Logo-Pitma-Jogja
Search

Penyebab HP Lemot

Penyebab HP Lemot

Penyebab HP Lemot | Terdapat beberapa penyebab yang membuat ponsel cukup berat digunakan. Penyebab ini terjadi karena faktor internal dan eksternal ponsel. Apa saja ya faktor utama kelemotan ponsel yang sering terjadi? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Memori Internal HP Penuh

Ponsel yang memiliki memori internal yang penuh akan cenderung bekerja lebih lambat. Hal ini dikarenakan terlalu besar beban di dalamnya, sehingga membuat performa ponsel menurun. Salah satu cara mengatasi HP lemot karena hal ini yakni menggunakan memori eksternal di luar ponsel.

Memori eksternal akan membantu melakukan back up data untuk foto, media, atau lainnya. Ibarat kamar tamu dalam sebuah rumah, memori eksternal bisa menampung beberapa materi dan bahan penting tanpa mengurangi tujuan utama penyimpanannya. Kamu juga bisa memindahkan data foto dari ponsel ke laptop atau media lainnya, sehingga mengurangi kinerja ponsel menjadi lebih ringan.

Baca Juga Cara Menggunakan VPN

2. Aplikasi yang Terpasang di HP Tidak Sesuai Kapasitas Penyimpanan

Terlalu berlebihan aplikasi juga akan mengurangi kecepatan ponsel. Sebaiknya, sesuaikan aplikasi bawaan ponsel yang tidak digunakan agar tidak menambah berat kinerjanya. Non-aktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak kamu perlukan. Semakin sedikit aplikasi yang digunakan, semakin ringan ponselmu untuk mengakses banyak hal.

Aplikasi yang banyak diaktifkan tetapi tidak digunakan akan menumpuk dan menyedot memori internal. Hal ini akan membuat ponsel jadi semakin lemot dan lambat bergerak. Oleh karena itu, kamu harus cukup bijak dalam menentukan aplikasi terpenting yang akan disematkan dalam ponsel agar tidak mengurangi kinerjanya.

3. Performa Baterai HP Menurun

Secara umum, ponsel pintar akan berada pada titik maksimalnya setelah 2-3 tahun pemakaian. Baterai akan lebih cepat panas, serta performanya menurun. Hal ini bisa disebabkan karena proses charge yang terlalu lama atau menunggu baterai habis total baru diisi ulang.

Cara mengatasi HP lemot dan panas karena terlalu lama digunakan yakni dengan memastikan bahwa kamu cukup mengistirahatkan ponsel. Isi ulang dayanya bila angka baterai sudah menunjukkan 25%. Terlebih untuk pengguna ponsel yang digunakan dalam olshop. Pastikan performanya cukup baik agar bisa melayani customer secara maksimal, ya!

4. Degradasi RAM & Memori Flash Storage di HP

RAM dan Memori Flash Storage juga akan mengalami penurunan seiring lama pemakaian ponsel. Lebih baik tidak menggunakan dan membuka aplikasi yang berat bila kapasitas RAM ponselmu cukup kecil. Adanya degradasi RAM dan Memori Flash Storage akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses ponselmu.

Ada baiknya kamu memilih ponsel dengan RAM yang menyesuaikan kebutuhan. Bila memang digunakan untuk olshop, pilih RAM yang besar agar lebih lega menampung gambar dan aplikasi penunjangnya. Jika hanya digunakan untuk kepentingan pribadi dan tidak berkaitan dengan pekerjaan, kamu bisa gunakan ponsel dengan RAM kecil, sehingga tak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanan.

5. Sistem Operasi yang Terpasang di HP Tidak Sesuai

Memperhatikan sistem operasi yang diperlukan menjadi salah satu cara mengatasi HP lemot setelah di-upgrade. Tak perlu mengunduh game-game yang tak pernah kamu mainkan. Maksimalkan performa sesuai kapasitas dan kebutuhan saja. Dengan demikian, ponselmu akan jauh dari kata lemot dan lelet saat digunakan.

sumber : https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/gawai/cara-mengatasi-hp-lemot/

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?