Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Merangkum Video YouTube Otomatis Menjadi Teks

cara Merangkum Video YouTube Otomatis Menjadi Teks

Cara Merangkum Video YouTube Otomatis Menjadi Teks | Dalam konteks pembelajaran, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media ajar. Hal ini disinyalir dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar. Perkembangan Youtube sebagai salah satu media sosial yang paling digemari merupakan sebuah peluang di dunia Pendidikan.

Youtube sendiri bisa memberikan berbagai macam ilmu yang bisa dilakukan sehari-hari melalui sebuah video. Namun, para pengguna juga harus mengetahui bahwa video dari Youtube bisa di transkrip secara otomatis menjadi tulisan.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Upload di Google Drive Paling Mudah

Untuk melakukan transkrip video Youtube menjadi tulis para penonton atau pengguna tidak perlu menulis ulang kata per kata. Merangkum video YouTube menjadi teks dapat menghemat tenaga dan waktu, karena cara ini dilakukan secara otomatis, pengguna hanya perlu beberapa aplikasi yang sudah disediakan melalui web browser para pengguna.

Mungkin banyak yang belum tahu, kalau Mikrofon yang ada di komputer ataupun yang ada di ponsel, dapat digunakan lebih dari sekadar panggilan ataupun perekaman suara contohnya adalah fitur type voice di Google Docs. Berikut ikuti langkah-langkah yang sudah kami siapkan:

Cara Merangkum Video Menggunakan Google Docs

Google Docs sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google sebagai aplikasi menulis gratis, dan pastinya web-based. Aplikasi ini bisa bermanfaat untuk merangkum video Youtube secara otomatis, caranya sangat mudah dan praktis.

Komputer

GDocs 1
  1. Untuk mulai menggunakan type voice, silakan buka Google Dokumen di Chrome
  2. Kemudian pilih menu Alat–>Pengetikan suara atau kamu dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + S.
  3. Jendela pop-up akan muncul di Google Docs dengan tombol mikrofon abu-abu di tengahnya. Klik tombol tersebut untuk memulai.
  4. Apabila kamu belum dapat menggunakannya, silakan beri izin Google Docs untuk mengakses mikrofon pada perangkatmu.
  5. Selesai

Android

GDocs 3
  1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Google Docs
  2. Selanjutnya tinggal buka dan buat dokumen baru
  3. Jika sudah, ketika mulai mengetik pastikan kamu pilih ikon mikrofon untuk memulai fitur type voice
  4. Selesai

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Cara Merangkum Video YouTube Otomatis Menjadi Teks. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan