Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Mengatasi Radiasi dari Layar Komputer

Banyak orang sering menganggap remeh dan bahkan menyepelekan pengaruh radiasi pada komputer. Banyak orang berfikir, hal ini terjadi hanya sementara saja dan akan hilang begitu saja. Padahal tak disangka terdapat dampak yang kita dapat rasakan, seperti kelelahan mata, hilangnya daya fokus berujung kepala pusing, kesemutan di sekitar pergelangan tangan atau bahkan sakit punggung serta pegal bahu dikarenakan terlalu lama di depan komputer.

Tak dapat dipungkiri, komputer memang sangat berguna dalam kehidupan. Baik  itu demi pekerjaan maupun untuk hiburan. Maka dari itu komputer seakan – akan tak bisa terpisahkan dari kita.

Oleh karenanya sangat tak mungkin kita menghindari pemakaian komputer, meskipun terdapat radiasi yang dipancarkan. Akan tetapi tak perlu khawatir, kami telah merangkum tips yang tentunya berguna bagi kalian semua.

Berikut adalah tips mengatasi radiasi dari layar komputer: 

1. Memasang  Filter Pada Layar Monitor

Filter ini dapat  dibeli di toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, maupun Lazada. Terdapat banyak pilihan yang disediakan dan terjangkau pula harganya. Kemudian, pilih jenis monitor yang akan digunakan. Terdapat 2 pilihan yang paling sering dipilih, sepeti LCD atau bahkan LED. Namun, kami menyarankan memilih Led. Kenapa ? Sebab Led mempunyai suhu operasi yang lebih rendah, penggunaan daya pun minimal dan terkesan ringan bila dibawa serta ketajaman gambar yang sempurna sehingga gambar yang diasilkan akan terasa lebih nyata.

2. Jaga Jarak Pandang  Terhadap Komputer

Usahakan, minimal 50 – 100 cm. Jangan terlalu dekat!, karena dapat menimbulkan penyakit rabun jauh pada mata. Selain itu, perhatikan juga posisi duduk. Banyak dokter menganjurkan layar sejajar lurus dengan kepala. Posisikan, jangan terlalu ketinggian atau bahkan kerendahan. Tidak lupa juga, aturlah bagian kecerahan layar. Aturlah dengan senyaman mungkin pada mata  : Perlu diingat!, jangan terlalu cerah dan jangan pula terlalu gelap.

3. Jangan Terlalu Lama Memandang Layar Komputer

Rajinlah berkedip mata, maka masalah mata kering akan teratasi. Pakailah kacamata anti radiasi bila dirasakan kita terlalu sensitif pada radiasi. Sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus tentunya, maka istirahatkanlah mata ditengah kesibukan minimal 15 menit sembari melihat pepohonan hijau yang menyegarkan.

4. Rutin Konsumsi Vitamin A dan Air Putih

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, anjuran minum air putih yang tepat bagi wanita adalah 2,7 liter/hari. Sedangkan untuk pria, membutuhkan sebanyak 3,7 liter/ hari. Perlu diingat! Jangan terlalu lama memakai jaringan wifi, wireless, modem atau pun hotspot. Karenanya, bahaya radiasi yang mengintai sama dengan saat kita menggunakan HP.

Itulah tips yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua.

Sumber : https://yoursay.suara.com/news/2021/02/17/141707/cara-mengatasi-radiasi-dari-layar-komputer

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?