Logo-Pitma-Jogja
Search

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstall

Aplikasi Tidak Compatible

Kompabilitas adalah salah satu hal yang harus diperhatikan ketika hendak menginstall aplikasi. Sebab, ketika aplikasi tidak compatible dengan komputer Anda, maka ada kemungkinan terjadi kegagalan saat instalasi.

Sebagai contoh, sebelumnya Anda pernah menginstall aplikasi di Windows 7 dan berjalan dengan lancar. Sedangkan ketika diinstall di Windows 10, aplikasi tersebut malah tidak bisa diinstall.

Nah, dari contoh tersebut, ada kemungkinan aplikasi yang Anda install tidak kompatibel dengan OS terbaru yang digunakan, yaitu Windows 10.

Software Tidak Cocok

Tidak cocok yang saya maksud adalah spesifikasi yang dibutuhkan software tidak terdapat pada komputer. Sebagai contoh, Anda mengunduh aplikasi 64 bit, sedangkan sistem operasi Anda masih menggunakan arsitektur 32 bit.

Jadi, sebelum Anda mengunduh aplikasi untuk diinstall, alangkah baiknya mengetahui arsitektur yang digunakan laptop Anda terlebih dahulu.

Aplikasi Belum Update

Terkadang, aplikasi versi lawas memang tidak support dengan OS terbaru. Sebagai contoh: Saat ini, CorelDraw x4 sudah tidak support lagi dengan Windows 10, bisa terbilang malah tidak bisa diinstall di Windows 10.

Contoh di atas pernah saya alami sendiri ketika baru update dari Windows 7 ke Windows 10. Aplikasi CorelDraw x4 yang sebelumnya lancar, mendadak error ketika digunakan pada Windows 10.

NET Framework Lawas

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan NET Framework versi terbaru. Jadi, ketika Anda ingin menginstall aplikasi yang membutuhkan NET Framework versi 4.5, sedangkan NET Framework Anda masih versi lawas, maka sangat wajar kalau aplikasi tersebut tidak bisa diinstall.

Sumber : https://www.charis.id/aplikasi-tidak-bisa-diinstall/

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?