Logo-Pitma-Jogja
Search

Tips Mengamankan Ponsel Android Kalian

Tips Mengamankan Ponsel Android Kalian

Tips Mengamankan Ponsel Android Kalian | Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang terutama untuk perangkat  seluler layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Sistem operasi telah berkembang  pesat dalam 15 tahun terakhir mulai dari ponsel hitam putih hingga smartphone atau komputer mini  terbaru. Salah  satu OS seluler yang paling banyak digunakan  saat ini adalah android. Android adalah perangkat lunak yang didirikan di Palo Alto of California pada tahun 2003. Android mengandalkan Linux versi 2.6 untuk sistem inti layanan seperti keamanan, manajemen memori, proses manajemen, tumpukan jaringan dan model driver.

Baca Juga Cara Mengatasi Bootloop HP

Saat ini smartphone merupakan alat bantu terpenting dalam mendukung aktifitas sosial dan pekerjaan sehari-hari. Melihat pentingnya smartphone untuk melakukan aktififitas tersebut, banyak  perusahaan  memberikan layanan keamanan untuk  memendukung kebutuhan smartphone, seperti halnya layanan keamanan sandi untuk login ke smartphone ataupun hal lainnya. Namun, memberikan sandi pada handphone belum sepenuhnya dapat dikatakan aman karena bisa menjadi tempat bagi para penjahat cyber untuk melakukan serangan melalui link ataupun media seperti aplikasi dan lain-lain, untuk mencuri informasi pribadi pengguna pada smartphone. Berikut ini merupakan tips-tips yang kami bagikan untuk mencegah terjadinya peretasan pada smartphone android kalian.

  • Uninstal aplikasi yang tidak digunakan

Dari beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone, mungkin tidak semuanya Anda pakai. Tidak hanya dapat mengosongkan ruang, menghapus aplikasi yang tidak digunakan juga dapat meningkatkan keamanan perangkat Anda. Sebab, aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang, mengumpulkan dan membagikan data pribadi Anda, meskipun tidak digunakan.

  • Periksa Izin Aplikasi

Setelah menyingkirkan aplikasi yang tidak digunakan, saatnya meninjau kembali izin aplikasi yang ada di smartphone. Caranya, buka Pengaturan > Privacy and security, lalu ke menu Permissions Manager. Pada halaman ini, Anda bisa memilih untuk tidak mengizinkan aplikasi mengakses data tertentu pada smartphone Anda.

  • Sembunyikan Notifikasi Sensitif

Anda dapat membatasi notifikasi dan konten sensitif agar tidak muncul di layar kunci. Secara default, Android diatur untuk menampilkan semua notifikasi di layar kunci. Ini berarti jika perangkat jatuh ke tangan yang salah, mereka mungkin dapat melihat informasi sensitif, seperti pesan pribadi hingga kode atau kata sandi, masuk ke perangkat yang terkunci.

  • Jangan Sembarang Klik Link

Dalam penggunaan aplikasi sering sekali muncul link-link yang meragukan, dimana pengguna dimintai untuk memasukan ussername dan password pada form yang tidak jelas dari mana asal usulnya. Pengguna harus berhati-hati pada peretasan tersebut karena tidak sedikit akun yang diretas menjadi disalahgunakan oleh peretas semisal untuk meminta uang mengatas namakan si korban dan lain-lain.

  • Jangan Asal menggunakan WIFI

Jaringan WiFi yang terbuka tanpa kunci dan enkripsi biasanya rentan dimanfaatkan sebagai gerbang pencurian data. Bisa saja pemilik layanan mengawasi segala lalu lintas data yang melalui jaringannya, termasuk informasi pribadi Anda. Sebaiknya jangan mengadakan transaksi online atau perbankan ketika Anda menggunakan WiFi publik.

  • Waspada Ketika Download

Langkah Terakhir, saat mengunduh aplikasi perhatikan review pengguna lain, syarat yang diminta sistem, serta kebijakan privasi pada aplikasi. Pastikan tak ada yang aneh dari review atau syarat yang diminta sistem. Selain itu, usahakan download dari jalur resmi, misalnya Google Play Store.

Tips-tips diatas semoga dapat membantu kalian dalam melakukan pengamanan pada smartphone android kalian, semoga kalian tetap waspada dan selalu ingat bahwa kejahatan itu tidak mengenal Apa dan Siapa.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?