Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Membuat PODCAST

cara membuat PODCAST

Akhir – akhir ini, banyak sekali content creator maupun influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast. Podcast adalah salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya. Banyak masyarakat yang tertarik dengan konten tersebut karena terdapat proses diskusi yang menarik dan terkesan lebih santai di dalamnya, tetapi masih belum tau cara membuat podcast yang baik.

Pengertian podcast

Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan via online oleh masyarakat umum atau golongan khusus. Berbeda dengan radio yang harus butuh frekuensi tertentu untuk mendengarkan untuk mendengar siaran, podcast hanya butuh jaringan internet dan aplikasi yang sudah bebas download di smartphone. sumber

berikut cara membuat podcast

  1. Konsep

Pertama siapkan konsep atau tema yang akan diusung dalam obrolan podcast yang akan dibuat, bias memakai tema edukasi, entertainment, budaya, horror, dan lain-lain. Langkah pertama ini sangat penting karena akan menentukan bagaimana podcast anda kedepan dan target pasar ysng sangat anda butuhkan.

2. Tempat dan bahan

Kebanyakan, atau hamper semua pendengar menilai podcast dari kejernihan suara dan kejelasan suara terlebih dahulu dibanding tema. Oleh sebab itu maka dibutuhkan alat dan tempat yang mumpuni, missal diperlukan studio podcast yang kedap suara untuk mencegah ganggun suara dari luar dan microphone yang sudah mempunyai fitur noise redacted untuk lebih menjernihkan suara yang akan masuk. Dan juga pastikan nada dan intonasi sudah jelas saat proses rekaman.

baca juga Cara Membuat NFT dan Menjual NFT

3. Naskah

Tidak semua orang bisa spontan dalam mencari objek obrolan atau mengexplore berbagai topik saat sesi rekaman podcast berlangsung. maka dari itu dibutuhkan sebuah naskah untuk menunjang tema oborlan dan topik yang akan dibahas pada saat sesi rekaman. naskah bisa dibuat semenarik mungkin yang berkaitan dengan tema dan topik bahasan, bisa juga disispkan jokes atau pancingan untuk bisa membahas topik lebih luas.

4. Editing

Proses editing berperan penting untuk mengatur kembali rekaman yang masuk, mulai dari mengurangi noise yang masuk, menjelaskan kata ataukalimat yang kurang jelas pada rekaman dan juga dapat menambah efek suara untuk keperluan tertentu.

5. Upload

Langkah terakhir adalah mengupload karya anda ketika proses editing selesai dan tidak ada hal yang perlu ditambahkan lagi. Jika dirasa sudah selesai jangan lupa promosikan ke teman dan kerabat, agar podcast ada dapat mendapat listener dan bisa naik ke tangga chart.

Itulah cara pembuatan podcast, semoga anda bisa lebih mudah dalam memulai pembuatan podcast pertama anda.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?