DURASI
3 hari
DESKRIPSI
Sebagai Upaya revitalisasi peranan kehumasan sangat penting dan menjadi tuntutan yang mendesak, wajib dilaksanakan di semua instansi pemerintah, sebagai momentum strategis untuk melakukan perubahan tatanan peranan kehumasan yang dapat bersinergi secara efektif. Humas pemerintah selalu dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan yang sangat cepat. Selama ini peran dan fungsi humas di lingkungan pemerintahan masih sangat terbatas dan belum optimal. Dikarenakan keterbatasan kemampuan SDM dari para pejabat humas itu sendiri dalam penguasaan substansi tugas dan peran, kurangnya pejabat yang berkualifikasi kehumasan dari sisi pendidikan formal, serta masih terbatasnya pemahaman tentang arti dan fungsi dari humas itu sendiri. Maka dari itu pemahaman mengenai Peranan humas di lingkungan pemerintahan harus dimantapkan.
TUJUAN
- Peserta memahami konsep-konsep pengelolaan kehumasan
- Peserta memahami tahapan membangun citra dalam sebuah institusi
- Peserta mengetahui problem solving dalam menangani krisis reputasi pada perusahaan
MATERI
- Ruang lingkup Manajemen Kehumasan (Public Relation) :
- Peran fungsi kehumasan dalam peningkatan image perusahaan.
- Perkembangan manajemen kehumasan
- Merancang strategi kehumasan
- Manajemen komunikasi internal dan eksternal
- Komunikasi internal dengan pegawai
- Komunikasi eksternal dengan media masa (pers)
- Mengelola opini public secara efektif dan efisien :
- Memahami karakter opini public
- Membangun opini public
- Mengatasi krisis dalam kehumasan
- Manajemen dan kode etik humas dan Menciptakan budaya perusahaan
- Protokoler dan hubungan dengan Humas
- Studi kasus dan problem solving dalam kehumasan.