Logo-Pitma-Jogja
Search

Kursus Online Editing Video Dan Jadi Editor Berkelas!

Kursus Online Editing Video Dan Jadi Editor Berkelas

Kursus Online Editing Video Dan Jadi Editor Berkelas! | Hampir 75% masyarakan Indonesia adalah pengguna media sosial. Mereka berlomba-lomba untuk membuat konten yang apik termasuk konten video. Secara tidak langsung kemampuan editing video sangat diperlukan. Kursus online editing video dapat menjadi solusi.

Kursus online editing video adalah solusi bagi mereka yang ingin mempelajari dasar-dasar editing video. Keahlian yang nantinya didapatkan, pastinya akan menciptakan konten yang menarik dan profesional. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya mengikuti kursus online editing video. Hal ini dapat menjadi langkah awal bagi Anda yang tertarik dalam dunia produksi video.

Editing video sendiri merupakan cara manipulasi dan penataan gambar video. Pengeditan video digunakan untuk menyusun dan menyajikan suatu informasi dalam bentuk video, termasuk film, acara televisi, iklan video, dan lainnya. Teknis pengeditan video sudah berkembang secara drastis dalam beberapa tahun terakhir. Sudah banyak perangkat lunak yang bias digunakan pada perangkat pribadi.

Selain di dunia pertelevisian, periklanan, maupun perfilm-an, skill editing video pun dibutuhkan untuk seorang konten kreator. Saat ini, banyak konten kreator yang mengunggah konten video kesehariannya pada kanal youtube pribadi, yang dinamai sebagai Vlog. Sebagian besar konten kreator ini juga menggunakan jasa video editor untuk membantunya dalam proses pengeditan video yang telah dibuat.

Tidak hanya di youtube, saat ini juga banyak konten kreator yang mengunggah konten video mereka di Instagram, Tiktok, dan media social lainnya. Pada dasarnya, baik konten kreator ataupun video editor perlu kemampuan editing video untuk menghasilkan video yang berkualitas. Oleh sebab itu, bidang editing video ini sangat dibutuhkan dan diminati pada era kemajuan digital saat ini.

Istilah editing disini untuk menggambarkan sebuah karya pasca produksi. Tujuan pengeditan video ini untuk mendekatkan pengertian dan penyambung komunikasi agar informasi yang ingin disampaikan tersalurkan sesuai dengan tujuannya.

Tingginya kebutuhan akan editor video, maka PITMA membuka kelas kursus online editing video bagi anda yang ingin mempelajari teknik-teknik dasar editing video. Pada kursus online editing video ini Anda dapat mempelajari mengenai penempatan klip pada titik tertentu di timeline, masukkan klip antara dua klip yang ada, klip shuffle disekitarnya, dan lain-lain. Anda juga bisa menyimpan klip di sebuah file dan beri nama. Untuk selengkapnya, simak sampai habis artikel kami yang membahas kursus online editing video berikut ini.

Baca juga: Belajar Bikin Konten lewat Kursus Online Editing Video untuk Youtube

Perangkat Lunak Khusus Kursus Online Editing Video

aplikasi editing di kursus online editing video

Perangkat lunak editing video professional, sekarang tersedia untuk komputer pribadi dan workstation. Pengeditan video pada perangkat lunak ini mencakup pemotongan segmen (pemangkasan), re-sequencing clips, dan penambahan transisi serta juga Efek Khusus lainnya. Bahkan perangkat lunak editing video tertentu bisa digunakan pada smartphone.

Pada kursus online editing video akan tertuju pada suatu perangkat lunak yang akan digunakan. Perangkat lunak yang digunakan tentunya akan mempengaruhi proses pengeditan sampai dengan output yang dihasilkan. Tentunya lembaga penyedia kursus online editing video akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

Setiap aplikasi pastinya memiliki fitur, keunggulan, dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu memilih software yang benar-benar dibutuhkan. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengedit video serta keunggulannya.

Adobe After Effects:

  • Berfokus pada pengolahan motion graphic.
  • Memiliki banyak pilihan efek.
  • Dapat mempertahankan detail gambar yang halus ketika dikompresi.
  • Dapat melakukan konversi dari file vektor ke shape.
  • Mendukung keyframe dan scripting.

Adobe Premiere Pro:

  • Dapat meng-capture langsung dari camcorder atau kamera yang terhubung ke PC.
  • Memiliki user interface yang friendly serta masing-masing fitur tertata rapi.
  • Ketelitian waktu edit hingga 0,01 detik.
  • Dapat membuat judul video dengan mudah karena ada 3 title.
  • Mendukung berbagai macam preset.

DaVinci Resolve:

  • Dapat digunakan secara gratis.
  • Dapat mengedit video hingga resolusi 8k.
  • Sudah digunakan berbagai film layar lebar seperti Godzilla dan Midsommar.
  • Memiliki fitur menarik seperti motion graphic, color corrector, visual effect, dan yang lain.

Apa yang Dipelajari di Kursus Online Editing Video

  1. Memilih software editing yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian Anda.
  2. Membuat skenario atau storyboard sebelum mulai editing.
  3. Menyusun video hasil rekaman.
  4. Menggunakan alat-alat editing seperti potong, lipat, dan gabung untuk menyusun video.
  5. Memahami istilah-istilah penting di editing video.
  6. Menambahkan efek transisi untuk menghubungkan antar adegan.
  7. Menyesuaikan tingkat volume audio dan tambahkan efek suara seperti musik latar.
  8. Menambahkan teks, subtittle, atau logo untuk memberikan informasi tambahan atau branding.
  9. Me-render atau ekspor video dalam format yang sesuai dengan tujuan publikasi.
  10. Melihat dan periksa video hasil editing sebelum dipublikasikan.

Peluang Karir Editing Video

Mengutip laman lowongan digital glints, peluang karir dalam bidang editing video cukup luas, beberapa diantaranya:

  • Editor video untuk televisi atau film: editor video yang bekerja di industri televisi atau film bertanggung jawab untuk menyunting dan menyempurnakan video yang dibuat oleh tim produksi.
  • Editor video untuk perusahaan dan agensi: editor video yang bekerja di perusahaan atau agensi akan menyunting video yang digunakan untuk promosi, iklan, atau konten korporat.
  • Editor video independen: editor video yang bekerja sebagai freelancer atau membuat video untuk klien pribadi.
  • Editor video di dunia hiburan: editor video yang bekerja di industri hiburan akan menyunting video musik, video klip, dan acara televisi hiburan.
  • Editor video untuk dunia pendidikan: editor video yang bekerja di dunia pendidikan akan menyunting video yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh, video tutorial, dan video presentasi.
  • Editor video di dunia gaming: editor video yang bekerja di industri gaming akan menyunting video yang digunakan untuk promosi game atau video gameplay.
  • Editor video di dunia live streaming: editor video yang bekerja di bidang live streaming akan menyunting video yang digunakan untuk acara live streaming.

Itulah beberapa contoh peluang kerja yang dapat Anda temukan dalam bidang editing video. Namun, pastikan untuk selalu mencari pelatihan maupun kursus online yang relevan untuk memperkuat kualifikasi Anda dan meningkatkan peluang kerja Anda.

Tempat Kursus Online Video Editing Jogja

PITMA merupakan perusahaan dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis kursus online yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

PITMA dengan siap memberikan fasilitas kursus online video editing yang memadai, pilihan mentor yang berpengalaman dibidangnya, dan pasti harga yang terjangkau. Selain itu dengan mengikuti kursus online video editing di PITMA, anda juga akan mendapakan sertifikat yang nantinya dapat digunakan untuk membantu menunjang karir anda kedepannya.

Mengikuti kursus online video editing sangat menguntungkan bagi anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak terlewatkan pilihan yang menarik untuk belajar dan mengembangkan keterampilan Anda dalam videografi. Dengan dedikasi dan eksplorasi yang tepat, anda dapat menciptakan karya-karya luar biasa dan berkembang dalam dunia yang terus maju.

Pendaftaran Kursus Online Editing Video Jogja

PITMA adalah penyedia pelatihan di Jogja, termasuk di dalamnya membuka kursus online editing video.  Kursus online editing video di PITMA akan mempelajari tentang dasar – dasar editing video menggunakan perangkat lunak yang professional ataupun basic. Untuk proses pendaftaran kursus online editing video ini dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?