Logo-Pitma-Jogja
Search

Tugas dan Skill Penting Mobile Application Developer

Tugas dan Skill Penting Mobile Application Developer

Tugas dan Skill Penting Mobile Application Developer | Profesi mobile application developer saat ini sedang naik daun karena banyak dicari oleh perusahaan di berbagai bidang industri. Kondisi ini terjadi karena para audien perusahaan dan masyarakat lebih tertarik melakukan aktivitas pembelian melalui mobile app. Selain itu, inisiatif pemasaran dan proses penjualan juga lebih banyak menarik minat audiens jika tampilannya melalui aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.

Melihat prospek dari profesi seorang mobile application developer yang cukup menjanjikan di tahun 2024 ini, tidak ada salahnya jika mempelajarinya lebih serius di bangku kuliah nanti. Untuk itu, simak terlebih dahulu beberapa informasi penting berikut ini.

Apa itu Mobile Application Developer

Mobile Application Developer bisa dikatakan salah satu profesi yang sangat cocok bagi yang memiliki spesialisasi di bidang teknologi mobile, di antaranya adalah membuat aplikasi untuk iOS Apple atau Android Google. Aplikasi smartphone yang sering digunakan dalam sehari-hari ini ternyata diimplementasikan, didesain dan dikembangkan oleh seorang mobile application developer.

Mobile Application Developer memiliki tanggung jawab dan mengembangkan berbagai macam software supaya bisa digunakan sesuai platform OS yang sedang dipakai. Dengan alasan memiliki banyak sekali tugas yang diemban, seorang yang berprofesi sebagai Mobile Application Developer harus bisa menguasai lingkungan pengemban software dan tentu saja juga menguasai berbagai macam bahasa pemrograman.

Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, setiap platform mobile utama telah memiliki bahasa pemrogramannya sendiri. Hal ini bisa diamati pada platform mobile seperti Objective-C untuk iOS dan Java untuk Android. Hanya saja, semua ini masih akan terus berubah karena menyesuaikan perkembangan teknologi yang sedang berlaku.

Baca juga: Tutorial Mudah Import Library GSON Di Android Studio

Tugas Mobile Application Developer

tugas mobile application developer

Setelah mengetahui apa itu mobile developer seperti yang telah dijelaskan diatas pastinya akan mulai tertarik dengan pekerjaan sebagai mobile developer. Nah tapi sebelum itu anda harus mengetahui beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh seorang mereka yang tentunya dalam melakukan tugasnya memerlukan kemampuan atau skill dan profesionalisme yang tinggi. Nah, tugas-tugas seorang mobile developer adalah:

  • Bertugas mendesain dan mengembangkan aplikasi

Seorang mobile developer tentunya memiliki tugas untuk mendesain serta mengembangkan aplikasi yang canggih untuk berbagai platform mobile diantaranya adalah Android dan iOS.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam kehidupan sehari – hari pastinya anda menggunakan aplikasi dengan smartphone anda, ndah aplikasi tersebut lah yang dibuat serta dikembangkan oleh ini. Untuk itulah mengapa semakin kesini aplikasi menjadi semakin canggih dan semakin terbarui hal ini dikarenakan mobile developer memiliki tugas untuk mengembangkan aplikasi menjadi aplikasi yang canggih.

  • Bekerja dengan sumber data eksternal dan API

Biasanya para mobile developer akan melakukan tes kode unit untuk ketahanan, yang mana hal ini dimulai dari kegunaan aplikasi tersebut, kehandalan umum dan masih banyak hal lainnya. Kemudian setelah melakukan hal tersebut, mereka juga akan mengevaluasi dan juga menyelesaikan bug yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja aplikasi yang telah mereka buat.

  • Memaksimalkan efisiensi pengembangan aplikasi

Untuk membuat aplikasi tentunya mobile developer harus menggunakan teknologi baru yang mana dimaksudkan agar mereka dapat memaksimalkan efisiensi dari pengembangan aplikasi tersebut. Yang tentunya dengan menerapkan teknologi baru maka mereka dapat membuat dna mengembangkan aplikasi agar lebih canggih. Selain itu mereka juga memiliki tugas untuk menerjemahkan desain serta wireframes ke dalam sebuah kode yang berkualitas tinggi.

  • Memastikan aplikasi sudah bekerja dengan baik

Setelah mobile developer sudah selesai mendesain serta mengembangkan aplikasi tersebut tentunya akan dilakukan sebuah peluncuran akan aplikasi tersebut. Nah setelah berhasil diluncurkan maka aplikasi dapat dinikmati dan digunakan oleh para pengguna mobile baik itu Android maupun iOS.

Pada saat aplikasi sudah digunakan oleh para pengguna tentunya para mobile developer masih harus memastikan bahwa aplikasi sudah bekerja dengan baik dan tentunya responsive. Dan setelah itu, mobile developer tentunya harus bisa menjaga kualitas kode, organisasi beserta dengan otomatisasi.

Skill Penting Mobile Application Developer

Sangat penting mengetahui skill atau kemampuan seperti apa yang paling dibutuhkan untuk profesi mobile developer ini. Menurut laman BINUS, berikut beberapa skill atau kemampuan dalam diri yang perlu kembangkan sebagai bentuk ancang-ancang sebelum terjun ke profesi ini.

  1. Mampu bekerja remote
    Untuk bisa mengimbangi era digital seperti saat ini, harus bisa bekerja secara remote karena akan lebih praktis dan efisien. Bekerja secara remote ini memungkinkan untuk tetap bisa bekerja tanpa harus bertemu dengan customer maupun rekan kerja secara langsung karena komunikasi bisa dilakukan melalui media online.
  2. Paham tentang tools dan bahasa pemrograman
    Menjadi seorang mobile developer tentu harus paham bahasa pemrograman dengan baik agar bisa mengembangkan aplikasi mobile. Selain itu, juga harus memahami tools agar bisa menciptakan aplikasi seperti eclipse, android studio dan beberapa tools lainnya.
  3. Mampu bekerja dengan API
    API bisa menampilkan database dengan cepat secara real time. Oleh karena itu, jika mantap ingin memiliki profesi ini di masa depan, wajib menguasai penggunaan API untuk menunjang pekerjaan nantinya.

Training Mobile Application Developer Jogja

Selain memiliki peluang kerja yang sangat baik, mobile application developer rupanya juga menjadi incaran karena gaji yang sangat bagus. Tentu saja gaji ini sebanding dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dipikul. Nah, bagi Anda yang sudah mantap memilih profesi ini di masa depan, maka bisa lebih dahulu mendalami ilmu lewat training IT di PITMA.

PITMA sebagai provider training IT jogja juga melayani lebih banyak lagi materi lainnya. Segera ikuti training Mobile Application Developer di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?