Logo-Pitma-Jogja
Search

Penyebab dan Solusi Monitor Bergaris Horizontal

Penyebab dan Solusi Monitor Bergaris Horizontal

Penyebab dan Solusi Monitor Bergaris Horizontal | Monitor merupakan salah satu komponen perangkat keras yang mempunyai peran penting pada laptop atau komputer. Perangkat tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan informasi yang diproses oleh VGA Card. Tanpa adanya layar monitor ini, Anda tidak dapat menggunakan laptop/ komputer untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian, kecuali jika Anda menggunakan perangkat keras pihak ketiga seperti proyektor.

Namun, sebagai hasil karya manusia, sebuah monitor tidak terhindar dari beberapa permasalahan penggunaan. Salah satu masalah yang umum muncul adalah tampilan layar monitor yang tiba-tiba rusak dan bergaris horizontal. Masalah ini dapat menghambat penggunaan laptop dengan efisien.

Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab dan solusi masalah layar monitor pada laptop atau komputer yang bergaris horizontal;

Penyebab Layar Monitor Bergaris

Kesalahan pada Kabel

Kesalahan pada kabel dapat terjadi akibat gerakan yang tidak hati-hati atau rusak karena benturan. Solusinya adalah mengganti kabel yang baru atau yang dapat beroperasi dengan stabil.

LCD Tidak Terpasang dengan Benar

Memasang LCD atau panel layar monitor dengan tidak rapi dan rapat, dapat menjadi salah satu penyebab layar monitor bergaris. Pastikan pemasangan LCD secara rapi dan rapat supaya neon pada LCD menjadi merata sehingga pada semua elemennya tampil secara maksimal

Kesalahan pada Driver Software

Kesalahan pada driver perangkat lunak dapat menjadi penyebab layar monitor bergaris. Cara untuk mengatasinya dengan menginstal Driver atau bahkan menginstal ulang sistem operasi.

Kesalahan VGA

Kesalahan pada kartu grafis (VGA) dapat memengaruhi tampilan layar. Pastikan VGA terpasang dengan baik atau bawa ke service center untuk perbaikan.

Kesalahan RAM

Ada kemungkinan jika permasalahan ini muncul oleh adanya RAM yang rusak atau kotor. Maka dari itu untuk memastikannya, silakan Anda buka RAM Anda dan bersihkan debu pada kuningannya dengan penghapus karet.

Solusi Layar Monitor Bergaris

  • Hidupkan komputer, kemudian restart dengan cepat untuk menghilangkan garis yang berkedip-kedip di layar monitor.
  • Coba monitor lain jika memungkinkan, dengan cara ini dapat membantu menentukan apakah garis-garis itu karena layar monitor atau komputer itu sendiri.
  • Periksa monitor saat terputus dan tetap nyalakan monitor lalu cabut dari komputer.Setelah itu, cari kedipan di layarnya saat terputus. Jika melihat segala jenis distorsi, ini menunjukkan bahwa monitor telah rusak.
  • Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menutup komputer setelah beberapa detik, dan buka kembali komputer. Setelah itu lihat layar monitor, jika garis-garis mulai muncul di layar pada sudut tertentu saat membuka komputer, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kabel yang rusak.

Baca juga: Cara Mengatur Resolusi Monitor PC/Laptop Windows 10

Memperbaiki Layar Monitor Bergaris dengan Aplikasi

Anda juga dapat mencoba memperbaiki layar laptop bergaris dengan menggunakan Pixel Repair. Penyebab dari kerusakan layar pada laptop dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya adanya tekanan pada layar laptop atau terkena benturan yang keras. Untuk mengetahuinya, silakan gunakan aplikasi Pixel Repair untuk mendeteksi kerusakan pada layar laptop dan bahkan mencoba melakukan perbaikan.

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Pixel Repair di https://softfamous.com/pixelrepairer/. Kemudian ekstrak file » lalui install sesuai instruksi.
  • Buka aplikasi PixelRepairer. Lalu pada menu Search, klik Enable untuk memulai. Saat Anda klik Enable, layar akan menampilkan warna – warna yang berbeda. Di waktu bersamaan, silakan periksa kondisi layar laptop Anda. Jika sudah, tekan Esc pada keyboard untuk keluar dari tampilan.
  • Selanjutnya beralih ke menu Repair » klik menu Add. Setelah Anda klik menu Add, akan muncul kotak area perbaikan.
  • Kemudian arahkan kotak tersebut ke lokasi di mana “dead pixel” (layar bergaris). Dan ulangi step ke 3 hingga kotak area tersebut menutupi lokasi yang terdapat dead pixel.
  • Tunggu 2 – 3 menit saat proses perbaikan sedang berjalan. Setelah itu, klik Delete pada semua kotak tersebut » lalu Close aplikasi. Untuk melihat hasilnya, silakan restart laptop Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba mengidentifikasi dan mengatasi masalah layar monitor yang bergaris horizontal pada laptop atau komputer dengan efektif.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Penyebab dan Solusi Monitor Bergaris Horizontal. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?