Logo-Pitma-Jogja

Jangan Minder Berbicara! Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi

Jangan Minder Berbicara! Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi

Jangan Minder Berbicara! Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi | Kemampuan komunikasi (Communication Skill) sangat penting dan wajib ada dalam rencana pengembangan sumber daya manusia dari sebuah kantor atau organisasi. Tanpa komunikasi yang baik, tak ada suatu transaksi pun yang bisa terjadi, tak ada transfer ilmu, data dan sebagainya yang mungkin dilakukan.

Sebagai makhluk sosial, pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi memegang peranan paling krusial dalam kehidupan manusia. Bagaimanapun, kemampuan komunikasi seseorang takkan tumbuh dan lahir begitu saja. Maka dari itu dibutuhkan suatu pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi agar mampu membangun komunikasi yang efektif.

Pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi sangatlah penting khususnya di bidang pemasaran. Sulit dapat diraih target penjualan dan peningkatannya jika tidak dibarengi dengan pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi yang efektif dan berkesinambungan.

Baca juga: Jadi Pemimpin Efektif! Pelatihan dan Pengembangan SDM Kepemimpinan

Mengapa Komunikasi yang Efektif Penting?

Komunikasi yang efektif menjadi bagian penting dalam pekerjaan serta menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalin hubungan satu sama lain. Komunikasi tidak hanya proses bertukar informasi antara dua orang atau lebih. Dalam dunia kerja, komunikasi akan sangat membantu memberikan nilai positif baik untuk diri sendiri maupun perusahaan.

Salah satu contoh komunikasi yang efisien adalah ketika kedua pihak atau lebih mampu menyimak pernyataan seseorang dan memberikan respons bisa dalam bentuk pertanyaan atau memberikan kritik dan saran. Hal ini akan menunjukan reaksi lawan bicara setuju atau menolak dengan apa yang tengah dibicarakan.

Apa Itu Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi?

gambaran pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif menjadi salah satu keterampilan inti yang sangat dibutuhkan. Pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi adalah proses strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi karyawan, baik secara lisan maupun tertulis. Pelatihan tersebut mencakup serangkaian kegiatan yang dirancang untuk membantu individu memahami dan menerapkan teknik komunikasi yang efektif dalam berbagai konteks di tempat kerja.

Pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi melibatkan berbagai pendekatan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Proses ini biasanya dimulai dengan penilaian kebutuhan pelatihan, di mana perusahaan mengidentifikasi area di mana karyawan mereka memerlukan peningkatan.

Berdasarkan hasil penilaian ini, program pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi disusun untuk mencakup berbagai aspek komunikasi seperti teknik berbicara di depan umum, mendengarkan aktif, penulisan profesional, dan penggunaan bahasa tubuh yang efektif.

Komponen Utama dalam Pengembangan Komunikasi

  1. Pelatihan Berbicara di Depan Umum: Membantu karyawan mengatasi rasa takut berbicara di depan banyak orang, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menyampaikan presentasi yang jelas dan meyakinkan.
  2. Keterampilan Mendengarkan Aktif: Mengajarkan teknik untuk menjadi pendengar yang baik, seperti memberikan perhatian penuh kepada pembicara, memahami pesan yang disampaikan, dan memberikan respon yang tepat.
  3. Penulisan Profesional: Meningkatkan kemampuan karyawan dalam menulis email, laporan, dan dokumen bisnis lainnya dengan jelas, ringkas, dan tanpa kesalahan.
  4. Penggunaan Bahasa Tubuh: Mengajarkan cara menggunakan ekspresi wajah, gerakan tangan, dan postur tubuh untuk memperkuat pesan yang disampaikan secara verbal.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi

Kita biasanya tidak bermaksud membiarkan asumsi dan praduga mempengaruhi obyektivitas kita atau membuat orang lain merasa tidak didengarkan, namun kebiasaan dan pola komunikasi kita secara tidak sadar mungkin menyebabkan hal tersebut. Ketika kita mengubah pola atau kebiasaan kita tersebut, kita dapat meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dalam tim.

Pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi yang efektif di tempat kerja adalah fondasi dari semua interaksi bisnis dan operasional yang sukses. Karena dengan komunikasi yang jelas dan tepat, tugas yang paling sederhana pun dapat menjadi rumit dan menyebabkan ketidakpahaman, konflik, serta penurunan produktivitas.

Berikut adalah beberapa manfaat pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi yang efektif sangat penting di tempat kerja:

Mengurangi Kesalahpahaman dan Meningkatkan Efisiensi

Kesalahpahaman dalam komunikasi dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari tugas yang tidak diselesaikan dengan benar hingga proyek yang gagal. Ketika karyawan dapat menyampaikan pesan mereka dengan jelas, risiko kesalahpahaman berkurang secara signifikan. Ini berarti pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien, karena instruksi dan informasi yang diberikan dapat dipahami dan diikuti dengan tepat oleh semua pihak yang terlibat.

Meningkatkan Produktivitas

Komunikasi yang efektif memungkinkan karyawan untuk bekerja sama dengan lebih baik. Ketika tim dapat berkomunikasi dengan jelas, mereka dapat membagi tugas, mengoordinasikan usaha, dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan lebih efisien. Selain itu, komunikasi yang baik juga membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan cepat, sebelum mereka menjadi hambatan besar bagi produktivitas.

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Kepercayaan dan kredibilitas di tempat kerja dibangun melalui komunikasi yang jujur dan transparan. Ketika manajemen berkomunikasi dengan jelas dan terbuka tentang tujuan, harapan, dan tantangan perusahaan, karyawan lebih cenderung untuk mempercayai dan mendukung keputusan yang diambil. Ini juga berlaku sebaliknya; karyawan yang berkomunikasi secara jujur dan terbuka membangun reputasi yang positif dan kredibilitas di antara rekan-rekan mereka.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Lingkungan kerja yang positif adalah hasil dari hubungan kerja yang harmonis. Komunikasi yang baik membantu membangun dan memelihara hubungan antar karyawan. Ketika karyawan merasa nyaman berbicara satu sama lain, mereka lebih mungkin untuk berbagi ide, memberikan dukungan, dan bekerja sama dengan baik. Ini menciptakan suasana kerja yang mendukung, di mana setiap orang merasa dihargai dan didengar.

Mengelola Konflik dengan Lebih Efektif

Konflik di tempat kerja tidak bisa dihindari, tetapi cara mengelolanya yang menentukan dampaknya terhadap organisasi. Komunikasi yang efektif memungkinkan karyawan untuk mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif. Dengan kemampuan untuk mendengarkan secara aktif, memahami sudut pandang orang lain, dan mengekspresikan perasaan dan pendapat dengan jelas, konflik dapat diselesaikan dengan cara yang menguntungkan semua pihak.

Menguatkan Kepemimpinan

Pemimpin yang efektif adalah mereka yang dapat berkomunikasi dengan jelas dan inspiratif. Dengan kemampuan untuk menyampaikan visi dan tujuan perusahaan dengan cara yang memotivasi dan memberdayakan karyawan, pemimpin dapat mengarahkan tim menuju kesuksesan. Komunikasi yang baik juga memungkinkan pemimpin untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan mendukung pengembangan karyawan.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Dengan pelatihan dan pengembangan sdm komunikasi dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM Komunikasi

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?