Logo-Pitma-Jogja
Search

Kelebihan QGIS Dan Tutorial Install Di Windows 11

Kelebihan QGIS Dan Tutorial Install Di Windows 11

Kelebihan QGIS Dan Tutorial Install Di Windows 11 | QGIS adalah Sistem Informasi Geografis Open Source. Proyek ini lahir pada Mei 2002 dan didirikan sebagai proyek di SourceForge pada bulan Juni tahun yang sama. Software ini tersedia bagi siapa saja yang memiliki akses ke komputer pribadi.

QGIS saat ini beroperasi di sebagian besar platform Unix, Windows, dan macOS. Dikembangkan menggunakan Qt toolkit ( https://www.qt.io ) dan C++. QGIS memiliki kelebihan berbeda, mulai dari user interface yang ringan dan graphical user interface yang menyenangkan dan mudah digunakan.

Baca juga: Belajar Data Analytics: Pengertian dan Fungsi Tableau

Kelebihan QGIS

QGIS merupakan perangkat lunak open source. Selain gratis (tidak perlu bayar untuk memakainya), perangkat lunak seperti ini bebas untuk dimodifikasi karena dokumentasinya jelas. Berikut beberapa kelebihan lain QGIS yaitu:

  1. Tidak perlu bayar untuk memakainya (Gratis).
  2. QGIS mendukung standar OGC. Artinya tipe data spasial mengikuti standar terbuka internasional. QGIS dapat membuka layanan WMS, WFS, WCS. QGIS juga dapat membuka berkas dengan tipe ekstensi csv, geojson, dan geopackage. Bahkan kalau bisa dikoneksi ke PostGIS, bisa juga langsung baca data spasialnya dari basis data langsung.
  3. QGIS memiliki repositori plugin. Terdapat beberapa plugin yang mungkin membantu operator GIS dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Kalau tidak ada, bisa buat sendiri
  4. Reporting engine QGIS itu bagus sekali. Jika Anda mau membuat laporan spasial (dokumen PDF misalnya), bisa pakai QGIS untuk membuat laporan dengan kartografi yang indah.
  5. QGIS punya markup style sendiri untuk memperindah pembuatan peta. Polygon bisa diwarnai/diarsir sesuai keinginan. QGIS 3 bahkan nantinya akan mendukung rendering peta 3D
  6. Mudah dimodifikasi (menggunakan Plugin API) menggunakan bahasa pemrograman Python. Python cukup mudah dipelajari bagi non-pemrogram. Bagi pemrogram, ini bisa jadi peluang sebagai konsultan untuk memberi tambahan fungsionalitas ke QGIS dengan mudah.
  7. Komunitas internasional yang sangat aktif. Setiap setahun sekali mereka mengadakan Hackfest, untuk tatap muka dan berbagi perkembangan penggunaan QGIS di lapangan. Mailing lists daringnya juga aktif.
  8. Mudah diinstall dan multiplatform. Bisa diinstall di Windows, Linux, ataupun MacOS. Untuk Linux, cara installnya bisa berbeda tergantung varian yang digunakan.

Kekurangan QGIS

Selain keuntungan di atas, terdapat juga beberapa kekurangan khususnya di Indonesia, yaitu:

  1. Sedikit sekali yang pakai. Hanya orang-orang yang bekerja di kalangan humanitarian atau NGO, misalnya BNPB, HOT-OSM, PMI, dan sejenisnya. Meskipun begitu, di luar negeri QGIS juga sering berkombinasi dengan ArcGIS. QGIS merupakan de facto desktop GIS alternatif selain ArcGIS. Berbeda di luar negeri yang cukup populer.
  2. Sedikit sekali pakar pengembangan/pengguna QGIS di Indonesia. Berbeda dengan Esri, yang biasanya punya company representative untuk menjawab/trouble shooting, QGIS berbeda. Jika komunitasnya tidak aktif, maka akan susah pula mempelajarinya. Namun jika berani bergabung dengan komunitas internasional, mestinya tidak masalah. Hanya kadang-kadang pengguna QGIS tidak berani bertanya karena kendala bahasa.

Cara Download QGIS

Untuk Mengunduh Quantum GIS untuk komputer Anda, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang di bawah ini:

Langkah 1:

Buka browser web Anda dan buka halaman beranda QGIS.com. Klik tombol hijau “Download Now”. Dari halaman download. Anda dapat memilih versi QGIS mana yang ingin Anda unduh berdasarkan platform Anda.

Langkah 2:

QGIS adalah perangkat lunak GIS unik yang juga tersedia untuk Linux dan Mac selain Platform Windows. Jadi, penting bagi Anda untuk memilih paket instalasi QGIS sesuai dengan arsitektur komputer Anda.

Anda akan melihat bahwa bahkan setelah Anda memilih sistem operasi, Anda masih akan melihat 4 opsi QGIS.

Untuk Windows bisa menggunakan 32 bit atau 64 bit. Anda dapat memilih Opsi Rilis Terbaru atau Stabil (LTR).

Cara Install QGIS Di Windows 11

Setelah Anda mengunduh penginstal QGIS di komputer Anda, sekarang saatnya menginstalnya di komputer Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1:

Klik dua kali file instalasi yang telah Anda unduh di komputer Anda. Maka akan muncul jendela menginstal.

Langkah 2:

Periksa jalur instalasi default, di mana nanti akan menginstal aplikasi QGIS. Jika Anda telah memilih Paket Standalone, maka GRASS GIS dan SAGA GIS juga akan terinstal di komputer.

Langkah 3:

Tunggu proses instalasi selesai dan klik “Finish”. Setelah selesai, buka QGIS untuk memastikan apakah bisa berjalan lancar atau tidak. Jika mengalami kendala, maka cobalah untuk versi yang sebelumnya.

Pelatihan GIS Jogja

Demikian informasi penting Kelebihan QGIS Dan Tutorial Install Di Windows 11. Segera ikuti pelatihan GIS di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?