqim

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?