Logo-Pitma-Jogja
Search

Tips Meningkatkan Hasil Kualitas Foto Smartphone, Khusus Fotografer Pemula

Tips Meningkatkan Hasil Kualitas Foto Smartphone

Tips Meningkatkan Hasil Kualitas Foto Smartphone, Khusus Fotografer Pemula | Zaman sekarang ini belajar menjadi fotografer semakin mudah. Anda tidak mesti memiliki kamera mahal sekelas DSLR atau mirrorless untuk mulai belajar fotografi. Bahkan bagi anda yang pemula, dapat memulainya dengan mengikuti beberapa tips meningkatkan hasil kualitas foto smartphone yang dimiliki sekarang.

Mobile Photography

Kini belajar fotografi dan menghasilkan foto yang bagus dapat dimulai dari kamera yang ada di smartphone anda. Istilah kerennya adalah mobile photography. Seperti mengikuti tips meningkatkan hasil kualitas foto smartphone ini, Anda dapat mulai mengetahui dasar belajar fotografi dan menciptakan foto keren bermodal kamera smartphone anda.

Mempelajari mobile photography bagi anda yang memiliki passion dalam bidang fotografi bisa menjadi awal yang sangat menyenangkan sekaligus menggairahkan.

Beberapa tipe dan merek ponsel terkenal sekarang malah memiliki fitur dan spesifikasi yang sangat canggih yang setara atau bahkan melebihi dan mengalahkan kemampuan kamera DSLR dan mirrorless khususnya dalam hal resolusi.

p50

Seperti Huawei P50 Pro yang sangat mengesankan dan menjadi kamera unggulan di tahun 2023. Huawei P50 Pro dilengkapi dengan empat kamera belakang, termasuk lensa utama 50 MP, lensa ultra wide 13 MP, lensa telephoto 64 MP, dan lensa black&white 40 MP. 

Belum lagi, Huawei mengklaim bahwa P50 Pro hadir dengan sistem kamera dual-matrix yang menggabungkan beberapa teknologi dan fitur canggih, seperti sensor multi-spektrum 10-channel, Huawei XD Optics, dan Tru-Chrome Image Engine.

Kombinasi tersebut memungkinkan kamera Huawei P50 Pro mengatasi berbagai tantangan dalam fotografi, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun. Untuk urusan selfie, Huawei P50 Pro dilengkapi dengan kamera depan 13 MP. Secara keseluruhan, dengan teknologi terbaru yang diterapkan, Huawei P50 Pro merupakan salah satu HP dengan kamera terbaik yang mampu menghasilkan kualitas foto setara DSLR.

Baca juga: Cara Setting Kualitas Kamera Android Seperti Iphone

Tips Meningkatkan Hasil Kualitas Foto Smartphone

Keterampilan fotografi membutuhkan latihan, bahkan bila menggunakan kamera smartphone Android atau Iphone. Bila Anda berminat meningkatkan keterampilan fotografi menggunakan smartphone, berikut beberapa tips tips meningkatkan hasil kualitas foto smartphone berdasar laman NatGeo Indonesia.

  1. Modus HDR

Gunakan modus HDR (high dynamic range) yang umumnya tersedia dikamera smartphone ketika mencoba mengambil gambar pada area terang dan gelap dalam satu bingkai. Modus ini membantu menyeimbangkan keluarnya pencayahaan digambar, agar cahaya tidak terlalu terang dan bayangan tidak terlalu gelap sehingga tidak ada detil yang terlewatkan.

  1. Fokuskan Gambar
Manual Focus Macro

Mendapatkan objek yang pas kemudian memfokuskan kamera pada objek utama maupun latar belakang, terkadang bisa membuat gambar yang dihasilkan jauh lebih baik bila dibanding hanya memposisikan kamera pada latar kemudian berharap menghasilkan gambar terbaik. Setelah memotret, smartphone memungkinkan kembali melakukan fokus sehingga bisa bereksperimen untuk memperoleh foto terbaik.

  1. Quick launch

Mengakses kamera di smartphone sebelum bisa memotret terkadang agak ribet dan lama. Menempatkan kamera pada seluncur cepat mampu menghemat waktu, misal ketika smartphone sudah terkunci. Beberapa smartphone menyediakan cara berbeda dalam mengatasi kelemahan ini dan seluncur cepat (quick launch) memungkinkan bisa mengambil gambar saat diperlukan dengan segera.

  1. Tombol Kamera

Tips lainnya ialah gunakan tombol volume atau tombol khusus kamera pada smartphone untuk mengambil gambar dengan modus landscape. Ini membuat tangan tetap stabil ketika mengambil gambar dibanding harus menyentuh tombol yang ada dilayar. Jika smartphone tidak memiliki tombol kamera khusus, periksa bagian setting untuk melihat apakah bisa memanfaatkan tombol volume sebagai tombol pemotret. Bila tidak terdapat diaplikasi kamera , tersedia sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan bisa melakukan itu.

  1. Pencahayaan

Fotografi dikenal juga sebagai kegiatan melukis cahaya. Tanpa cahaya tidak ada fotografi, jadi penting untuk belajar bagaimana memaksimalkan pencahayaan yang tersedia. Ada waktu-waktu yang sangat berharga dan penting untuk mengambil foto. Periode tersebut tidak lama setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Ini merupakan saat pencahayaan alami yang ideal untuk mengambil foto landscape, karena cahaya siang hari cenderung membuat foto landscape menjadi kurang sempurna. Kondisi berkabut atau saat langit mendung pada dasarnya kurang bagus untuk fotografi, namun tetap bisa memperoleh gambar keren.

Kondisi  berkabut ideal untuk foto portrait karena tidak ada bayangan maupun cahaya yang kuat. Kabut mampu menambah sedikit misteri pada gambar, seperti ketika mengambil gambar sebuah pemukiman kecil diperbukitan. Sedikit kabut disekitar pemukiman membuatnya tampak misterius dan memberikan sedikit pesona pada gambar. Intinya ialah memanfaatkan dengan baik kondisi pencahayaan yang ada bukan menyerah pada keadaan alam.

  1. Komposisi
grid composition

Lihatlah disekitar dan Anda akan menemukan setidaknya satu spot bagus yang menunggu untuk difoto. Bagian yang sulit ialah menyusun frame dan ada beberapa aturan dasar untuk melakukan itu, salah satunya  aturan pertiga. Sebagian smartphone kamera memiliki grid view dan setelah diaktifkan akan melihat layar memiliki empat garis yang membagi frame menjadi sembilan bagian yang sama. Aturan pertiga menekankan agar subyek harus berada pada salah satu baris, sebaiknya ada dimana garis-garis ini berpotongan. Ini bukan aturan yang harus selalu diikuti, namun jika seorang pemula cukup membantu dalam memperoleh foto yang lebih baik.

  1. Pilih Momen Terbaik

Terakhir mungkin menjadi aturan dasar paling krusial yaitu kesabaran dan ini penting dimiliki oleh fotografer. Memotret suatu kejadian saat momen yang tepat menjadi pembeda antara gambar bagus dan gambar luar biasa. Penting untuk membangkitkan emosi, kejutan maupun kekaguman melalui gambar yang dihasilkan. Ini hanya bisa dilakukan bila foto diambil pada momen yang tepat. Misal gambar sebuah jalan antara dua dinding rumah itu biasa, namun bila seorang anak kemudian mengintip dari balik salah satu dinding tentu membuat gambar menjadi lebih hidup.

Jika Anda berpikir untuk menjadi fotografer profesional dan bahkan memulai bisnis fotografi Anda sendiri, PITMA adalah pilihan pelatihan fotografi profesional yang tepat sehingga Anda punya semua skill yang dibutuhkan untuk mencari stok konten dengan memotret.

Pelatihan Pelatihan Jogja Digital Photography Jogja

Demikian informasi penting Tips Meningkatkan Hasil Kualitas Foto Smartphone, Khusus Fotografer Pemula. Segera ikuti pelatihan Pelatihan Jogja Digital Photography di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?