Logo-Pitma-Jogja
Search

Peringatan! Jangan Mencas Ponsel atau HP Ketika Tidur

Jangan Mencas Ponsel atau HP Ketika Tidur

Peringatan! Jangan Mencas Ponsel atau HP Ketika Tidur | Apple mengeluarkan peringatan kepada para penggunanya. Peringatan tersebut adalah untuk tidak tidur di samping iPhone ketika charging.

Sebagian besar pengguna biasanya mencolokkan ponsel mereka untuk mengisi daya semalaman. Beberapa di antaranya menempatkan ponsel tak jauh dari posisi tidur. Padahal ada bahaya besar yang mengancam pengguna jika smartphone diisi daya dekat posisi tidur.

Baca juga: Cara Mengubah Alamat IP Pada Komputer atau Laptop Windows

Akibat Mencas Ponsel Ketika Tidur

  • Berpotensi menyebabkan kebakaran
  • Sengatan listrik
  • Cedera atau
  • Kerusakan pada ponsel atau properti.

Peringatan di atas telah tercantum di halaman dukungan layanan milik Apple sendiri. Bukan hanya mengisi daya saat tidur yang harus pengguna hindari. Seperti dikutip dari Mirror, tidur di atas perangkat, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel. Dilarang juga meletakkannya di bawah selimut, bantal, atau tubuh, saat perangkat terhubung ke sumber listrik

Apple juga bersikeras bahwa pengguna tidak boleh mengisi daya perangkat di dekat air atau cairan lainnya dan harus membuang pengisi daya segera setelah rusak.

Menggunakan kabel atau pengisi daya yang rusak, atau mengisi daya saat ada uap air, dapat menyebabkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, atau kerusakan pada iPhone atau properti lainnya.

Cara Aman Mencas Ponsel

  • Simpan adaptor pengisi daya di tempat yang berventilasi baik
  • Hindari mencas ponsel di suhu yang terik atau panas
  • Jangan memakai pengisi daya dari pihak ketiga.

Beberapa pengisi daya yang lebih murah tidak memiliki standar keamanan yang sama dengan produk resmi Apple. Untuk mengatasi hal ini, Apple merekomendasikan untuk mencari kabel “Made for iPhone” yang memenuhi standar keamanan internasional.

“Anda juga dapat mengisi daya iPhone dengan ‘Made for iPhone’ atau kabel dan adaptor daya pihak ketiga lainnya yang sesuai dengan USB 2.0 atau yang lebih baru dan dengan peraturan negara yang berlaku serta standar keamanan internasional dan regional,” tutur Apple.

Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat!

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?