Logo-Pitma-Jogja
Search

Software Edit Suara dan Audio

software pengedit suara dan audio

Mengedit suara atau audio adalah hal yang sangat diperlukan untuk orang yang mempunyai pekerjaan sebagai sound engginering. tapi apakah hanya dia yang membutuhkan kegiatan tersebut? tentu tidak. Creator podcast atau musisi indie juga perlu mengedit audio mereka agar dapat diputar dengan “bersih dan nyaman” dalam telinga pendengar. berikut adalah beberapa sotware edit suara dan audio yang dibedakan menurut penggunaan device.

software edit suara dan audio untuk personal computer atau laptop

  1. cubase

Cubase, dari Steinberg, adalah software pengeditan audio yang mungkin ingin kamu coba. Salah satu yang spesial dari Cubase adalah adanya equalizer frekuensi yang memungkinkanmu melakukan pengeditan frekuensi yang sangat halus ke trekmu. Ada juga fitur bernama Audio-ins yang memungkinkan menggunakan filter dan efek secara terpisah pada trek audiomu.

2. Ableton Live

Ableton Live mendukung audio dan trek MIDI tanpa batas sehingga kamu bisa memasukkan sebanyak apapun lapisan trek ke dalam proyekmu sesuai kebutuhan. Ada juga dukungan untuk MIDI capture, 256 mono input channels dan 256 mono output channels. Bersamaan dengan itu, kamu juga mendapatkan hingga 70GB suara pra-rekaman yang bisa kamu gunakan dalam proyekmu, hingga 46 audio effect,

3. Studio one

Presonus Studio One 4 adalah DAW serbaguna yang hadir dengan banyak fitur keren dan berguna. Ada dukungan untuk beberapa trek, dan dengan fitur Chord Track Studio One, kamu bisa dengan mudah membuat prototipe cepat dari suatu lagu dan mendapatkan gagasan tentang seperti apa mereka terdengar. Chord Track membawa fitur seperti modulasi kunci, substitusi akor dan lainnya untuk membuat protoyping lebih mudah. Studio One dapat secara otomatis mengidentifikasi chord dari track audiomu.

4. Audacity

Software yang gratis dan tersedia untuk berbagai sistem operasi ini tentu sangat layak untuk kamu coba kalau kamu sedang mencari software pengeditan audio yang cocok untukmu. Walaupun ia gratis, namun Audacity memiliki hampir semua fitur yang kamu butuhkan.

Ada banyak efek seperti bass, treble, distorsi, penghapusan noise dan banyak lagi. Seiring dengan itu, Audacity juga dilengkapi dengan alat analisis seperti beat finder, finder silence, finder suara, dan lain-lain. Plus, seperti kebanyakan software pengeditan audio luar sana, Audacity mendukung hampir semua format file audio seperti MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, MP4 dan banyak lagi.

5. Adobe Audition

audition adalah multitrack digital audio recording, editor, dan Mixer yang mudah digunakan serta memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Adobe Audition CS6 memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan software pengolah musik lainnya, seperti tersedianya equalizer 30 slide band yang memungkinkan pengguna untuk mengedit file audio secara lebih teliti, serta kemudahan-kemudahan lainnya yang mampu membantu pengguna untuk membuat produksi rekaman sendiri. Software ini juga mendukung waveform dan multitrack session yang memudahkan proses editing audio.

Untuk versi smartphone, kalian juga bisa memakai software edit suara dan audio sebagai berikut

  1. Garage Band

Untuk para pengguna Apple, mungkin GarageBand sudah tak asing lagi. GarageBand banyak digunakan oleh para musisi atau content creator yang ingin men-upload cover-nya di Soundcloud.

Aplikasi ini tak sekadar untuk merekam, namun juga menghapus noise dan juga menambahkan berbagai instrumental dalam audiomu. Aplikasi ini juga menjadi sebuah media belajar untuk membuat musikmu sendiri. Dengan tampilan yang simple, aplikasi ini sangat cocok bagi pemula.

2. Wave editor

aplikasi ini memungkinkan untuk output atau hasil edit dalam berbagai format tergantung kebutuhan pengguna. Dalam WaveEditor kamu bisa memotong, menambahkan, bahkan menyatukan berbagai audio dalam satu project.

Tak hanya bisa editing, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur rekaman secara langsung sehingga tidak perlu repot berganti aplikasi. Fitur yang disediakan di sini juga sudah cukup lengkap seperti zooming, panning, dan selection. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan macro processes seperti: Fade, reverse, dan invert.

baca juga Cara Membuat PODCAST

3. FL Studio for Android

Biasanya FL Studio Mobile ini dipakai oleh para musisi untuk menambahkan efek-efek seperti high-quality synthesizers, drum kits, sampler, dan sliced-loop beats pada musiknya. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengubah pitch dari sample dan preset-nya sambil mendengarkan. Pilihan untuk export formatnya juga beragam yang bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna. Tampilan dan cara penggunaannya yang cukup kompleks mungkin akan sedikit menyusahkan bagi pemula, tapi jika sudah terbiasa, aplikasi ini akan sangat membantumu.

selamat berkarya.

sumber

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?