Logo-Pitma-Jogja

Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat Bebas Akses Selamanya

Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat

Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat Bebas Akses Selamanya | Kursus online digital marketing gratis bersertifikat memang membutuhkan panduan dan sumber yang kredibel. Tujuannya adalah agar Anda tidak memahami konsep yang salah.

Artikel ini akan membahas tentang Digital Marketing mulai dari pengertiannya, manfaat digital marketing, strategi digital marketing yang perlu dikuasai, dan kursus online digital marketing gratis bersertifikat.

bidang penting di kursus online digital marketing

Pengertian Digital Marketing

Mengutip laman Hostinger, Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung.

Dalam bahasa Indonesia, pengertian digital marketing adalah pemasaran digital. Dengan strategi ini, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk melalui berbagai jenis media digital.

Pernah melihat iklan saat mengunjungi website? Atau melihat iklan di TV? Atau bahkan menerima email dari bagian sales sebuah perusahaan? Nah, itu disebut sebagai digital marketing.

Seiring majunya teknologi digital, digital marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif. Banyak perusahaan kini mulai memaksimalkan strateginya di dunia digital.

Manfaat Digital Marketing

Setelah menjelaskan pengertian digital marketing, selanjutnya mari kita membahas alasan yang memengaruhi mengapa digital marketing semakin banyak digunakan dan berhasil meningkatkan performa pemasaran secara pesat.

Tentu saja, alasan utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hampir semua orang sekarang ini juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi semenjak adanya Pandemi COVID-19.

Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi teknik pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis. Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.

4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan digital marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda.

Baca juga: Belajar dan Tips Membuat Iklan Facebook Ads Efektif 2024

Strategi Digital Marketing

Strategi yang dapat diimplementasikan dalam pemasaran digital sangatlah beragam. Untuk mencapai target yang maksimal, pastikan terlebih dahulu bahwasannya strategi digital marketing yang Anda pilih adalah strategi yang tepat mulai dari segi budgeting hingga sumber daya dalam pengaplikasiannya.

Berikut di bawah ini macam-macam strategi digital marketing yang bisa Anda coba.

  • Google My Business

Google My Business merupakan salah satu layanan yang berguna untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman hasil pencarian Google. Ada pun data yang ditampilkan antara lain adalah alamat, jam operasional, hingga rating bisnis.

Dengan menggunakan Google My Business, konsumen dapat menemukan lokasi bisnis Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa memperlihatkan review terbaik dari konsumen sebagai media promosi. Adapun ketika menggunakan Google My Business, penting bagi Anda untuk memastikan penilaian konsumen terhadap bisnismu cukup baik sehingga membantu menampilkan persona bisnis yang baik pula.

  • Whatsapp for Business

Whatsapp punya basis pengguna yang besar di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk digital marketing yang efektif. Namun Anda tidak disarankan untuk menggunakan jenis Whatsapp biasa. Gunakanlah Whatsapp for Business untuk akun bisnis.

Kenapa harus Whatsapp for Business? Pasalnya, aplikasi khusus tersebut punya banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga fitur statistik pesan. Dengan menggunakan Whatsapp for Business juga dapat membantu Anda membalas pesan calon pembeli melalui fitur automated messaging, atau bisa disebut fitur auto reply.

  • Website

Website juga penting untuk menampilkan identitas sebuah bisnis secara online. Selain itu, website juga menjadi tanda profesionalitas suatu bisnis. Jika tak ingin repot membangun web dari nol, gunakan Content Management System (CMS) yang praktis seperti Wix ataupun Squarespace. Ketika membangun sebuah website, ada baiknya jika Anda membeli domain dan hosting sehingga nama bisnis Anda terdaftar sebagai domain .com atau .co.id yang mana dapat menunjukkan sisi profesionalitas website bisnis Anda.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Strategi digital marketing yang satu ini masih berhubungan dengan website. Search Engine Optimization (SEO) diterapkan dengan tujuan untuk membuat website bisnis yang dimiliki muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu.

Di dalam SEO terdapat pula beberapa strategi atau teknik lainnya yang bisa Anda terapkan. Mulai dari riset keyword, link building, membuat konten yang menarik, dan lain sebagainya.

  • Email Marketing

Kepercayaan pelanggan akan meningkat jika bisnis Anda tampak profesional. Membuat email bisnis sendiri bisa menjadikan bisnis Anda tampak lebih profesional dan mantap. Bisnis Anda akan terlihat profesional dengan email seperti [email protected] ketimbang menggunakan email biasa seperti: [email protected].

Melalui email marketing, Anda dapat mengintegrasikan database email calon pembeli ataupun pelanggan yang sudah ada di dalam website yang dimiliki. Anda dapat memberikan pesan promosi melalui email kepada target konsumen Anda tersebut setelah mereka berlangganan konten / subscription melalui website bisnis.

  • Copywriting

Terapkan copywriting untuk mendongkrak digital marketing bisnis Anda. Copywriting sendiri merupakan teknik pembuatan tulisan yang persuasif dan menarik supaya orang membeli produk yang ditawarkan. Contoh penerapan copywriting terdapat dalam caption singkat yang terdapat di media sosial Instagram.

  • Social Media Marketing

Strategi terakhir yang paling banyak diterapkan para pebisnis adalah social media marketing. Alasannya cukup masuk akal, dari data yang dilansir melalui Hootsuite (We Are Digital): Indonesian Digital Report 2023 pengguna aktif media sosial di Indonesia telah mencapai angka 160 juta jiwa dari total populasi lebih dari 270 juta jiwa. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya menggaet calon konsumen melalui media sosial adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dalam strategi pemasaran bisnis.

Namun perlu diingat bahwa social media marketing tak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu melakukan riset audiens, membuat konten yang menarik, dan melakukan evaluasi melalui monitoring insight dari data pemasaran melalui media sosial yang digunakan.

3 Tempat Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat

Perusahaan-perusahaan membutuhkan banyak sdm atau karyawan yang ahli dalam digital marketing. Sangat berpeluang dan menjanjikan bukan? Nah, bagi kalian yang ingin belajar tentang digital marketing, empat tempat kursus online digital marketing gratis bersertifikat ini bisa Anda coba. Selain gratis bagi yang sudah menyelesaikannya akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini juga sangat berguna ketika kalian ingin melamar pekerjaan di bidang yang berkaitan.

  • Google Digital Garage “Fundamentals of Digital Marketing”

Kursus online digital marketing gratis bersertifikat ini telah memperoleh akreditasi dari Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University. Dengan mengikuti kursus ini, kalian akan menguasai dasar-dasar digital marketing. Kalian juga akan mempelajari topik-topik seputar selling online, social media, Google analytics, dll. Terdapat 26 modul dengan total durasi kursus selama empat puluh jam.

Setelah menyelesaikan kursus ini, kalian akan mendapat sertifikat. Ketika melamar kerja, sertifikat tersebut menunjukkan kepada perekrut bahwa kalian memiliki pemahaman yang baik tentang konsep inti digital marketing. Kalian juga dapat memasukkan kualifikasi ini ke dalam CV dan mengunggahnya di akun LinkedIn.

  • LinkedIn Learning “Becoming a Digital Marketing Specialist”

Kursus online digital marketing gratis bersertifikat yang kedua ini akan memandu untuk memahami prinsip dasar digital marketing. Topik-topik yang dibahas, yaitu seputar digital marketing foundations, google analytics, SEO foundations, Google ads, content marketing, social media marketing, email marketing, dll. Terdapat sebelas konten pembelajaran dengan total durasi kursus selama 20 jam 55 menit.

  • Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat di Webinar IT PITMA

Alternatif lain selain mengikuti kursus online adalah melalui webinar, karena kebanyakan orang pasti membutuhkan platform khusus untuk pengembangan diri dengan para trainer kompeten dan bebas diakses selamanya. PITMA telah menghadirkan 2 Webinar IT dengan Topik Digital Marketing yang berfokus pada Performance Marketing (Facebook Ads) yang akan membentuk Anda menjadi Performance Marketer handal dari awam! Ayo Ikuti Kursus Online Digital Marketing Gratis Bersertifikat di PITMA!

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?