Logo-Pitma-Jogja
Search

Memperbaiki Webcam yang Trouble di Windows

Memperbaiki Webcam yang Trouble di Windows

Memperbaiki Webcam yang Trouble di Windows – Webcam atau Web Camera adalah kamera digital berukuran kecil yang terkoneksi ke komputer, baik langsung maupun tidak langsung. Umumnya, laptop dan beberapa layar komputer personal (PC) memiliki built-in webcam. Untuk komputer yang tidak memiliki built-in webcam masih dapat menggunakan webcam ekstenal yang dikoneksikan ke komputer melalui port USB atau secara wireless.

Webcam banyak digunakan untuk broadcast video di web, sesi obrolan video dengan orang lain dan lain sebagainya. Bila Anda suka merekam layar komputer saat bermain game, Anda juga dapat menambahkan wajah Anda muncul di salah satu sudut layar yang diinginkan (facecam recorder) melalui webcam. Saat ini, webcam sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penggunaan sehari-hari perangkat komputer.

baca juga Rekomendasi Kamera untuk Pemula, lengkap dengan harganya.

Sebagimana perangkat pada umumnya, webcam juga bisa mengalami masalah. Webcam bisa tidak bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya saat digunakan. Ada beberapa kemungkinan penyebab webcam tidak bisa digunakan seperti konfigurasi di Windows, driver, koneksi ke komputer atau karena sebab lainnya. Masalah yang terjadi pada webcam perlu tindakan Anda untuk segera memperbaikinya. berikut cara penyelesaiannya

Pastikan webcam tidak dinonaktifkan.

Salah satu penyebab webcam bermasalah, tidak bekerja atau berfungsi adalah karena nonaktif. Mungkin, seseorang yang telah menggunakan komputer atau laptop Anda sebelumnya telah menonaktifkan webcam tersebut atau memang webcam sudah lama dalam keadaan nonaktif tanpa Anda sadari. Bila demikian, Anda perlu mengaktifkan kembali webcam tersebut agar bisa digunakan.

Install, roll back atau update driver.

Microsoft Windows 10 memiliki banyak fitur yang sebagian bekerja dibalik layar. Salah satu fitur tersembunyi adalah layanan khusus yang memantau kerja aplikasi dan perangkat. Windows secara otomatis akan menginstal driver bila ada perangkat yang terkoneksi untuk memastikan perangkat dapat bekerja atau berfungsi dengan baik.

Namun terkadang, instalasi driver bisa saja gagal sehingga perangkat tidak dapat bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya. Bila perangkat ini adalah webcam eksternal, Anda perlu mengunduh driver versi terbaru dari pabrikan webcam tersebut dan menginstalnya secara manual ke komputer Anda, dan jika masih tidak berfungsi bisa dicoba untuk melakukan roll back driver atau reinstall driver webcam.

Periksa konfigurasi webcam.

Anda perlu memeriksa konfigurasi pengaturan kamera atau webcam di Microsoft Windows. Di Windows 10, konfigurasi pengaturan camera atau webcam terdapat di Windows Settings pada kelompok Privacy. Konfigurasi pengaturan ini meliputi izin akses ke kamera di perangkat komputer dan pemberian izin akses kamera untuk aplikasi yang ingin menggunakannya.

Periksa kembali koneksi antara webcam dan komputer.

Jika Anda yakin bahwa masalah bukan pada software atau driver dan webcam Anda adalah eksternal yang terkoneksi ke komputer menggunakan kabel USB, Anda perlu memeriksa kembali bahwa kabel USB webcam telah cocok atau sesuai dengan port USB di komputer Anda. Bila perlu, cabut kabel USB dan kemudian colokkan kembali ke port USB secara benar.

Periksa pengaturan webcam di aplikasi yang menggunakan.

Webcam tidak bekerja atau berfungsi bisa disebabkan oleh pengaturan yang salah di aplikasi yang menggunakan webcam tersebut. Umumnya, aplikasi pengguna webcam akan mendeteksi otomatis perangkat webcam. Bila laptop Anda juga terkoneksi ke webcam eksternal karena built-in webcam bermasalah, bisa saja aplikasi tersebut mendeteksi dan menggunakan built-in webcam yang bermasalah tersebut. Anda perlu mengubah agar aplikasi menggunakan webcam eksternal. sumber : www.termasmedia.com

PITMA adalah Professional Training yang menyediakanberbagai pelatihan baik offline maupun onlinebagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?