Logo-Pitma-Jogja
Search

Harus Dimulai Sekarang! Pelatihan dan Pengembangan Sdm Era Digital

Harus Dimulai Sekarang! Pelatihan dan Pengembangan Sdm Era Digital

Harus Dimulai Sekarang! Pelatihan dan Pengembangan Sdm Era Digital | Dalam sebuah perusahaan, kualitas sumber daya manusia sangat menentukan kemajuan sebuah bisnis untuk jangka pendek sampai jangka panjang. Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas, akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Salah satu cara untuk menjaga kualitas kinerja SDM yaitu dengan melakukan pelatihan dan pengembangan sdm era digital.

Era digital telah menciptakan transformasi yang mendalam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Di tengah dinamika yang terus berkembang ini, sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam menavigasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Baca juga: Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan untuk Tingkatkat Kinerja Karyawan

Mengapa Harus Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Digital?

Kelebihan Zaman Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Digital

Pelatihan dan pengembangan SDM era digital harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas karyawan adalah apa saja? Bagaimana cara terbaiknya? Kami akan membahasnya pada tulisan ini. Kualitas sumber daya manusia pada sebuah perusahaan sangat menentukan kemajuan bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sumber daya manusia yang berkualitas akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Salah satu cara untuk menjaga kualitas kinerja SDM atau Sumber Daya Manusia adalah dengan melakukan pelatihan dan pengembangan sdm era digital. Pelatihan dan pengembangan SDM era digital dapat dilakukan secara mudah, seperti mengikuti webinar atau pelatihan online untuk menambah skill dalam bekerja.

Kelebihan Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Digital

1. Adaptasi Terhadap Perubahan Teknologi

Tantangan utama era digital adalah percepatan teknologi. Organisasi perlu memahami dan mengembangakan SDM mereka agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Pengembangan teknologi yang menggemparkan dunia kerja, seperti kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi, menuntut perhatian khusus dalam merancang program pelatihan yang sesuai kebutuhan.

2. Fokus pada Keterampilan Digital

Dalam menghadapi era digital, keterampilan digital menjadi keharusan. Organisasi perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan keterampilan digital karyawan. Termasuk, penguasaan tentang analitik data, keamanan siber, dan platform digital. Peningkatan keterampilan ini bukan hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga meningkatkan daya saing organisasi di pasar global.

3. Pemberdayaan Karyawan Melalui Pembelajaran Mandiri

Pentingnya pembelajaran sepanjang hayat semakin meningkat dalam era digital. Organisasi dapat mengadopsi strategi pelatihan dan pengembangan SDM era digital dengan memberdayakan karyawan untuk melakukan pembelajaran mandiri. Platform pembelajaran online dan sumber daya terkini dapat diakses oleh karyawan untuk memperoleh pengetahuan baru dan memperbarui keterampilan mereka sesuai kebutuhan.

4. Implementasi Mentoring dan Kolaborasi

Kemajuan teknologi tidak mengurangi pentingnya interaksi antarmanusia. Program mentoring dan kolaborasi antardepartemen dapat menjadi strategi efektif untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman antar anggota tim. Dengan cara ini, organisasi dapat menciptakan lingkungan di mana inovasi dan pemecahan masalah dapat berkembang.

5. Tunjukkan Apresiasi dan Berikan Penghargaan pada Karyawan

SDM atau karyawan yang berkualitas dapat membawa perusahaan menjadi lebih maju. Berkualitas di sini juga termasuk berprestasi dan rajin. Oleh karena itu, agar meningkatnya kualitas SDM di era digital, perusahaan perlu menunjukkan apresiasi.

Apresiasi dapat diwujudkan dalam bentuk pemberian penghargaan pada karyawan. Dengan demikian, karyawan yang berprestasi akan merasa lebih dihargai kerja kerasnya dan karyawan lain juga lebih termotivasi untuk lebih semangat kerja yang akan memberikan kontribusi besar pada perusahaan.

6. Berikan Peluang Untuk Menyalurkan Ide

Karyawan berhak didengarkan atas gagasan atau ide yang disampaikan untuk perusahaan. Tidak harus langsung mengaplikasikan gagasan tersebut, hanya dengan mendengarkan gagasan yang dianggap membantu sudah bisa membuat karyawan merasa tersanjung karena telah berkontribusi, potensi mereka akan bisa berkembang.

7. Memberikan Pelatihan SDM

Hal penting untuk meningkatkan kualitas SDM terutama dalam era digital adalah dengan memberikan pelatihan SDM. Jika untuk pengembangan individu, pelatihan bisa dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar perusahaan dapat melihat potensi yang ada tiap karyawan agar mendapatkan SDM lebih berkualitas.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Digital

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm era digital yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Pelatihan yang ditawarkan PITMA tentunya komprehensif, intensif dan fleksibel. Sehingga Anda bisa mengikuti setiap pelatihan dan pengembangan sdm era digital pada waktu yang sesuai dengan jadwal Anda.

Dengan pelatihan dan pengembangan sdm era digital dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Kelebihan PITMA sebagai Penyedia Pelatihan dalam Pengembangan SDM Era Digital

Salah satu keunggulan utama menggunakan PITMA sebagai penyedia pelatihan adalah kemampuan kami untuk menyesuaikan pelatihan dengan kebutuhan spesifik organisasi. Pelatihan yang disesuaikan memastikan bahwa program pelatihan profesional, efektif, dan dapat diterapkan langsung dalam konteks pekerjaan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa aspek penting mengenai kurikulum pelatihan yang disesuaikan:

  • Analisis Kebutuhan Diklat:

Penyedia pelatihan memulai dengan melakukan analisis kebutuhan diklat (training needs analysis) untuk memahami kebutuhan spesifik organisasi dan karyawannya. Ini melibatkan evaluasi terhadap keterampilan yang ada, mengidentifikasi kesenjangan keterampilan, serta mengumpulkan masukan dari manajemen dan karyawan tentang area-area yang memerlukan peningkatan. Hasil analisis ini menjadi dasar dalam merancang materi yang relevan dan tepat sasaran.

  • Penentuan Tujuan Pelatihan yang Jelas:

Berdasarkan analisis kebutuhan, penyedia pelatihan menetapkan tujuan pelatihan yang jelas dan terukur. Tujuan ini dirancang untuk mengatasi kesenjangan keterampilan yang telah diidentifikasi dan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Misalnya, tujuan pelatihan bisa mencakup peningkatan kompetensi teknis, pengembangan keterampilan kepemimpinan, atau peningkatan efisiensi operasional.

  • Fokus pada Keterampilan yang Paling Relevan:

Pelatihan yang disesuaikan berfokus pada keterampilan dan pengetahuan yang paling relevan dengan tugas dan tanggung jawab peserta. Misalnya, untuk tim penjualan, pelatihan mungkin berfokus pada teknik penjualan yang efektif, negosiasi, dan manajemen hubungan pelanggan. Untuk tim teknologi informasi, pelatihan bisa mencakup pemrograman, keamanan siber, dan manajemen proyek teknologi.

  • Metode Pengajaran yang Disesuaikan:

Selain materi, metode pengajaran juga disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Penyedia pelatihan menggunakan pendekatan yang paling efektif untuk audiens mereka, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, atau pelatihan berbasis kompetensi. Metode yang disesuaikan membantu peserta belajar dengan cara yang paling cocok untuk mereka, meningkatkan retensi informasi dan aplikasi praktis.

  • Bebas Memilih Jadwal dan Lokasi:

Pelatihan yang disesuaikan juga menawarkan kebebasan dalam hal jadwal dan lokasi pelatihan. Penyedia pelatihan dapat menyesuaikan waktu pelatihan agar tidak mengganggu operasi bisnis, seperti menyelenggarakan pelatihan di luar jam kerja atau pada akhir pekan. Pelatihan dapat dilakukan di lokasi perusahaan, di tempat penyedia pelatihan, atau secara online melalui platform e-learning.

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM Era Digital

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?