Cara Reset Laptop dan PC Ke Pengaturan Pabrik Tanpa Instal Ulang | Windows memiliki fitur reset yang memudahkan kamu memformat data atau memformat ulang sistem laptop ke pengaturan pabrik. Fitur ini bisa kamu pakai ketika sistem sudah mengalami banyak masalah, seperti error tertentu, sampai mengatasi laptop yang lupa password. Di sini, kami akan menjelaskan cara reset laptop ke pengaturan pabrik dengan mudah dan aman.

sebelum melakukan reset ke pengaturan pabrik, backup semua file penting sebelum melakukan reset, terutama pada Drive C. Karena beberapa file sistem di Drive C biasanya akan hilang. Setelah dibackup, kamu bisa ikuti cara reset laptop Windows 10 berikut ini

Cara Reset Laptop dan PC Ke Pengaturan Pabrik Tanpa Instal Ulang

  • Masuk ke Windows Setting

Untuk melakukan format laptop, pertama kamu buka Windows Settings terlebih dahulu. Untuk membukanya, silahkan tekan tombol Start Windows, ketikan Settings di search bar. Kalau sudah, kamu bisa pilih Settings untuk masuk ke pengaturan Windows.

  • Pilih Menu Recovery

Sekarang kamu harus mencari menu Recovery untuk dapat memulai reset. Untuk mengakses menu Recovery, pilih menu Update & Security lebih dulu. Setelah itu pilih menu Recovery pada taskbar sebelah kiri. Nantinya pengaturan Windows akan mengarahkan kamu ke Recovery Settings.

Baca Juga Cara Meningkatkan Performa Laptop

  • Mulai Reset

Sekarang kamu dapat melakukan reset pada sistem laptop tersebut. Caranya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Setelah itu pilih opsi reset sesuai keinginan kamu. dan berikut ini merupakan keterangan dari setiap perintah yang akan dikerjakan oleh komputer.

Keep My Files

Memformat ulang sistem Windows ke setelan pabrik dengan menghapus semua aplikasi yang sudah terpasang, tanpa menghilangkan data pengguna.

Remove Everything

Memformat ulang sistem dengan menghapus semua aplikasi dan juga data pengguna agar seperti baru.

2. Sistem akan memberitahukan catatan resetting Windows 10, seperti yang sudah dijelaskan pada tabel di atas.

3. Klik tombol Reset. Maka sistem akan mulai mereboot laptop tersebut.

4. Kalau proses reset sudah selesai, biasanya sistem akan melakukan restart ulang laptop secara otomatis.

Fitur reset ini bisa kamu gunakan berkali-kali sesuai kebutuhan, yang terpenting Pins harus memastikan data yang tersimpan sudah dibackup dengan benar agar tidak terjadi sebuah kehilangan data.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami DISINI