Logo-Pitma-Jogja
Search

Jenis dan Cara Mengelola Jaringan dengan MikroTik untuk Pemula

Jenis dan Cara Mengelola Jaringan dengan MikroTik untuk Pemula

Jenis dan Cara Mengelola Jaringan dengan MikroTik untuk Pemula | Router MikroTik memiliki kemampuan routing yang memungkinkan menghubungkan perangkat yang lebih dari satu jaringan, dan memilih jalur yang optimal menuju perangkat komputer atau perangkat lainnya. MikroTik menawarkan solusi manajemen jaringan yang efisien dengan teknologi perangkat keras dan perangkat lunaknya yang canggih dalam lingkungan rumah, kantor, maupun industri. Meskipun memiliki fitur yang sangat menguntungkan, menggunakan mikrotik sendiri juga tidak sulit bahkan untuk pemula.

Jenis-Jenis Mikrotik

Selain memahami bagaimana cara kerja mikrotik, hal lainnya yang juga perlu Anda pahami adalah jenis-jenis mikrotik. Setidaknya, saat ini ada dua jenis mikrotik, yaitu:

1. Mikrotik RouterOS

Jenis yang pertama adalah Mikrotik RouterOS. Ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX. Dengan menggunakan jenis ini, komputer biasa nantinya bisa memiliki peran dan fungsi kayaknya router, hub, switch, bridge, dan sejenisnya. 

Komputer tersebut juga bisa memberikan firewall, akses jaringan, mengatur rute, memberi proxy, dan fungsi router lainnya. Selain pengoperasiannya yang cukup mudah, keunggulan lain dari jenis ini adalah:

  • Bisa diinstal sebagai sistem operasi. Karena basisnya Linux, maka sistem operasinya juga ringan.
  • Bisa diinstall pada PC dengan kemampuan yang cukup handal dan berkualitaspower PC dengan dengan kualitas yang sangat bisa diandalkan dan berkualitas baik.

2. RouterBoard

Jenis mikrotik lainnya adalah RouterBoard. Ini merupakan jenis mikrotik yang berupa perangkat keras. Perangkat ini nantinya akan dipasang sistem operasi mikrotik RouterOS.

Keunggulan dari perangkat ini adalah Anda sudah mendapatkan satu set router, lengkap dengan ROM, RAM, prosesor, dan juga memori flash yang sesuai dengan kebutuhan.

Daripada router pada umumnya, ukuran perangkat ini juga termasuk kecil sehingga akan praktis untuk digunakan. Dari segi biaya, perangkat ini juga jauh lebih murah.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Laptop dan PC

Apa Itu Mikrotik

MikroTik adalah sistem operasi router untuk mengelola jaringan komputer dan internet tanpa Menggunakan perangkat khusus. Melalui instalasi MikroTik pada komputer, Anda akan mendapatkan akses ke fitur router seperti firewall, gateway hotspot, dan manajemen bandwidth

Cara Mengelola Jaringan Menggunakan Mikrotik Pemula

Bagi pemula yang ingin memahami cara memulai mengelola jaringan menggunakan MikroTik, langkah-langkah di bawah ini bisa membantu:

  • Memahami Dasar MikroTik

Langkah pertama adalah memahami MikroTik itu sendiri. Mulai dari fitur dan fungsi dasar RouterOS, sistem operasi MikroTik, serta perangkat keras yang tersedia dan perangkat manajemen jaringan lainnya.

  • Pemasangan dan Konfigurasi Awal

Setelah memahami dasar MikroTik, langkah berikutnya adalah melakukan pemasangan dan konfigurasi awal perangkat. Ini melibatkan proses menghubungkan perangkat ke jaringan, mengakses antarmuka pengguna, dan melakukan konfigurasi dasar seperti pemberian alamat IP.

  • Konfigurasi Dasar Jaringan

Pemahaman terhadap cara membuat jaringan yang stabil dengan menetapkan IP, gateway, DNS, dan DHCP server.

  • Manajemen Keamanan

Memahami Keamanan dengan membuat aturan yang tepat untuk memfilter lalu lintas jaringan dan mengamankan router dari serangan luar dengan firewall.

  • Manajemen Perangkat

Memahami fitur manajemen perangkat MikroTik seperti manajemen pengguna, backup konfigurasi, serta pembaruan perangkat lunak untuk operasi optimal.

  • Pemantauan dan Pemeliharaan Berkala

Melakukan pemantauan terhadap kinerja jaringan secara berkala sangat penting. Gunakan alat bawaan MikroTik atau aplikasi eksternal untuk memantau jaringan. Selain itu, lakukan pemeliharaan rutin seperti melakukan backup konfigurasi dan update perangkat lunak.

Pelatihan Pengelolaan Jaringan Mikrotik Jogja

Demikian informasi penting Jenis dan Cara Mengelola Jaringan dengan MikroTik untuk Pemula. Segera ikuti pelatihan Pengelolaan Jaringan Mikrotik di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?