Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Mudah Membuat Hardisk Laptop Menjadi Seperti Baru

Cara Mudah Membuat Hardisk Laptop Menjadi Seperti Baru

Cara Mudah Membuat Hardisk Laptop Menjadi Seperti Baru | Hard Disk Drive (HDD) atau Hardisk merupakan salah satu komponen pada perangkat laptop yang berfungsi tempat penyimpanan file atau data. Tidak hanya data pribadi saja, Hardisk juga berfungsi sebagai tempat data sistem seperti, file instalasi Windows. Fungsi dari hard disk ini sendiri sangat krusial, dan laptop tidak akan bisa berfungsi jika hard disk tidak ada atau rusak.

Sebagian besar pengguna laptop memiliki data pribadi sendiri yang tidak mau tertemukan oleh orang lain. Mungkin Anda berpikir untuk menghapus semua file pribadi tersebut dari laptop secara permanen, atau tidak bisa lagi kembali. Mudah kok untuk menghapus data yang tersimpan di Hardisk secara permanen.

Untuk menghapus file di komputer, Anda dapat langsung melakukannya dengan menekan tombol ‘delete’ pada keyboard atau memilih klik kanan kemudian ‘delete’ pada mouse. Namun file yang terhapus itu ternyata masih ada di recycle bin.

Cara lain supaya file yang dihapus tersebut tidak masuk ‘recycle bin’ adalah dengan menekan tombol Shift+Del secara bersamaan pada keyboard. Namun kedua cara tersebut belum cukup jika Anda benar-benar ingin data tersebut hilang sama sekali dari hardisk.

Memformat Data Hardisk Secara Biasa Masih Belum Cukup

Metode format biasa sejatinya tidak menghapus data, melainkan hanya menganggap data itu tidak ada sehingga bisa tertimpa oleh data lain. Namun jika tidak sepenuhnya tertimpa, data tersebut masih bisa dipulihkan kembai lagi dengan mudah.Ezoic

Berikut ini cara format hardisk secara total sehingga data lama tidak bisa kembali lagi atau menjadi seperti baru. Metode ini cocok sebelum Anda menjual atau memberikan hardisk kepada orang lain.

Catatan: Pastikan Anda sudah backup data penting pada disk yang ingin diformat (jika ada) sebab setelah ini, Hardisk akan kembali seperti baru.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Tidak TerbacaEzoic

Memformat Semua Data Hardisk Permanen Agar Menjadi Baru

1. Download dan instal software gratis MiniTool Partition Wizard. Gunakan link ini apabila tidak bisa download.

minitool partition wizard free Cara Format Total HDD Sehingga File Tidak Bisa Kembali 3 minitool partition wizard free

2. Jalankan programnya, klik kanan pada disk atau partisi yang ingin diformat, kemudian pilih Wipe Disk.

wipe disk Cara Format Total HDD Sehingga File Tidak Bisa Kembali 4 wipe disk

3. Pilih Fill Sectors with Zero kemudian OK.

fill sectors Cara Format Total HDD Sehingga File Tidak Bisa Kembali 5 fill sectors

4. Klik Yes.

apply changes Cara Format Total HDD Sehingga File Tidak Bisa Kembali 6 apply changes

5. Tunggu proses pembersihan hingga selesai. Lamanya bergantung pada performa HDD dan jumlah data yang tersisa.

wiping process Cara Format Total HDD Sehingga File Tidak Bisa Kembali 7 wiping process

Setelah selesai, Hardisk Anda akan bersih dari data yang sebelumnya pernah tertdi sana. Sebagai informasi, metode zero-filling ini sangat populer untuk melenyapkan data secara permanen.Ezoic

Untuk mengujinya, Anda dapat menggunakan software gratis bernama Recuva untuk memeriksa apakah data masih bisa kembali. Jangan lupa mengaktifkan Deep Scan ketika melakukan scanning.

Saya sendiri sudah menerapkan cara ini pada dua Hardisk berbeda dan hasilnya tetap sama — tidak ada satupun data yang bisa dikembalikan oleh software recovery seperti Recuva tadi.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Cara Mudah Membuat Hardisk Laptop Menjadi Seperti Baru. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan