Logo-Pitma-Jogja

Kursus Komputer Networking Untuk Memenuhi Kebutuhan Koneksi Internet Kantor

Kursus Komputer Networking Untuk Memenuhi Kebutuhan Koneksi Internet Kantor | Jaringan komputer adalah elemen paling penting di era modern ini. Dengan adanya jaringan komputer, koneksi antar perangkat jadi memungkinkan. Adanya jaringan komputer bisa membuat interaksi dan berbagi informasi antar perangkat dengan menggunakan LAN (Local Area Networks) dan WAN (Wide Area Networks).

Dukungan terhadap keberlangsungan dan stabilitas jaringan Internet tidak lepas dari peran seorang network engineer atau teknisi jaringan. Absennya network engineer di suatu organisasi dapat menjadi salah satu penyebab turunnya kualitas user experience. Oleh sebab itu, kebutuhan tenaga ahli yang menguasai jaringan komputer semakin meningkat dari hari ke hari.

Apa itu Computer Networking?

tantangan dalam kursus komputer networking

Untuk kita yang sudah terbiasa bergelut di dunia tekonologi, tentunya sudah tidak asing dengan istilah computer networking yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan jaringan komputer. Kali ini akan membahas tentang pengertian jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer yang ada.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menyambungkan antar komputer maupun dengan perangkat yang lain (salah satu contohnya adalah printer). Sambungan tersebut melalui media komunikasi, sehingga data dan informasi dapat saling tersalurkan antar komputer maupun perangkat. Istilah bandwidth muncul sebagai kapasitas transmisi dari suatu jaringan.

Baca juga: Cara Sharing File atau Folder Menggunakan Jaringan Wifi di Windows

Apa itu Kursus Komputer Networking?

Kursus komputer networking adalah program pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar maupun lanjutan dalam bidang jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sistem yang memungkinkan komputer dan perangkat lain untuk saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya, seperti file, printer, dan koneksi internet.

Kursus ini penting bagi Anda yang ingin memahami cara kerja jaringan dengan efektif. Dalam kursus komputer networking, peserta akan diperkenalkan pada berbagai konsep dasar yang menjadi fondasi dari teknologi jaringan. Termasuk jenis-jenis jaringan, seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), dan WLAN (Wireless Local Area Network).

LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu lokasi, seperti di dalam gedung perkantoran atau rumah. WAN mencakup area geografis yang lebih luas, seperti jaringan antar kota atau negara. WLAN adalah jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk terhubung tanpa menggunakan kabel fisik.

Kursus ini juga mencakup perangkat-perangkat jaringan yang penting, seperti router, switch, dan access point. Router adalah perangkat yang mengarahkan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Sementara switch menghubungkan perangkat dalam jaringan yang sama dan mengelola lalu lintas data di antara mereka. Access point digunakan dalam jaringan nirkabel untuk menghubungkan perangkat ke jaringan.

Peserta kursus komputer networking juga akan mempelajari dasar-dasar pengalamatan IP (Internet Protocol). IP merupakan sistem penomoran untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan. Pemahaman tentang IP addressing dan subnetting sangat penting untuk konfigurasi dan manajemen jaringan yang efisien.

Salah satu keunggulan utama dari kursus komputer networking adalah pendekatan praktis yang sering kali digunakan. Banyak program kursus menyediakan laboratorium simulasi untuk mempraktikkan keterampilan yang telah dipelajari. Hal tersebut mencakup pengaturan dan konfigurasi jaringan, pemecahan masalah konektivitas, dan pengelolaan perangkat jaringan.

Keuntungan Menguasai Keterampilan Networking

Menguasai keterampilan komputer networking menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan, baik dalam pengembangan karier maupun dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keterampilan ini sangat berharga:

  1. Di era digital saat ini, hampir setiap perusahaan memerlukan teknisi jaringan komputer yang andal untuk menjalankan operasional mereka. Memiliki keterampilan networking yang kuat, seseorang dapat mengejar berbagai posisi seperti teknisi jaringan, administrator jaringan, insinyur jaringan, hingga spesialis keamanan jaringan.
  2. Profesi di bidang networking sering kali menawarkan gaji yang kompetitif. Perusahaan bersedia membayar lebih untuk memastikan mereka memiliki staf yang mampu menjaga jaringan mereka tetap berjalan dengan lancar dan aman. Sertifikasi dan pengalaman dalam networking dapat lebih meningkatkan prospek gaji.
  3. Dengan semakin pentingnya jaringan komputer dalam semua aspek bisnis modern, keterampilan networking memberikan stabilitas pekerjaan yang tinggi. Perusahaan selalu membutuhkan seseorang untuk mengelola, memelihara, dan mengamankan jaringan mereka, membuat profesional networking menjadi komponen vital dalam operasional mereka.
  4. Menguasai networking tidak hanya memberikan pengetahuan spesifik tentang jaringan tetapi juga mengembangkan keterampilan teknologi yang lebih luas. Ini termasuk pemahaman tentang perangkat keras komputer, sistem operasi, dan keamanan siber. Keterampilan ini sangat berguna dan dapat diterapkan dalam berbagai aspek pekerjaan teknologi informasi.
  5. Menguasai keterampilan networking membuka jalan untuk memperoleh sertifikasi profesional yang diakui secara internasional, seperti CompTIA Network+, Cisco Certified Network Associate (CCNA), dan Certified Information Systems Security Professional (CISSP). Sertifikasi ini tidak hanya memperkuat keahlian seseorang tetapi juga meningkatkan kredibilitas dan peluang karier mereka.
  6. Bagi pemilik usaha kecil, keterampilan networking memungkinkan mereka untuk mengelola jaringan bisnis mereka sendiri tanpa harus selalu mengandalkan bantuan eksternal. Ini dapat menghemat biaya dan memberikan kontrol lebih besar atas infrastruktur teknologi mereka, yang penting untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.
  7. Selain pekerjaan tetap, keterampilan networking juga membuka peluang untuk bekerja sebagai freelancer atau konsultan. Banyak perusahaan memerlukan bantuan untuk proyek tertentu atau memerlukan spesialis untuk meningkatkan infrastruktur jaringan mereka. Ini memberikan fleksibilitas dan potensi penghasilan tambahan bagi profesional yang terampil di bidang ini.

Dengan semua keuntungan ini, mengikuti kursus komputer networking adalah investasi berharga bagi siapa saja yang ingin mengembangkan karier di bidang teknologi informasi dan menikmati stabilitas serta peluang yang datang dengan keahlian ini.

Tempat Kursus Komputer Networking Jogja

PITMA membuka kursus komputer networking  yang dapat anda ikuti baik secara privat ataupun kelompok. PITMA juga memberikan fasilitas kursus komputer networking  yang memadai, dengan pilihan mentor yang berpengalaman dibidangnya. Selain itu, Anda juga akan mendapakan sertifikat yang nantinya dapat digunakan untuk membantu menunjang karir anda kedepannya.

Kursus komputer networking mencakup berbagai macam skill  yang penting dalam hal networking seperti contoh berikut:

  1. Teknik crimping, baik itu straight maupun cross.
  2. Set Computer Name dan Workgroup serta NetMeeting.
  3. Set IP Address dan troubleshooting koneksi internet.
  4. Sharing Data dan mengambil data yang dishare.
  5. Membuat Jaringan LAN sederhana.
  6. Setting Access Point/Wireless Router sehingga menjadi Hotspot area.
  7. Maintenance Jaringan dan Hotspot area.

Pendaftaran Kursus Komputer Networking Jogja

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website. Dapatkan penawaran khusus dari kami. Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?