Logo-Pitma-Jogja
Search

Hindari Penipuan dengan 7 Aplikasi Anti Penipuan ini

Hindari Penipuan dengan 7 Aplikasi Anti Penipuan ini | Panggilan dari nomor tak dikenal terkadang cukup mengganggu bahkan menjadi awal mula penipuan. Berikut sejumlah aplikasi yang bisa mengecek nomor-nomor ‘mencurigakan’ itu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang tersedia di App Store untuk IOS maupun Google Play Store untuk Android. Dengan kehadiran aplikasi-aplikasi ini, paling tidak Anda dapat melacak panggilan tak dikenal tersebut.

Jika pengguna sudah memberi izin akses panggilan telepon maupun SMS ke aplikasi tersebut, aplikasi akan mendeteksi secara otomatis ketika panggilan masuk, meski nomor belum pernah Anda simpan di daftar kontak.

Baca juga: Pengertian,Macam-macam, Contoh dan Manfaat Call To Action

7 Daftar aplikasi yang bisa digunakan melacak nomor tak dikenal

Getcontact

Getcontact adalah salah satu aplikasi layanan pelacak nomor telepon yang populer di dunia. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Aplikasi ini dapat memberi tahu nomor kontak orang yang menghubungi Anda. Selain melacak nomor hp, Getcontact juga dapat digunakan untuk memberi tag atau label kontak kepada nomor yang Anda simpan.

Nantinya, nama kontak yang Anda berikan ke sebuah nomor akan masuk ke data nama kontak Getcontact.

Caller ID

Aplikasi selanjutnya adalah Caller ID yang telah diunduh oleh 1 juta pengguna di dunia. Caller ID juga bisa melacak nomor tak dikenal. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk pencadangan kontak yang tersimpan.

Caller ID juga dapat merekam telepon yang masuk dan keluar untuk keperluan dokumentasi. Yang tak kalah penting, layanan ini gratis. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini di App Store atau Google Play Store.

Truecaller

Truecaller bisa jadi aplikasi pelacak nomor tak dikenal paling populer di dunia karena sudah diunduh oleh 1 miliar pengguna. Selain dalam format aplikasi, Truecaller juga memiliki layanan pelacak nomor telepon dalam bentuk situs.

Jadi, bagi yang tidak ingin mengunduh Truecaller, tetap bisa cek nomor tidak dikenal tanpa aplikasi. Truecaller dapat mengidentifikasi nomor, nama, lokasi, hingga nama provider.

Sync.ME

Sync.ME juga tersedia versi aplikasi dan situs. Keduanya dapat digunakan untuk cek nomor tidak dikenal. Tidak hanya untuk mengidentifikasi nomor, Sync.ME juga dapat menyinkronkan nomor kontak yang disimpan dan menggabungkan atau duplikat kontak.

Aplikasi ini juga memiliki fitur panggilan pintar yang dapat mendeteksi setiap telepon masuk, merekam panggilan, dan menemukan segala sesuatu tentang orang yang menelepon Anda.

CallApp

Aplikasi berikutnya, CallApp dapat mengidentifikasi berbagai nomor yang masuk ke hp karena memiliki database lebih dari 6 miliar nomor di dunia. Aplikasi ini juga memiliki fitur mode gelap untuk menghemat baterai hp ketika menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, CallApp dapat digunakan untuk cek nomor tidak dikenal dan memberikan nada dering khusus untuk nomor kontak yang tersimpan. Tak ketinggalan, pengguna juga bisa memblokir nomor yang tak dikenal.

Whoscall

Aplikasi Whoscall sudah diunduh oleh 50 juta pengguna di dunia. Whoscall menawarkan layanan identifikasi nomor telepon yang masuk sampai melacak nomor yang ingin diketahui identitasnya.

Whoscall juga bisa mendeteksi panggilan dengan label spam, menyaring panggilan yang dicurigai, menghindari panggilan dan penipuan yang mengganggu, hingga memindai SMS dari nomor telepon orang lain.

Mr. Number

Aplikasi Mr. Number dapat memperlihatkan nama dan foto dari nomor telepon yang masuk ke panggilan hp penggunanya. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan perlindungan dari panggilan yang mengganggu dan berupa penipuan.

Aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika ada panggilan yang mengindikasikan penipuan. Pengguna juga dapat melakukan blokir dari panggilan-panggilan tak dikenal dan mengetahui siapa yang menelepon.

Demikian Hindari Penipuan dengan 7 Aplikasi Anti Penipuan. Semoga bermanfaat!

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan