Logo-Pitma-Jogja
Search

Daftar Kursus Komputer untuk Kerja, Anti Nganggur!

Daftar Kursus Komputer untuk Kerja, Anti Nganggur

Daftar Kursus Komputer untuk Kerja, Anti Nganggur! | Dalam dunia kerja saat ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan semakin ketat. Anda harus pintar dalam menunjukkan kelebihan serta kemampuan dirimu yang bisa membuatmu semakin ditengok oleh HRD atau rekruter.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan peluang diterima bekerja adalah perlunya memperhatikan sertifikasi komputer yang dimiliki. Sertifikasi komputer dapat menunjukkan kemampuan dan kualifikasi seseorang dalam bidang teknologi informasi (TI), yang menjadi bidang penting dalam hampir semua bidang pekerjaan.

Akan menjadi beban kerja jika saat ini Anda belum terlalu menguasai skill komputer. Mungkin, kursus komputer untuk kerja ini dapat membantu Anda meringankan beban kerja. Kemampuan dasar komputer seperti mengoperasikan software pengolah kata dan angka memang merupakan skill paling minimum yang harus disiapkan ketika memasuki dunia kerja.

Dengan mengikuti kursus komputer untuk kerja, Anda tak hanya dapat mengasah kemampuan tetapi juga mendapatkan sertifikat yang bisa dicantumkan pada Curriculum Vitae sebagai bukti kompetensi.

Baca juga: Kursus Online SEO Content Writing Pemula Dan Jadi Content Writer Sekarang!

Kursus Komputer untuk Kerja Apa Saja?

ruang kursus komputer untuk kerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua aspek pekerjaan memerlukan keahlian dalam mengoperasikan komputer. Berikut beberapa contok pekerjaan yang memerlukan keahlian mendalam tentang penggunaan komputer :

1. Desainer Grafis

Seorang desainer grafis berperan untuk membawakan sebuah ide ke dalam bentuk visual. Hampir setiap lembaga maupun perusahaan memerlukan jasa desainer grafis. Desainer grafis secara lebih spesifik bisa bekerja sebagai:

  • Desainer logo
  • Desainer produk
  • Desainer sebuah brand

Software yang paling sering digunakan oleh desainer grafis adalah Corel Draw dan Adobe Photoshop. Jadi, jika Anda ingin menjadi desainer grafis pilihlah kursus komputer untuk kerja dari kedua software tersebut.

2. Web Developer

Web developer juga banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Pasalnya, perusahaan yang terpercaya dapat dilihat dari kredibilitas website-nya. Jika Anda ingin menjadi web developer, Anda bisa memilih kursus komputer untuk kerja membuat website menggunakan bahasa pemrograman atau menggunakan CMS (Content Management System).

Membuat website menggunakan CMS lebih mudah daripada menggunakan bahasa pemrograman. Contoh aplikasi pembuat website dengan CMS adalah wordpress, joomla, bootstrap dll. Sedangkan jika Anda mau membuat web dengan bahasa pemrograman maka Anda bisa memilih kursus bahasa pemrograman java, php, html & css dll.

3. Staf Administrasi

Lowongan kerja lulusan kursus komputer untuk kerja staff administrasi adalah paling banyak sekarang. Setiap perusahaan dan perkantoran pasti membutuhkan staf administrasi.

Apabila Anda ingin bekerja sebagai staf administrasi kantor maka Anda bisa mengambil kursus Microsoft Office. Tiga software bagian Microsoft Office yang wajib Anda kuasai adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint.

4. Akuntan

Menjadi akuntan perusahaan tidak harus memiliki gelar sarjana akuntansi. Dengan kursus komputer untuk kerja menjadi akuntan, Anda juga bisa mendaftarkan diri menjadi seorang akuntan. Software yang perlu Anda kuasai minimal adalah Microsoft Office Access.

5. Drafter Gambar Bangunan

Jika suka dengan gambar teknik dan ingin bekerja di perusahaan konstruksi, sebaiknya Anda kursus komputer untuk kerja bidang gambar teknik. Software yang paling sering digunakan untuk mendesain bangunan adalah AutoCAD dan Google Sketchup. Jadi, pastikan Anda menguasai dua software tersebut terlebih dahulu.

Cara Memilih Tempat Kursus Komputer untuk Kerja yang Kredibel

Anda sudah mengenal berbagai perkerjaan yang memerlukan pengetahuan lebih tentang penggunaan komputer. Namun, bagaimana cara memilih kursus komputer untuk kerja yang tepat? Berikut simak caranya di bawah ini!

1.    Pilih sertifikasi yang diminta saat melamar pekerjaan

Sebelum memilih sertifikasi komputer yang ingin diambil, pelamar kerja perlu memperhatikan persyaratan pekerjaan yang dilamar. Beberapa pekerjaan mungkin meminta pelamar untuk memiliki sertifikasi tertentu sebelum diterima bekerja. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan persyaratan pekerjaan dan memilih sertifikasi yang diminta.

2.    Pilih sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar

Kursus komputer tersedia dalam berbagai jenis dan tingkat kesulitan. Pelamar kerja perlu memilih sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Misalnya, jika ingin melamar pekerjaan sebagai programmer, sertifikasi seperti Microsoft Certified Professional Developer (MCPD) atau Oracle Certified Java Certifications (OCP, OCM, and OCE) mungkin lebih relevan.

3.    Pilih kursus yang menunjukkan kemampuan Anda

Kursus komputer dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam. Karena itu, Anda perlu memilih kursus yang dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki secara objektif kepada calon pemberi kerja.

4.    Pilih kursus yang menunjukkan pencapaian Anda

Kursus komputer juga dapat menunjukkan pencapaian seseorang. Jadi, pilihlah kursus yang dapat memberikan sebuah sertifikat sebagai bukti kredibilitas dan dapat membantu Anda untuk menjadi kandidat unggul.

Manfaat Memiliki Sertifikat Kursus Komputer dalam Pengembangan Karir

Sertifikat kursus komputer dapat menjadi faktor penting dalam mencari pekerjaan ataupun mengembangan karir. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika mengikuti kursus komputer untuk kerja.

1.    Untuk membedakan kualifikasi antar kandidat pekerja

Kursus komputer untuk pekerja dapat membantu membedakan kualifikasi antara kandidat satu dengan yang lainnya. Dalam industri IT, kursus komputer dapat menjadi faktor penting dalam menentukan apakah seorang kandidat memenuhi persyaratan minimum untuk posisi tersebut.

2.    Untuk menentukan job deskripsi masing-masing pekerja

Sertifikat kursus onlie komputer untuk kerja juga dapat membantu menentukan deskripsi pekerjaan masing-masing pekerja. Dengan sertifikat kursus yang sesuai, perusahaan dapat menempatkan karyawan pada posisi yang tepat dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan tugas mereka dengan efektif.

3.    Sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat keahlian masing-masing pekerja

Sertifikat kursus komputer dapat menjadi tolak ukur untuk menilai tingkat keahlian masing-masing pekerja. Sertifikat ini menunjukkan bahwa seorang pekerja telah mempelajari dan memahami konsep dan praktik yang diperlukan untuk berhasil dalam posisi tertentu.

4.    Sertifikat membuat seseorang lebih bernilai

Sertifikat kursus komputer dapat membuat seorang kandidat lebih bernilai di pasar tenaga kerja. Hal ini dikarenakan sertifikat keahlian menunjukkan, bahwa seorang pekerja memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja.

Tempat Kursus Komputer untuk Kerja

PITMA merupakan perusahaan dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis kursus komputer untuk kerja yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

PITMA menjadi tempat yang tepat untuk memulai perjalanan Anda dalam mendapatkan sertifikat kursus komputer. PITMA menawarkan berbagai kursus dapat menunjukkan kemampuan tingkat lanjut dalam penggunaan beragam program

Terdapat kursus desain grafis, kursus web developer, kursus staf administrasi perkantoran, kursus akuntan, dan kursus drafter yang disediakan secara terpisah. Pelatihan yang ditawarkan PITMA tentunya komprehensif, intensif dan fleksibel. Sehingga Anda bisa mengikutinya pada waktu yang sesuai dengan jadwal Anda.

Dengan kursus komputer untuk kerja dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Pendaftaran Kursus Komputer untuk Kerja

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?