Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack dan Email Diganti

Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack dan Email Diganti

Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack dan Email Diganti | Instagram adalah salah satu platform media sosial yang populer. Tetapi sayangnya, tidak jarang pengguna menghadapi masalah keamanan seperti akun yang diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Ini dapat menjadi pengalaman yang sangat mengganggu, terutama jika akun Anda berisi foto, video, dan kenangan berharga lainnya.

Umumnya, akun Instagram kena hack disebabkan oleh penggunanya sendiri. Atas kecerobohannya, peretasan ini bisa terjadi. Ada banyak penyebab terjadinya peretasan akun Instagram yaitu sebagai berikut:

  • Penggunaan kata sandi yang general sehingga mudah ditebak oleh para hacker. Oleh karena itu, gunakan password yang rumit dan sulit ditebak.
  • Terkena serangan phisingPhising merupakan salah cara yang biasa digunakan hacker untuk membajak akun media sosial. Cara kerjanya dengan mengirimkan link ke pesan singkat, email, dan lainnya. Kemudian, kamu klik link tersebut dan memasukkan password Instagram dan beberapa informasi lainnya. 
  • Tidak mengaktifkan two factor authentication. TFA sangat dianjurkan untuk mengamankan akun kamu dari peretasan karena jika ada yang ingin masuk ke akun Instagram, akan dimintai kode yang dikirim ke nomor kamu. Jika dirasa kamu tidak mengaktifkan akun di kanal lain, bisa jadi itu kerjaannya para hacker.

Baca juga: Tempat Pelatihan & Sertifikasi MSDM di Yogyakarta

Solusi Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack dan Email Diganti

Mayoritas orang yang mengalami kasus ini, pasti akan bingung dan panik karena kurangnya pemahaman untuk mengembalikan akun Instagram di-hack.  Padahal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk melawan para hacker. Informasi ini sangat penting untuk kamu simak. Jika mengalami hal tersebut, kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan akun Instagram Anda yang kena hack. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan akun Instagram (IG) yang telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab:

Akses Situs Bantuan Instagram

Akses situs web bantuan resmi Instagram di help.instagram.com. Di situs web ini, Anda akan menemukan berbagai panduan dan opsi bantuan yang berkaitan dengan keamanan akun.

  • Pilih “Privacy & Safety”

Di situs bantuan Instagram, cari dan pilih opsi “Privacy & Safety”

  • Laporkan Akun yang Diretas

Setelah Anda masuk ke “Privacy & Safety”, klik “Report Something,” dan kemudian pilih opsi “Hacked Account”. Lalu, pilih opsi “I Think my account has been hacked.”

  • Kirim Laporan

Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan diminta untuk mengirimkan laporan kepada tim dukungan Instagram. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap. Biasanya, Anda akan diminta untuk mencantumkan nama akun, nama lengkap, serta kata sandi yang terkait dengan akun Anda.

  • Tunggu Balasan dari Instagram

Setelah Anda mengirimkan laporan, periksa kotak masuk email Anda. Instagram akan mengirimkan instruksi lebih lanjut melalui email, jadi pastikan Anda memeriksanya secara berkala.

  • Verifikasi Identitas Anda

Instagram mungkin akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi identitas. Ini dilakukan dengan cara memberikan informasi seperti alamat email dan nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar akun, serta jenis perangkat yang Anda gunakan saat mendaftar.

  • Tunggu

Terakhir, bersabarlah. Proses pemulihan akun Instagram yang kena hack mungkin memerlukan beberapa waktu. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, ada kemungkinan besar bahwa Anda akan dapat mengakses kembali akun Instagram Anda dalam beberapa hari.

Pelatihan Ethical Hacking and Parimeter Defense Jogja

Demikian informasi penting Cara Kembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack dan Email Diganti. Segera ikuti pelatihan Ethical Hacking and Parimeter Defense di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?