Logo-Pitma-Jogja
Search

Jenis – Jenis Tes Seleksi yang biasa digunakan dalam Rekruitment Perusahaan

Jenis - jenis Tes Seleksi yang biasa digunakan dalam rekruitment Perusahaan

Jenis – jenis Tes Seleksi yang biasa digunakan dalam rekruitment Perusahaan – Tes seleksi adalah sebuah tes terhadap sebagian dari aspek perilaku dan sikap mental dari seseorang. Tapi tes ini juga dapat digunakan sebagai suatu prosedur sistematis untuk membandingkan perilaku dari dua atau lebih orang. Seleksi rekruitmen calon karyawan Perusahaan dilakukan dalam beberapa tahapan. Termasuk juga dengan dilakukannya tes kepada kandidat yang telah lolos seleksi administrasi. Hal ini merupakan upaya untuk mendapatkan kandidat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Dalam Tes ini juga diharapkan dapat menghilangkan kemungkinan ketidaksukaan sepihak dari pewawancara atau supervisor. Penentuan terhadap keputusan seleksi ini hanya akan bersandar pada kemampuan potensial seseorang.

Berikut ini beberapa Tes yang biasa digunakan dalam proses rekruitment Perusahaan :

1. Tes Interview

Tes Interview yang dilakukan dalam proses seleksi karyawan bertujuan untuk menggali informasi lebih mendalam tentang diri pelamar. Kaitannya dengan pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, motivasi untuk bekerja, dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Tes Kepribadian

Tes kepribadian ini perlu dilakukan oleh perusahaan dalam upaya mengukur kecenderungan emosional, sifat, kekuatan dan kelemahan mental calon karyawan, serta berbagai unsur kepribadian lain yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga : Kesalahan yang harus dihindari saat Interview Kerja

3. Tes Psikomotorik

Tes psikomotorik ini dilakukan adalah dalam upaya mengukur sejauh mana kekuatan fisik, koordinasi tubuh, pengendalian otot-otot, dan ketangkasan seseorang dalam bekerja.

4. Tes Kognitif

Tes Kognitif digunakan dalam rangka mengukur kemampuan intelektual calon karyawan. Dimana variable yang dilihat dari tes ini meliputi kemampuan mengingat, memahami, menganalisis, kemampuan verbal, dan kemampuan berhitung (numerik).

5. Tes Interpersonal

Tes Interpersonal Pada dasarnya tes yang satu ini diperuntukkan untuk mengukur sejauh mana kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi dengan lingkungan sosialnya. Kaitannya dengan seleksi karyawan, jenis tes ini dapat membantu perusahaan untuk melihat sejauh mana calon karyawan mampu menyelesaikan suatu masalah, dan melakukan negosiasi dengan pihak luar.

Demikianlah informasi tentang Jenis – jenis Tes Seleksi yang biasa digunakan dalam rekruitment Perusahaan yang perlu di ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat, khususnya bagi pelamar agar dapat mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan yang diinginkan.

Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan,diklat dan Bimtek silahkan Hub kami

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?