Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Pengembangan dan Pengelolaan E-Government untuk Mendukung Implementasi Smart City di Tahun 2020

E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Government biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi.

E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses pemerintahan yang demokratis.

Pemerintah kini sedang mengimplementasikan sistem E-government di Indonesia. E-government adalah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi. Pada prinsipnya inovasi E-government ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan dari lembaga pemerintah kepada masyarakat melalui pelayanan online. Selain itu, melalui sistem E-government, masyarakat bisa ikut mengontrol pekerjaan pemerintah.

Bentuk-bentuk dari penggunaan E-government adalah e-budgeting, e-procurement, e-audit, e-catalog, e-payment, e-controlling, bahkan hingga e-health. Pemerintah kota Surabaya bahkan sudah menerapkan sistem Surabaya Smart Windows (SWS) yaitu sebuah layanan yang membuat masyarakat dapat mengurus perizinan melalui smartphone. Bahkan, masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen-dokumen perizinan.

Sistem E-government ini tidak hanya berdampak bagi masyarakat, tetapi juga bagi pemerintah itu sendiri. Sistem E-government dapat mendukung kinerja pemerintah dalam bidang government to business, government to citizen, government to government, dan government to employees.

Kami PITMA adalah provider pelatihan Jogja yang  menyediakan paket Pelatihan Pengembangan dan Pengelolaan E-Government untuk Mendukung Implementasi Smart City di Tahun 2020 bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan tujuan dari pelatihan setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat:

  1. Memahami definisi, konsep, dan komponen Implementasi E-Government
  2. Mengidentifikasi permasalahan yang ada di daerahnya masing-masing
  3. Mendefinisikan inisiatif-inisiatif solusi Smart City

Menyusun perencanaan implementasi Smart City

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?