Logo-Pitma-Jogja
Search

Perlukah Analisa Sebelum Merancang Sebuah Diklat ?

Kebutuhan diklat adalah diklat yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan atau pelaksana pekerjaan tiap jenis jabatan atau unit organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugas yang efektif dan efisien (Dephutbun dan ITTO,2000). Sedangkan menurut Lembaga Administrasi Negara kebutuhan diklat adalah kekurangan pengetahuan, keterampilan dan sikap seorang pegawai sehingga kurang mampu melaksanakan tugas, tanggung jawab, wewenang dan haknya dalam suatu satuan organisasi.  

kebutuhan diklat dapat diartikan sebagai kesenjangan kemampuan pegawai yang terjadi karena adanya perbedaan antara kemampuan yang diharapkan sebagai tuntutan pelaksanaan tugas dalam organisasi dan kemampuan yang ada (Hermansyah dan Azhari, 2002).Diklat mempunyai arti penyelenggaraan proses belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan jabatan tertentu.

Analisa kebutuhan diklat merupakan langkah awal dalam siklus yang diharapkan memberikan kontribusi untuk pelatihan dan strategi pendidikan karyawan dalam suatu organisasi atau kelompok profesional. Pelatihan dapat memperkecil kesenjangan kebutuhan kompetensi yang diperlukan dalam memberikan unjuk kinerja setiap SDM.  Oleh karena itu proses mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, memilih metoda pelatihan, penggunaan sejumlah tools (alat) dan pengukuran manfaat sebuah pelatihan serta anggaran yang dibutuhkan merupakan kegiatan penting yang harus dikuasai oleh praktisi SDM.

Kami PITMA menyediakan Pelatihan Analisa Kebutuhan Diklat bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan Tujuan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut :

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat 

  1. Memahami pentingnya melakukan analisis kebutuhan untuk pengadaan sebuah pelatihan
  2. Mengetahui kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
  3. Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
  4. Mengetahui berbagai level kebutuhan pelatihan pada sebuah organisasi
  5. Mengetahui berbagai metode identifikasi kebutuhan pelatihan pada tiap level organisasi
  6. Mengetahui kaitan antara hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dengan penyusunan sasaran serta evaluasi hasil pelatihan.
  7. Menyusun rencana evaluasi pelatihan dan tindak lanjut

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?