Logo-Pitma-Jogja
Search

Kesalahan yang harus dihindari saat Interview Kerja

kesalahan yang harus dihindari saat Interview Kerja

Kesalahan yang harus dihindari saat Interview Kerja – Interview kerja adalah awal bagi Anda untuk bergabung ke dalam perusahaan yang Anda inginkan. Banyak dari pelamar kerja yang gugur di sesi wawancara karena kesalahan yang disadari ataupun tidak. Memang bukan satu hal yang gampang buat lolos di tahap ini dikarenakan HRD menilai langsung dari cara Anda menjawab dan sikap Anda pada saat proses Interview.
Berikut Hal – hal yang perlu dihindari saat Interview Kerja :

1. Pakaian Tidak Sesuai

Wawancara kerja adalah sesi formal, maka dari itu lebih baik pastikan Anda menyesuaikan pakaian agar kesan pertama yang terlihat tidak negatif di mata HRD.
Jika tidak yakin dengan bagaimana ketentuan pakaian yang mesti dikenakan, jangan ragu tanyakan sebelum wawancara.

2. Bahasa Tubuh yang negatif

Bahasa tubuh merupakan poin yang sering tidak Anda sadari bisa jadi kesalahan besar saat sesi interview kerja. Bahasa tubuh atau gestur jadi penilaian penting di mata HRD. Dari saat memasuki ruang interview, berjabat tangan, posisi duduk, ekspresi wajah dan cara kamu keluar dari ruang interview akan jadi perhatian. Jadi usahakan perhatikan bahasa tubuh Anda saat proses interview kerja, karena hal tersebut menjadi penilaian penting.

3. Datang Terlambat saat Interview dan Tidak Memberi Kabar

Terlambat datang saat proses interview tidak sepenuhnya salah, sebab tentu ada beberapa hal di luar kendali kita. Namun, ini bisa jadi hal fatal jika Anda datang terlambat tanpa memberikan kabar. Saat datang terlambat dan tidak memberi kabar, Anda akan dianggap memiliki kemampuan komunikasi yang rendah. jadi, jika saat dalam perjalanan Anda kabari HRD mengenai kondisi tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar isi Otomatis pada Word

4. Berbicara Terlalu Banyak

Saat Anda merasa grogi atau gugup saat berbicara di depan orang sampai melantur ketika menjawab pertanyaan, Hal ini juga sering terjadi saat sesi interview. Banyak pencari kerja terutama fresh graduate yang karena terlalu gugup, bicaranya jadi melebar kemana-mana. Karena itu, dibutuhkan persiapan seperti latihan atau membuat poin-poin jawaban dari pertanyaan interview yang umum diajukan. Sampaikan jawaban yang padat, jelas dan sesuai dengan konteks pertanyaan. Misal Anda diminta “deskripsikan tentang diri Anda”. Jelaskan secara singkat identitas, pendidikan terakhir, kemampuan yang spesifik, kamu pribadi yang seperti apa?, atau skill yang Anda punya. Hindari menceritakan latar belakang keluarga, sampai ranah privasi lain di luar bahasan karir.

5. Asal Menjawab Pertanyaan

Hal ini juga perlu Anda wajib hindari, memberikan jawaban asal dan sekenanya saja sangat tidak di sarankan. Pastikan Anda mendengarkan pertanyaan dengan seksama dan mengambil jeda beberapa saat untuk memberikan jawaban. Jika Anda merasa pertanyaan yang diajukan kurang jelas atau Anda tidak mengerti, mintalah dengan sopan kepada HRD untuk di jelaskan ulang. Menjawab asal dan sembarangan dapat menutup kemungkinan Anda untuk diterima.

Berikut itu adalah 5 Hal yang yang wajib harus Anda hindari saat proses Interview Kerja. Apabila Anda membutuhkan info mengenai pelatihan bisa mengubungi kami

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?