Logo-Pitma-Jogja
Search

Pengertian, Kelebihan dan Tips Exact Match Domain untuk SEO

Pengertian, Kelebihan dan Tips Exact Match Domain untuk SEO

Pengertian, Kelebihan dan Tips Exact Match Domain untuk SEO | Sebelum Google melakukan update besar-besaran pada algoritma yang dimilikinya, ada istilah yang cukup dikenal yakni Exact match domain (EMD). Jadi, apa itu exact domain? Mungkin pertanyaan itulah yang saat ini berada di kepalamu.

Untuk dapat kesempatan agar konten yang kamu miliki bisa berada di laman Google, umumnya website waktu itu memakai EMD. Secara sederhana,EMD yakni domain yang memang sesuai dengan keyword.

Tentu saja, EMD memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap SEO. Pasalnya, hal itu menjadi nama domain yang memang punya high valuable keyword.

EMD adalah salah satu jenis domain yang bisa dipilih pada tahapan awal membuat website. Sesuai namanya, EMD berarti domain yang disesuaikan dengan kata kunci. Jadi, EMD mengandung kata kunci yang sama dengan topik atau niche situs web yang akan dibangun.

Sampai saat ini masih cukup banyak orang yang menggunakan EMD sebagai nama domain website mereka. Sebab, EMD sendiri diyakini dapat memberikan keuntungan dalam hal optimasi mesin pencari (SEO).

Baca juga: Solusi Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Apa Itu Exact Match Domain?

Exact Match domain merupakan domain yang di dalamnya memiliki kata kunci. Nah, kata kuncinya itu persis dengan keyword yang memang ditargetkan oleh pengelola website untuk search engine.

Contohnya saja, kalau target keywordnya adalah ‘undangan digital’, maka exact match domain yang bisa dipakai adalah undangandigital.maker.

Tidak hanya untuk mengoptimalkan website agar ada di laman pertama Google saja, penggunaan match domain ini pun juga diharapkan bisa menjangkau target pemasarannya.

Contohnya seperti yang sudah kami sampaikan mengenai exact match domain. Seseorang yang memakai keyword tersebut untuk bermain, ingin agar website miliknya bisa dijangkau oleh orang-orang yang membutuhkan undangan digital.

Awal kepopuleran domain ini tepatnya tahun 2003. Ketika itu, ada domain yang bergerak pada bidang pariwisata yaitu hotels.com. Domain saja, bisa laku sampai harga 11 juta rupiah dan sampai saat ini menjadi domain yang dibeli dengan harga termahal.

Setelah itu, ada berbagai teori yang berkata kalau keyword phrase di nama domain bisa menawarkan ranking tinggi untuk siapa saja yang menggunakannya. Maka, jangan heran kalau EMD dulu digunakan oleh cukup banyak orang.

Keuntungan dan Kerugian menggunakan Exact Match Domain

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan exact match domain, di antaranya:

  1. Peningkatan SEO: Domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian. Mesin pencari seperti Google cenderung mempertimbangkan kata kunci dalam domain sebagai faktor penting dalam rangking.
  2. Mudah diingat: Domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat cenderung lebih mudah diingat oleh pengguna. Hal ini dapat membantu pengguna untuk lebih mudah kembali ke website-mu.
  3. Meningkatkan kepercayaan pengguna: Pengguna cenderung lebih percaya pada website yang memiliki domain yang relevan dengan kata kunci yang mereka cari. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan peluang konversi.
  4. Meningkatkan brand awareness: Dengan menggunakan domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat, dapat membantu meningkatkan kesadaran merek milikmu. Pengguna yang berinteraksi dengan domain yang relevan cenderung lebih mungkin untuk mengingat merekmu.

Kendati demikian, ada juga kerugian jika menggunakan EMD, di antaranya seperti:

  1. Kesulitan dalam branding: Menggunakan domain yang sesuai dengan kata kunci dapat membuat sulit untuk membangun merek (branding) yang kuat. Domain tersebut mungkin terlalu spesifik dan tidak fleksibel dalam mencakup lebih banyak jenis produk atau layanan.
  2. Ketergantungan pada SEO: Website dengan EMD dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian, tetapi jika algoritma pencari berubah atau jika peringkat organik menurun, situs web dengan EMD mungkin mengalami dampak negatif yang signifikan.
  3. Kurang kreatif: EMD mungkin terlihat kaku dan tidak mencerminkan kreativitas atau inovasi dari bisnis atau merek. Ini dapat membuat sulit bagi pengguna internet untuk terhubung dengan merek secara emosional.
  4. Persaingan yang ketat: Domain yang tepat sering kali menjadi sasaran bisnis lain yang memiliki kata kunci yang sama. Ini dapat menyebabkan persaingan yang ketat dalam peringkat pencarian dan lebih sulit bagi situs web untuk mencapai visibilitas yang baik.

Tips Memilih Exact Match Domain

Setelah tahu tentang pengertiannya serta pengaruhnya pada ranking, kamu mungkin ingin menggunakan Exact Match domain juga. Kami punya beberapa tips kalau ingin memilihnya:

1. Pilih Nama Domain Singkat

Pertama, pastikan kalau kamu memilih nama domain yang singkat. Sebagaimana yang sudah diketahui, domain itu dibuat bukan untuk keren-kerenan. Melainkan agar pengunjung bisa gampang mengingatnya.

Pemilihan nama domain jelas akan berpengaruh besar ke ranking website. Semakin ringkas nama domain maka semakin gampang juga diingat.

2. Gunakan TLD Populer

TLD atau Top Level Domain adalah bagian akhir nama domain yang letaknya setelah tanda titik. Dengan adanya TLD ini, biasanya akan membantu website terhindar dari adanya spam karena TLD punya rating trust yang tinggi.

Contohnya saja ada .co, .com, .id, .org, dan lainnya. Paling populer yakni TLD .com karena telah dipakai 46,9% dari semua nama domain yang sudah terdaftar. Kamu pun bisa menggunakannya agar ranking website jadi lebih baik.

3. Mendukung Strategi SEO

Strategi SEO yang kami maksudkan dalam pemilihan domain tentu saja yakni unggahan konten relevan dan berkualitas. Kamu pun harus rajin dalam melakukan optimasi landing page, profile backlink juga harus dibangun.

Meskipun kamu sudah menggunakan Exact Match Domain yang bagus sekalipun, jika tidak memakai strategi SEO yang tepat maka percuma saja.

Kesimpulan

Jadi, exact match domain (EMD) adalah jenis domain yang memiliki nama yang sama persis dengan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Misalnya kamu menargetkan kata kunci “jasa SEO” atau “jasa SEO murah”, maka EMD-nya bisa menjadi “jasaseomurah.com”.

Penggunaan EMD saat ini sudah mulai ditinggalkan karena akan lebih sulit saat melakukan branding nama website. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan nama website sesuai branding namun dengan menyisipkan topik yang dituju atau spesialisasimu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Exact Match Domain dan juga penjelasan mengenai kelebihan serta tips untuk memilihnya. Semoga membantu!

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?