Logo-Pitma-Jogja
Search

Tutorial Cara Menggunakan Flash Fill di Excel Versi 2013 Ke Atas

Cara Menggunakan Flash Fill di Excel Versi 2013 Ke Atas

Tutorial Cara Menggunakan Flash Fill di Excel Versi 2013 Ke Atas | Apabila anda menggunakan Microsoft Excel 2013 ke atas anda dapat mengisi sel atau melakukan input data pada excel secara otomatis berdasarkan pola tertentu sesuai dengan contoh data yang anda berikan. Cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan fungsi FLASH FILL di Excel.

Mengutip laman Microsoft, Fungsi Flash Fill hampir mirip dan memang melengkapi keberadaan fungsi Auto Fill Data pada excel. Bedanya Auto Fill lebih ditujukan untuk pola pembentukan urutan data pada satu baris atau satu kolom saja, sedangkan Flashfill lebih ditujukan untuk pembentukan data baru berdasarkan pola tertentu yang bisa lebih kompleks atau lebih rumit.

Fungsi ini juga mirip dengan fitur Text to Columns yang biasa digunakan untuk meng-ekstrak atau memisahkan data. Hanya saja, selain untuk memisahkan data atau memecah data menjadi beberapa bagian berdasarkan pola tertentu, Flash Fill juga dapat digunakan untuk menggabungkan data atau menyatukan data tertentu pada microsoft excel.

Fitur Flash Fill baru dikenalkan pada versi Ms. Excel 2013 sehingga untuk dapat menggunakan fitur ini anda harus menggunakan Office Excel 2013 atau yang lebih baru. Apabila anda masih menggunakan excel 2010 ke bawah maka anda belum bisa menikmati fitur ini.

Lalu bagaimana cara menggunakan flash fill di excel? Mari kita lanjutkan pada tutorial pembahasannya.

Baca juga: 4 Solusi Eror Memindahkan Data Excel ke Word

Cara Menggunakan Flash Fill di Excel

Dengan menggunakan cara menggunakan flash fill di excel ini, excel akan menebak data apa yang seharusnya dimasukkan data pada sel-sel lain setelah mempelajari dan menganalisa data yang anda tulis secara manual. Oleh sebab itu Flash Fill pada excel akan bekerja dengan baik jika data anda memiliki pola yang jelas.

Setidaknya ada 4 cara untuk dapat megakses atau menggunakan fitur Flash Fill excel ini:

  • Tab Home>Group Editing>Fill>Flash Fill.
tutorial flash fill 1
  • Tab Data>Group Data Tools>Flash Fill.
tutorial flash fill 2
  • Menggunakan Fill Handle. Fill Handle muncul saat anda menggunakan Autofill Data.
tutorial flash fill 3

Langkah-Langkah Menggunakan Flash Fill Excel

Untuk lebih jelas, berikut contoh bagaimana cara menggunakan flash fill pada excel ini. Misalnya anda ingin mendapatkan nama depan dan nama belakang dari data di atas, langkah-langkah yang anda perlukan adalah sebagai berikut:

  1. Tulis pola nama depan salah satu sel yang bersesuaian. Umumnya pada sel data yang paling atas (Ketik “Ahmad” pada sel B2).
  2. Pindahkan sel aktif pada sel lain dalam satu kolom. Untuk mudahnya tekan enter saja agar sel aktif berpindah ke bawah sel rujukan pola pada nomor 1 (Aktifkan Sel B3).
  3. Berikutnya pilih perintah Flash Fill yang bisa anda temukan padaTab HOME>Group Editing>Fill>Flash Fill atau pada Tab DATA>Group Data Tools>Flash Fill. Apabila anda sudah terbiasa menggunakan shortcut, perintah Flash Fill juga bisa anda aktifkan dengan menekan tombol Ctrl + E.
  4. Lakukan hal yang sama dari 1-3 untuk mengisi data nama belakang.
  5. Cara untuk menggabungkan nama depan dan nama belakang juga sama, yang terpenting adalah membangun pola yang benar sehingga excel dapat memprediksi pola data baru yang ingin anda hasilkan dengan Flash Fill ini.
contoh cara menggunakan flash fill di excel

Dengan flashfill anda dapat juga mengambil pola inisial nama barang misalnya, alih-alih menggunakan fungsi LEFT, MID atau RIGHT yang dalam kasus tertentu barangkali malah akan menyulitkan anda.Contoh Penggunaan Flash Fill Pada Excel.

Kesimpulan

Begitulah cara menggunakan flash fill di excel. Jika dibandingkan dengan fitur fungsi excel lainnya, flash fill menawarkan cara yang lebih cepat, mudah, dan kompleks untuk pengisian data.

Sukses tidaknya anda dalam melakukan entry data dengan menggunakan fitur Flash Fill ini tentunya akan sangat tergantung dengan pola data yang anda miliki. Silahkan meng-explore lebih jauh menerapkan cara menggunakan flash fill di excel versi 2013 ke atas untuk berbagai kegunaan khususnya entry data.

Training Microsoft Excel Advance Jogja

Demikian informasi penting Tutorial Cara Menggunakan Flash Fill di Excel Versi 2013 Ke Atas. Segera ikuti pelatihan Microsoft Excel Advance di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?