Logo-Pitma-Jogja

Intip Pelajaran Penting Network Engineer! Kursus Komputer Networking Pemula

Intip Pelajaran Penting Network Engineer! Kursus Komputer Networking Pemula

Intip Pelajaran Penting Network Engineer! Kursus Komputer Networking Pemula | Infrastruktur Jaringan Komputer merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam perkembangan teknologi informasi. Aplikasi yang canggih harus ditunjang oleh jaringan yang mumpuni supaya seluruh alur komunikasi dan pertukaran data, bisa terjadi secara real time.

Kursus Komputer networking pemula di Indonesia penting karena jaringan merupakan awal dari komunikasi dan teknologi saat ini. Tanpa jaringan, kita tidak dapat terhubung dengan dunia luar dan tidak dapat mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain. Jaringan juga merupakan dasar dari internet, yang merupakan sumber informasi dan konektivitas yang vital bagi kemajuan ekonomi dan sosial.

Kursus Komputer networking pemula juga dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi dalam bidang yang berhubungan dengan teknologi, seperti keamanan jaringan dan pengelolaan data. Hal ini penting untuk melindungi perusahaan dari serangan cyber dan menjamin privasi data pengguna.

Selain itu, kursus Komputer networking pemula juga penting untuk mengembangkan keterampilan teknis yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Banyak perusahaan di Indonesia yang membutuhkan profesional yang memahami jaringan, baik itu dalam bidang IT atau perusahaan yang menggunakan teknologi jaringan dalam operasionalnya.

Baca juga: Jadi Pelindung Perusahaan dengan Kursus Komputer Networking Security

Mengapa Harus Mulai Kursus Komputer Networking Pemula?

Dukungan terhadap keberlangsungan dan stabilitas jaringan Internet tidak lepas dari peran seorang network engineer atau teknisi jaringan di perusahaan. Tidak adanya network engineer di suatu organisasi dapat menjadi salah satu penyebab turunnya kualitas user experience dan seluruh kinerja perusahaan tidak akan mencapai target yang diinginkan.

Posisi ini memiliki peran yang amat luas. Ia tidak hanya bertanggung jawab secara internal seperti mengelola database, tetapi juga eksternal di mana mereka harus memastikan jaringan milik pelanggan. Tanpa kinerja mereka, dijamin kualitas user experience dan seluruh kinerja perusahaan tidak akan mencapai target yang diinginkan.

Demi menjadi network engineer pemula hingga pro dalam dunia networking (jaringan), berarti mempelajari dasar-dasar dari jaringan komputer dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan Anda. Keterampilan yang dimaksud dalam mengelola, mengkonfigurasi, maupun memecahkan masalah pada jaringan.

Pemula dalam dunia Networking akan mempelajari tentang komponen jaringan seperti switch, router, dan kabel, serta konsep-konsep dasar seperti IP addressing, DNS, dan DHCP. Mereka juga akan belajar tentang topologi jaringan seperti bus, star, dan mesh, serta protokol-protokol jaringan seperti TCP/IP dan OSI.

Ketika Anda meningkatkan tingkat keahlian Anda dari pemula menjadi menengah, Anda akan mempelajari tentang routing dinamis dan protokol routing seperti OSPF dan BGP. Anda juga akan belajar tentang keamanan jaringan, seperti firewall, VPN, dan teknologi-teknologi keamanan jaringan lainnya.

Pada tingkat pro, Anda akan mempelajari tentang teknologi jaringan yang lebih canggih, seperti jaringan berbasis IPv6, jaringan software-defined, dan teknologi-teknologi cloud computing. Anda juga akan belajar tentang pemantauan jaringan dan troubleshooting, serta mengelola jaringan yang besar dan kompleks.

Apa Itu Network Engineer?

Teknik Cloud Kursus Komputer Networking Pemula

Network engineer adalah peran yang bertanggung jawab keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet sebuah organisasi. Dalam melakukan tugasnya, mereka perlu mengukur kualitas jaringan melalui hasil sumber data, kejernihan suara, kondisi pemutaran video, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, mereka bertanggung jawab untuk membuat desain dan implementasinya pada daerah-daerah tertentu di mana perusahaan beroperasi.

Selain itu, mereka juga wajib melakukan monitoring dan pengaturan secara rutin agar tidak ada sedikit pun masalah terkait kualitas database dan jaringan organisasi.

Keberadaan karir tersebut telah diakui oleh banyak perusahaan, entah itu yang masih berstatus startup atau sudah mapan. Mereka sangat diperlukan demi terjaganya stabilitas jaringan perusahaan dan pengurangan biaya maintenance eksternal yang relatif mahal.

Pekerjaan Network Engineer yang Dipelajari di Kursus Komputer Networking Pemula

Dengan peran yang amat besar, network engineer secara tidak langsung menjadi tumpuan sebuah perusahaan terkait berbagai keperluan IT. Hasilnya, tanggung jawab yang dimiliki oleh posisi ini tidak dapat dikatakan ringan dan perusahaan pun tak jarang merasa kesulitan untuk menemukan kandidat yang tepat.

1. Mendesain jaringan

Salah satu tugas utama dari seorang network engineer adalah mendesain jaringan yang lebih dikenal dengan istilah network architecture. Peserta kursus komputer networking pemula akan belajar untuk membuat kerangka untuk komponen fisik, organisasi, serta konfigurasi fungsional untuk setiap jaringan yang digunakan.

Untuk setiap network engineer baru, mereka wajib membuat uraian terperinci mengenai produk dan layanan yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk melakukan pendataan mengenai setiap jaringan yang digunakan dan kualitasnya.

2. Mendukung penggunaan jaringan

Setiap orang di posisi ini dituntut untuk memiliki pemahaman dasar mengenai jaringan internet, hingga instal dan konfigurasi. Peserta kursus komputer networking pemula perlu memahami pengelolaan database dan berbagai server milik perusahaan. Kebutuhan akan instal dan konfigurasi ini meliputi router, proxy servers, switches, WAN accelerators, DNS, dan DHCP.

3. Memimpin proses pengadaan logistik

Bagi sebuah perusahaan, menekan harga pengadaan logistik menjadi suatu hal yang penting. Network engineer pun sejatinya ikut andil dalam merealisasikan hal tersebut. Meski berstatus engineer, mereka seringkali dituntut untuk memimpin proses pengadaan peralatan. Proses pengadaan ini meliputi proses mencari kontraktor yang menjual peralatan jaringan dalam jumlah besar.

Pada peserta kursus komputer networking pemula, ada tiga hal yang menjadi pertimbangan penitng antara kualitas peralatan, usia maksimum alat, dan biaya. Apabila ketiga aspek tersebut memenuhi kebutuhan bisnis, mereka dapat memilihnya sebagai vendor penyedia peralatan utama milik perusahaan.

4. Menciptakan jaringan yang efisien dan aman

Salah satu masalah jaringan internet adalah harga dan keamanan. Nah, mengatasi persoalan tersebut menjadi salah satu tugas yang wajib dilakukan oleh seorang network engineer. Mereka dituntut untuk menciptakan jaringan internet yang efisien dan aman.

Efisiensi di sini sebenarnya mengacu pada harga. Sebab, dalam beberapa kasus, internet yang aman memiliki harga yang mahal, dan tentu saja hal ini memberatkan. Untuk mengatasinya, peserta kursus komputer networking pemula diajarkan untuk menjadi lebih kreatif. Entah itu menggunakan provider dengan harga murah atau menciptakan sistim keamanan yang lebih terpadu.

Tempat Kursus Komputer Networking Pemula Jogja

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka kursus computer networking pemula yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

PITMA berkomitmen memberikan fasilitas kursus komputer networking pemula yang memadai, dengan pilihan trainer yang berpengalaman dibidangnya. Selain itu, Anda juga akan mendapakan sertifikat yang nantinya dapat digunakan untuk membantu menunjang karir anda kedepannya.

Pendaftaran Kursus Komputer Networking Pemula Jogja

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website. Dapatkan penawaran khusus dari kami. Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?