DURASI

2 Hari

 

DESKRIPSI

Pelatihan ini secara khusus melatih peserta agar mampu memahami dan kemudian mempraktekkan strategi dan teknik bernegosiasi dengan baik dan benar. Ada tiga bagian utama dalam pelatihan ini. Bagian pertama berisi pemahaman dasar dan karateristik sebuah negosiasi yang efektif, yang dilanjutkan dengan beragam cara melakukan negosiasi dengan rekan bisnis. Bagian kedua melatih peserta dengan komunikasi yang bertujuan membujuk (persuasi) pihak lawan dalam negosiasi; karena hakekat dari negosiasi adalah rangkaian komunikasi, maka kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal penting dikuasasi para negosiator. Bagian ketiga adalah berhubungan dengan upaya menjalin hubungan secara intens dengan rekan negosiasi; negosiator yang berhasil adalah mereka yang tidak sekedar berkomunikasi namun juga membina hubungan yang baik dan permanen, baik secara pribadi maupun kelompok.

Teknik dan seni bernegosiasi yang diajarkan dalam pelatihan ini akan membekali peserta dengan kemampuan bernegosiasi yang tidak hanya berupaya mencapai kompromi, namun juga melakukan pendekatan win-win (saling menguntungkan) yang efektif. Latihan dan studi kasus akan menajamkan kemampuan peserta menerapkan strategi negosiasi yang efektif serta dapat mengatasi kemungkinan adanya dead lock dalam negosiasi.

 

TUJUAN

1. Peserta dapat memahami karateristik negosiasi yang efektif
2. Peserta dapat menerapkan strategi negosiasi untuk beragam kepentingan bisnis: penawaran produk, penawaran sebuah proyek, promosi sebuah produk, dan lainnya.
3. Peserta dapat mengatasi situasi dead lock dalam negosiasi
4. Peserta dapat berkomunikasi secara efektif dan persuasif saat negosiasi
5. Peserta dapat menjalin hubungan secara intens dengan pihak lawan negosiasi

 

MATERI

Teknik Negosiasi yang Efektif dalam Kegiatan Bisnis

  •  Dasar-dasar Negosiasi dan Lobbying dalam kegiatan bisnis
  •  Kriteria sebuah Negosiasi yang efektif
  •  Memahami tahapan dan pola sebuah negosiasi
  •  Etika dalam kegiatan negosiasi
  •  Mengenal berbagai tipe kepribadian lawan bicara untuk keberhasilan negosiasi
  •  Teknik negosiasi dalam menutup penjualan
  •  Teknik negosiasi dalam menawarkan produk
  •  Teknik negosiasi dalam pelaksanaan sebuah proyek
  •  Strategi mencari kompromi dalam sebuah negosiasi
  •  Strategi mengatasi deal-lock dalam negosiasi
  •  Memahami strategi pendekatan distributif dan integratif dalam negosiasi
  •  Menghindari jebakan-jebakan umum dalam kegiatan negosiasi
  •  Mengatasi penolakan-penolakan dalam kegiatan negosiasi
  •  Strategi melibatkan peran pihak ketiga dalam negosiasi
  •  Strategi meredam konflik dalam kegiatan negosiasi

Teknik Komunikasi Persuasif untuk Keberhasilan Negosiasi

  •  Peran penting komunikasi yang persuasif dalam keberhasilan negosiasi bisnis
  •  Mendisain Surat Bisnis dan Email yang persuasif dalam kegiatan negosiasi

EFFECTIVE NEGOTIATION AND LOBBYING SKILLS IN BUSINESS

  •  Mengoptimalkan komunikasi verbal dan nonverbal dalam membangun komunikasi yang persuasif
  •  Kunci Komunikasi Bisnis yang Berorientasi pada kepentingan lawan bicara
  •  Strategi penggunaan active listening saat bernegosiasi
  •  Menerapkan prinsip-prinsip magic of talking dalam komunikasi dengan rekan bisnis
  • Strategi Menjalin Hubungan Untuk Keberhasilan Negosiasi
  •  Pentingnya menjalin hubungan untuk meningkatkan pengaruh dalam negosiasi
  •  Tahapan membangun hubungan dalam kegiatan bisnis
  •  Empat unsur membangun hubungan: visual, intelektual, emosional, dan verbal
  •  Mengatasi penghalang-penghalang dalam menjalin hubungan
  •  Strategi menemukan dan mengelola ‘titik temu’ (connect) dalam menjalin hubungan
  •  Teknik menjalin hubungan secara pribadi dan dalam kelompok