Logo-Pitma-Jogja
Search

Prinsip Ergonomi Kerja

Pengertian Ergonomi 

Prinsip Ergonomi Kerja – Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan sistem,  profesi, prinsip, data dan metode dalam merancang sistem agar menjadi optimal  sesuai dengan kebutuhan, kekurangan dan keterampilan manusia.  

Prinsip ergonomi 

Prinsip ergonomi upaya mencegah terjadinya kecelakaan / cedera dan  menjadikan area kerja yang aman dan sehat bagi para pekerja. 

Oleh karena itu,Anda perlu memahami terlebih dahulu apa saja prinsip  ergonomi.Apa saja, simak ulasannya berikut ini:

1. Menjaga postur tetap netral 

Postur netral ini dimana kondisi badan selaras dan seimbang , baik duduk maupun  berdiri. Dengan begitu, tekanan pada otot, saraf, serta tulang pun sangat minim sehingga  orang yang bersangkutan dapat memiliki kontrol dan memproduksi kekuatan  secara maksimal. 

2. Mengurangi kekuatan yang berlebihan 

Mengeluarkan kekuatan berlebihan akan menimbulkan faktor yang sanggat berresiko dalam berkerja. Terkadang banyak pekerjaan yang memaksakan  sehingga dapat terjadi resiko cedera otot atau tulang. 

Ide dari diatas Pekerja menyadari hal tersebut dan berupaya menurunkan  kekuatan yang dibutuhkan, misalnya dengan memanfaatkan alat bantu. 

baca juga Aplikasi legal streaming film

3. Hindari gerakan berlebihan 

Gerakan berlebihan sudah menjadi faktor utama para perkerja yang gerakannya berulang serta berada di kontrol oleh target produksi perjam atau perhari. Ketika gerakan berlebihan dan postur yang tidak netral, sangat berpotensi besar  sekali untuk terjadinya musculoskeletal injury. 
Karena itu, bila memungkinkan perkerja bisa mengurangi gerakan berlebihan.  Sebagai catatan, suatu gerakan masuk ke dalam kategori repetisi tinggi bila  berulang dalam rentang 30 detik.

4.Memberikan ruang untuk peregangan 

Sistem muskuloskeletal merujuk kepada sistem gerak manusia. Sistem tersebut  didesain untuk bergerak. Sebab itu, bekerja dalam jangka waktu panjang dengan  keadaan statis akan menyebabkan tubuh kelelahan. Inilah yang dikenal dengan  static load. 
Contoh lain yang mungkin sangat relevan dengan situasi kerja saat ini yaitu  mengetik selama berjam-jam tanpa jeda. 

Peregangan atau stretching bisa mengurangi kelelahan, meningkatkan  keseimbangan otot dan postur, serta memperbaiki koordinasi otot. Suka atau  tidak, setiap orang adalah atlet dalam kesehariannya. Makan penting nya melakukan pemanasan setiap akan bekerja untuk  meningkatkan performa dan menekan risiko cedera. Meskipun kurang populer,  peregangan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengaktifkan badan  sebelum bekerja.

semoga bermanfaat

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?