Logo-Pitma-Jogja
Search

Mewujudkan masa purnabakti yang sukses

Masa Purnabakti diidentikan dengan masa istirahat dan berkurangnya aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang menganggap bahwa purnabakti merupakan suatu hal yang menakutkan, namun disisi lain banyak pula yang menganggap bahwa purna bakti merupakan hal yang membahagiakan. perbedaan tersebut terdapat pada cara berpikir dari masing masing orang untuk menyikapi hal tersebut.

Memasuki masa purnabakti bukanlah berarti karir seseorang di dunia kerja menjadi berhenti. Seseorang tetap dapat berkarir walaupun lewat jalur atau profesi yang lain. Karena secara teori, seseorang sebenarnya tidaklah menurun produktivitas dan ide-idenya saat ia mencapai usia purnabakti, yakni lima puluh lima tahun. Bahkan pada beberapa individu masa purnabakti justru menjadi awal dari kesuksesan kerja. Namun demikian memang banyak pula karyawan yang memasuki masa purna bakti dengan perasaan was-was, khawatir dan tidak siap untuk menjalaninya. Karena itulah, seorang individu atau pasangan suami-istri yang akan memasuki masa purnabakti memerlukan kesiapan dalam banyak hal. Kesiapan secara psikologis adalah hal utama, di samping mereka juga harus dapat mengatur keuangan keluarga secara hati-hati namun tetap produktif. Selain itu, pada masa purnabakti seseorang dapat merintis berbagai usaha baru yang tidak dapat dikelolanya saat ia masih bekerja sebagai karyawan. Mengelola usaha dengan sukses tidak hanya membutuhkan semangat wirausaha yang tinggi, tetapi juga membutuhkan pemahaman tentang studi kelayakan dalam bisnis serta perencanaan pemasaran yang matang.

Oleh karena itu, sebelum memasuki masa purnabakti ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan baik agar terhindar dari persepsi buruk tentang masa purnabakti, sebaiknya pihak perusahaan memberikan sosialisasi khusus kepada para karyawan yang akan menghadapi masa purnabakti.

Kami PITMA menyediakan paket Pelatihan Mempersiapkan Masa Purnabakti bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan tujuan dari pelatihan ini adalah

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat:

1. Memahami kiat-kiat Praktis Memulai Usaha Baru

2. Memahami kiat-kiat Praktis Memulai Usaha Baru 2 (Perencanaan Pemasaran)

3. Mengelola Keuangan di Masa Purnabakti

4. Menanggulangi Masalah-masalah Psikologis dalam Masa Purnabakti

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?