Logo-Pitma-Jogja
Search

Mengenal Koin Crypto

Mengenal Koin Crypto

Dilansir dari Bussiness Insider, sebelum mengenal koin crypto, terlebih dahulu kita perlu memahami blockchain, yaitu sistem yang digunakan sebagai tempat transaksi mata uang kripto tanpa perlu melewati pihak ketiga seperti bank. Sebaliknya, blockchain dikelola secara langsung dan mandiri oleh seluruh pengguna.

Koin kripto adalah adalah aset digital yang dibangun dan berdiri sendiri di jaringan blockchainnya. Contoh dari koin kripto adalah Bitcoin yang beroperasi pada jaringan blockchain Bitcoin. Koin ini nantinya berfungsi untuk mentransfer uang dan sebagai aset investasi.

Berikut adalah daftar koin crypto yang menempati chart teratas dalam chart di website coinmarket

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah mata uang kripto tertua dan terpopuler di dunia. Itu dibuat pada tahun 2009. Ini adalah mata uang kripto terdesentralisasi pertama yang memfasilitasi transaksi menggunakan teknologi blockchain sendiri. Pada saat penulisan, Bitcoin dihargai sekitar Rp554,181,243.54

Ethereum (ETH)

Ethereum adalah jaringan cryptocurrency yang menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi kontrak pintar. Ini adalah perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan kontrak pintar dibangun di jaringannya dan dijalankan tanpa kendali atau ketakutan akan penipuan oleh pihak ketiga. Eter adalah token yang digunakan untuk mengaktifkan transaksi di jaringan Ethereum. Ethereum saat ini dihargai sekitar Rp44.535.500.

baca juga Cara Membuat PODCAST

Binance (BNB)

Koin Binance adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar perdagangan yang didiskon, Koin Binance sekarang dapat digunakan untuk pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

Cardano (ADA)

ADA adalah platform blockchain proof-of-stake (PoS) generasi ketiga terdesentralisasi yang dirancang untuk menjadi alternatif untuk jaringan proof-of-work (PoW). Cardano didirikan oleh Charles Hoskinson, yang juga salah satu pendiri dari jaringan Ethereum.

koin cardano adalah salah satu blockchain terbesar yang berhasil menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake. Di mana, mekanisme proof-of-stake ini jauh lebih menghemat energi jika dibandingkan mekanisme proof-of-Work yang digunakan oleh aset kripto Bitcoin.

Ripple (XRP)

Koin XRP atau yang kerapkali disebut Ripple menjadi salah satu aset kripto incaran para investor. Maklum saja, dari segi market cap, XRP merupakan salah satu yang terbesar. Namun, XRP justru dinilai punya prospek yang kurang menarik dan tidak direkomendasikan untuk investasi jangka panjang.

Ripple sejatinya adalah perusahaan Amerika Serikat yang bertujuan untuk menyediakan layanan yang efisien untuk pembayaran lintas batas di industri keuangan dengan cara menghilangkan perantara untuk mengurangi biaya dan waktu transaksi. Dalam jaringan tersebut, layanan pembayaran dan fasilitas lainnya menggunakan coin bernama XRP.

sumber

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?