Cara Memperbaiki Wifi Tidak Bisa Terhubung di Laptop | WIFI adalah singkatan dari “Wireless Fidelity” yaitu suatu teknologi komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi. Kegunaan WIFI sangat penting bagi kegiatan-kegiatan manusia sebagai contoh untuk mengerjakan tugas sekolah, untuk mengunduh file yang besar, untuk berbagi koneksi dengan perangkat lain dan lain-lain, dengan banyaknya peran penting WIFI dalam kehidupan manusia, maka sering sekali terjadi kendala yang membuat manusia kesal dengan kondisi tersebut salah satunya WIFI tidak bisa terhubung di Laptop, berikut beberapa tips-tips untuk mengatasi WIFI tidak bisa terhubung di Laptop :

Memperbaiki Wifi di Pengaturan Internet di Laptop

Kamu bisa melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop dengan memeriksa pengaturan internet di laptop. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa keberadaan jaringan Wifi pada laptop. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap pengaturan internet yang ada di laptop.

Langkah awal cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop adalah dengan memperhatikan ikon notification area pada laptop. Ikon ini terletak di bagian pojok kanan sebelah bawah dari layar laptop kamu. Apakah muncul tanda seru berwarna kuning pada ikon tersebut?

Jika muncul tanda seru, artinya perangkat laptop tidak terhubung dengan jaringan Wifi. Maka kamu harus melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop dengan mengikuti tips yang akan dijelaskan berikutnya.

Memperbaiki Wifi dengan cara Mengubah Saluran Wifi

Selama masih muncul tanda seru tersebut pada laptop kamu, maka jaringan Wifi tidak akan bisa tersambung. Cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah salurannya. Ikuti langkah-langkah jitu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cara mengatasi Wifi yang tidak bisa terhubung di laptop adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon “Start” lalu masuk ke menu “Control Panel.” Lanjutkan ke menu “Network and Internet.”
  • Klik “Network and Sharing Centre,” kemudian lanjutkan ke menu ”Change Adapter Setting.”
  • Klik kanan pada menu “Wireless Connection,” kemudian pilih “Properties.”
  • Kamu akan menjumpai tab “Networking,” carilah tab “Internet Protocol Version 4” lalu klik sebanyak dua kali.
  • Pilihlah “Obtain IP Address Automatically” dan dilanjutkan dengan “Obtain DNS Server Address Automatically.” Klik “OK.”
  • Restart laptop dan periksa kembali apakah masih tanda seru tersebut masih muncul. Apabila masih muncul tanda seru, maka lanjutkan dengan cara berikutnya.

Memperbaiki Wifi dengan cara Instal Ulang Driver Wifi Di laptop

Apabila sudah melakukan cara tersebut di atas namun jaringan masih belum tersambung juga, mungkin ada yang salah dengan driver Wifi milikmu. Maka cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect adalah dengan melakukan install ulang pada driver tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga Driver dan Fungsi Driver Laptop

  • Klik kanan pada menu “Start” yang terletak pojok kiri bawah desktop lalu pilih “Manage.”
  • Pilih “Device Manager” kemudian carilah “Network Adapter.” Jika terdapat tanda seru berwarna kuning pada menu ini, artinya ada kesalahan yang terjadi pada driver Wifi.
  • Temukan tab “Hardware Wifi” yang terletak di bawah “Network Adapter.”
  • Klik kanan tab “Hardware Wifi” lalu pilih “Uninstall.”
  • Klik kanan kembali lalu pilihlah tab “Scan for Hardware Changes.” Ketika kamu memilih tab ini, laptop akan melakukan install ulang driver Wifi secara otomatis.
  • Setelah selesai, tutup semua tab dan hubungkanlah laptop ke Wifi. Cek koneksinya.

Memperbaiki Wifi dengan cara Reset Koneksi Wifi di Laptop

Sudah melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect seperti di atas, tapi jaringan masih belum tersambung juga? Periksalah apakah terdapat keterangan “Limited Access” pada jaringan Wifi di laptop kamu. Jika hal ini yang terjadi, maka kamu harus melakukan reset koneksi laptop agar bisa connect ke Wifi.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab adanya limited access tersebut. Bisa jadi karena masa berlaku IP Address yang kamu dapatkan dari Access Point telah habis masa berlakunya. Bisa juga karena posisi laptop yang terlalu jauh dari lokasi Access Point sehingga laptop sulit untuk menangkap sinyal wifi

Password Wifi sudah benar tapi tidak bisa connect dapat terjadi karena laptopmu mengandung terlalu banyak cache data Wifi. Hal ini mengakibatkan terjadinya bug pada penerimaan sinyal Wifi. Bagaimana cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect karena hal tersebut? Simak langkah mudahnya berikut

Cara mengatasi Wifi terhubung tapi tidak ada internet di laptop adalah sebagai berikut:

  • Klik pada menu “Start” lalu carilah menu “Control Panel,” kemudian pilih tab “Network and Internet.” Selanjutnya silahkan pilih ”Network and Sharing Center.”
  • Pada menu ini, kamu akan menjumpai “Basic Network Connections” yang memiliki beberapa menu akses. Lanjutkan dengan mengklik “Manage Wireless Networks.”
  • Setelah membuka jendela “Manage Wireless Networks,” kamu akan melihat tampilan beberapa cache dari data Wifi yang pernah digunakan. Hapuslah semua data cache ini dengan mengklik “Remove.”

Selain melakukan langkah di atas, kamu bisa melakukan cara mengatasi Wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet dengan metode lain. Kamu bisa melakukan reset koneksi laptop melalui perintah “Command Prompt.”

  • Pada tab kosong yang terletak di sebelah menu “Start”, ketiklah tulisan “Run”. Kemudian masukkan tulisan “cmd.”
  • Setelah muncul tampilan ”cmd” selanjutnya tulislah perintah “netsh winsock reset catalog.” Lanjutkan dengan menekan tombol “Enter”.
  • Selanjutnya tuliskan perintah “netsh int ipv4 reset reset.log” kemudian tombol “Enter”.
  • Tunggulah beberapa saat sebelum menutup semua jendela, setelah itu lakukan restart pada laptop milikmu.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami DISINI