Logo-Pitma-Jogja

Kelas Online PBJ Pemerintah supaya Terjauh dari Praktek Korupsi

Kelas Online PBJ Pemerintah supaya Terjauh dari Praktek Korupsi

Kelas Online PBJ Pemerintah supaya Terjauh dari Praktek Korupsi | Pelatihan Pengadaan Barang dan jasa (PBJ) untuk Pemerintah Daerah dan Pusat. Sangat diperlukan dalam memahami secara langsung kondisi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah saat ini. Kebijakan Pemerintah yang diterapkan dalam upaya pemberantasan korupsi, merupakan cara menghadapi kriminalisasi dari oknum yang berkaitan dengan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Pemerintah perlu memahami modus operasi suatu perbuatan tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang/jasa agar tidak terulang lagi di instansinya. Di sisi lain perlu juga dipahami kebijakan yang ada oleh setiap pejabat aparatur negara.

Kebijakan yang dimaksud, seperti pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, pejabat Pelaksana Teknis Pekerjaan, bendahara Pengeluaran, pejabat Pengadaan, panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan. Maka dari itu diperlukan pelatihan pengadaan barang dan jasa untuk pemerintah.

Dalam pelaksanaan proses pengadaan baik pada sektor pemerintah maupun non pemerintah harus menganut nilai dasar ataupun prinsip dasar pengadaan barang atau jasa. Nilai dasar atau prinsip dasar tersebut berfungsi sebagai pedoman atau landasan dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa. Berikut adalah pedoman dalam kegiatann pengadaan barang dan jasa :

  • Efektif dan Efisien
    Kegiatan pengadaan harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan.
    Selain itu, kegiatan pengadaan diusahakan dengan dana yang terbatas untuk mencapai sasaran yang dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Terbuka dan Transparan
    Siapapun dapat mengikuti proses lelang yang berlangsung sebagai calon penyedia dengan memenuhi syarat yang telah ditentukan. Adanya suatu keadaan dimana pihak ketiga kegiatan pengadaan bisa melihat dengan jelas barang atau jasa yang akan dibeli.
  • Bersaing
    Penentuan penyedia yang akan dipilih ditentukan dengan persaingan lelang yang sehat antar penyedia.
  • Adil/Tidak Diskriminatif
    Memberikan perlakuan yang sama terhadap semua calon penyedia tanpa mengarah untuk memberi keuntungan pada pihak tertentu.
  • Akuntabel
    Kegiatan pegadaan dapat ditelusur dari segi keuangan dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan pada berbagai pihak.

Oleh karena itu kegiatan pengadaan barang dan jasa baik sektor pemerintahan dan non pemerintahan harus sesuai dengan prinsip-prinsip diatas agar terlaksana sebaik mungkin dan menghindari korupsi.

Baca juga: Bimtek Jogja Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Mengapa ASN Perlu Pelatihan Khusus?

Contoh Materi Kelas Online PBJ Pemerintah supaya Terjauh dari Praktek Korupsi

Proses pengadaan barang dan jasa di sektor pemerintahan tidak hanya sekedar membeli barang atau menyewa jasa. Ada banyak regulasi dan prosedur yang harus diikuti untuk memastikan bahwa pengadaan dilakukan secara transparan, akuntabel, dan efisien. Pelatihan khusus melalui kelas online PBJ pemerintah sangat penting bagi ASN untuk beberapa alasan utama:

  1. Pemahaman Regulasi yang Kompleks
    Proses pengadaan diatur oleh berbagai peraturan dan undang-undang, seperti Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. ASN perlu memahami setiap detail dari regulasi ini untuk menghindari pelanggaran hukum. Terjadinya pelanggaran akan berakibat pada sanksi administratif atau bahkan pidana. Kelas online PBJ pemerintah menyediakan materi yang membahas regulasi ini secara mendalam, sehingga peserta dapat memahami dan menerapkannya dengan benar.
  2. Transparansi dan Akuntabilitas
    Transparansi dalam pengadaan barang dan jasa penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintah. ASN yang terlatih dapat memastikan bahwa setiap proses pengadaan dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan. Kelas online PBJ pemerintah mengajarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas, serta bagaimana menerapkannya dalam setiap tahapan pengadaan.
  3. Efisiensi dan Efektivitas
    Pengadaan yang efisien dan efektif dapat menghemat anggaran dan memastikan bahwa barang atau jasa yang diperoleh memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Pelatihan khusus membantu ASN untuk memahami cara melakukan perencanaan pengadaan yang baik. Peserta pelatihan juga akan dapat melakukan evaluasi penawaran yang objektif, dan mengelola kontrak dengan efektif. Kelas online PBJ pemerintah menyaijikan modul-modul yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam aspek-aspek ini.
  4. Pengelolaan Risiko
    Setiap proses pengadaan memiliki risiko, mulai dari risiko penyediaan barang yang tidak sesuai spesifikasi hingga risiko korupsi. ASN harus mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko-risiko ini. Melalui kelas online PBJ pemerintah, peserta akan belajar teknik-teknik manajemen risiko yang dapat diterapkan dalam proses pengadaan, sehingga potensi masalah dapat diminimalkan.
  5. Peningkatan Kompetensi Pribadi
    Pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi institusi pemerintahan, tetapi juga bagi pengembangan karir ASN itu sendiri. Dengan memiliki sertifikasi dan pengetahuan yang mendalam tentang pengadaan barang dan jasa, ASN dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka, membuka peluang untuk kenaikan jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar.

        Dengan mengikuti kelas online PBJ pemerintah, ASN tidak hanya sekadar mematuhi peraturan, tetapi juga membangun kompetensi yang lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas pengadaan. Kelas online PBJ pemerintah memberikan bekal yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di lapangan, sehingga proses pengadaan dapat berjalan dengan lebih baik dan hasil yang diperoleh pun lebih maksimal.

        Tujuan Kelas Online PBJ Pemerintah

        Kelas online PBJ pemerintah akan sangat membantu para ASN dalam mengambil tidakan yang terbaik dalam menentukan suatu case pengadaan barang dan jasa yang terjadi dilingkungan instansinya.

        Pelaksanaan kelas online PBJ pemerintah pusat maupun daerah tentunya memiliki manfaat, fungsi dan tujuan. Berikut beberapa tujuan dilakukannya kelas online PBJ pemerintah.

        • Sebagai prosedur pelaksanaan anggaran belanja langsung
        • Melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
        • Tersedianya SDM yang mampu melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
        • Mekanisme pengadaan barang/jasa oleh SKPD/unit kerja di lingkungan pemerintah daerah yang sebagian atau seluruhnya dibiayai oleh APBD.
        • Memahami kondisi pengadaan barang dan Jasa pemerintah yang terjadi saat ini dengan segala permasalahan yang timbul yang dapat digunakan sebagai pelajaran agar tidak terjadi dalam lingkungan instansinya.
        • Sebagai dasar penyelenggaraan sistem pengendalian internal belanja daerah.

        Tempat Kelas Online PBJ Pemerintah Jogja

        Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2018 dan Perubahannya No. 12 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah, Pasal 74 A menyatakan :

        Semua sumber daya manusia pengadaan barang/jasa wajib memiliki kompetensi di bidang pengadaan barang/jasa. Kompetensi ini dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat PBJ minimal tingkat dasar/level 1.

        Sertifikasi pengadaan Barang dan Jasa merupakan aspek penting dalam banyak organisasi dan bisnis. Memiliki sertifikasi ini tentunya dapat memberikan keuntungan kompetitif dan menjaga keberlanjutan operasional yang sehat.

        PITMA adalah perusahaan dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di Jogja. PITMA membuka beberapa jenis kelas online PBJ pemerintah yang dapat anda ikuti baik dengan metode e-learning melalui LMS PITMA di pitmabelajar.com dan melaui fitur tatap muka virtual melalui Zoom Meeting.

        Kelas online PBJ pemerintah menjadi salah satu pelatihan yang menjadi prioritas sebagian orang. Selain lebih murah juga dianggap lebih efisien untuk menguasai skill tata pengadaan barang dan jasa pemerintah.

        PITMA telah berpengalaman di bidang pelatihan PBJ pemerintah yang berorientasi pada bidang kesuksesan bersama. PITMA berupaya untuk membantu banyak orang agar mampu belajar PBJ pemerintah dengan lebih efektif.

        Pendaftaran Kelas Online PBJ Pemerintah Jogja

        Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

        Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

        Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

        × Butuh Bantuan?