Logo-Pitma-Jogja
Search

Point-Point Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan CV Curricullum Vitae

Curricullum Vitae

Curricullum Vitae CV – Point-Point penting yang harus diperhatikan dalam penulisan CV, Salah satu tahap awal yang terpenting dalam proses melamar pekerjaan atau magang adalah menyerahkan CV kepada Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Hampir semua Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pasti mencantumkan CV sebagai syarat utama dalam proses perekrutan karyawan.CV atau Curriculum vitae merupakan daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya.

Berikut ini Point penting yang harus diperhatikan dalam penulisan cv :

1. Hindari Desain CV dengan berlebihan

Dalam penulisan CV yang benar adalah yang mudah dibaca oleh perekrut. Itulah mengapa Anda tidak perlu membuat desain CV yang terlalu berlebihan agar informasi di dalamnya masih tetap dapat disampaikan dengan baik.

2. Gunakan Font Standar


Penggunaan font standar seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri akan membuat tampilan CV Anda menjadi kurang menarik itu tidak benar. Tujuan dari penulisan CV yang benar adalah untuk menyampaikan informasi mengenai riwayat hidup. Jadi, yang terpenting adalah bagaimana cara membuat CV kamu mudah dibaca oleh perekrut. Misalnya menggunakan Arial, Cambria, Garamond, dan Helvetica.

3. Ubah Nama File CV Sebelum di Kirim Ke Perusahaan


Lebih baik beri nama file CV anda menggunakan nama file yang mencantumkan nama lengkap kamu seperti “Johan_CV”. Penulisan nama di CV inilah yang sebenarnya benar. Sebab, ia merupakan salah satu cara membuat CV kamu menjadi lebih mudah untuk diidentifikasi oleh perekrut.

4. Tuliskan Pengalaman Kerja Yang Lengkap


Perlu Anda Ketahuai Perusahaan mengambil dan menilai pengalaman kerja dalam berkas lamaranmu sebagai bahan layak tidak nya Anda bergabung di perusahaan. Jadi, Anda harus mencantukan pengalaman kerja yang lengkap dan urut. Tuliskan pengalaman kerja dari yang paling baru ke yang paling lama.

5. Cantumkan Skill Section


Agar CV terlihat menarik adalah dengan mencantumkan skills section untuk menjabarkan apa saja kemampuan yang Anda dimiliki. Jika Anda memiliki skill baru, jangan lupa untuk terus memperbaruinya dalam CV. Pastikan juga skill yang Anda sebutkan tetap relevan dengan lowongan yang dilamar dan jangan lupa Anda harus memberikan sedikit penjelasan mengenai skill yang Anda miliki tersebut. Namun, sebaiknya penjelasannya tidak perlu terlalu panjang.

6. Periksa kembali Cv, Pastikan Tidak Menggunakan Kata Yang disingkat


Saat menulis CV pastikan Anda membaca ulang kembali usahakan tidak menggunakan kata-kata yang disingkat. Contoh : Yg,tdk,dgn, dan yang lain sebagainya. Pastikan juga penulisan gelar, nama organisasi, atau program pelatihan yang pernah kamu ikuti ditulis dengan jelas, bukan singkatan.

7. Pastikan CV tidak ada typo


Typo Sering sekali ditemukan oleh Perusahaan dalam CV yang dibuat oleh pelamar kerja. Kesalahan yang satu ini sangat sering terjadi. Sebaiknya Anda membaca berulang CV Anda sebelum dikirim usahakan tidak memiliki banyak kesalahan ejaan, maka akan terlihat lebih profesional.

8. Cek Kembali CV


Hal ini merupakan point yang paling penting, jangan sampai ada kesalahan penulisan saat setelah CV dikirim ke perusahaan, jadi sebaiknya cek kembali CV Anda sebelum mengirim ke perusahaan.

Demikianlah beberapa point yang harus diperhatikan dalam penulisan CV. Semangat para pejuang kerja, sukses buat Anda.

Apabila Anda membutuhkan pelatihan untuk menambah skill Anda, silahkan menghubungi kami atau kunjungi beranda kami melaluli LINK INI

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?