Logo-Pitma-Jogja
Search

Diklat Peningkatan Kapasitas Kepala OPD Pemerintah Kota Surakarta

image-uploads-2019-07/

Pemerintah Kota Surakarta sudah mencanangkan visi misi yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surakarta tahun 2016-2021. Dalam RJP yang sudah ditetapkan dengan Perda Kota Surakarta Nomor 9/Th.2016 ini dinyatakan bahwa visi Pemerintah Kota Surakarta adalah 'Terwujudnya Surakarta Sebagai Kota Budaya, Mandiri, Maju dan Sejahtera. Sedangkan  Misinya terkenal dengan Waras, Wasis, Wareg, Papan. Walikota Surakarta merangkum visinya sebagai 'Solo berseri tanpa Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat 3WMP (Wasis, Waras, Wareg, Mapan dan Papan) dengan membangun 5 Budaya yakni Budaya Hidup Gotong Royong, Budaya Memiliki, Budaya Merawat, Budaya Menjaga, Budaya Mengamankan Kota Solo dan isinya. Dalam rangka mewujudkan visi walikota Surakarta, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Surakarta menjalankan beberapa program, salah satunya adalah program diklat yang diselenggarakan bekerja sama dengan PT Pilar Teknotama.

BKPP SURAKARTA 6 7 DES 17 03(1)

Dengan mengambil lokasi di kawasan wisata Kaliurang, BKPP melaksanakan Diklat Peningkatan Kapasitas Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 6-7 Desember 2017. Diklat diikuti oleh 49 orang peserta, terdiri dari para Kepala OPD, Camat, beberapa Staf Ahli Walikota, dan beberapa pejabat yang setara dengan kepala bagian. 
Diklat diawali dengan rangkaian acara pembukaan dan dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Surakarta Dr. H. Achmad Purnomo, Apt. Dalam sambutannya, Wakil Walikota menyampaikan bahwa diklat peningkatan kapasitan bagi kepala OPD periode ini memang khusus ditujukan pada membangun kembali pemahaman kinerja pemerintahan dengan menghadirkan nara sumber dari Tim Satgas Saber Pungli, BPKP Propinsi Jawa Tengah, Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, serta narasumber dari PT Pilar Teknotama yang memberikan materi tentang Membangun Komitmen Tim.  Dari para narasumber yang dihadirkan, jelaslah bahwa visi walikota solo yakni 'Solo berseri tanpa Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat 3WMP' bukanlah slogan penghias spanduk di pinggir jalan belaka, melainkan sebuah visi yang benar – benar diupayakan untuk diwujudkan Pemerintah Kota Surakarta. – (ERG/0118)

BKPP SURAKARTA 6 7 DES 17 04

BKPP SURAKARTA 6 7 DES 17 01(1)

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?