Logo-Pitma-Jogja
Search

Manajemen Data Center

Deskripsi

Saat ini, Organisasi / Instansi sangat tergantung pada perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk melakukan proses bisnisnya. Bila terjadi gangguan terhadap infrastruktur dan perangkat TIK mereka, maka dipastikan proses bisnis mereka akan terganggu secara signifikan dan bahkan malah terhenti. Oleh karena itu, Organisasi perlu memastikan bahwa infrastruktur dan perangkat TIK yang dimiliki harus mempunyai tingkat ketersediaan yang tinggi (high availability). Solusi yang sudah jelas terbukti adalah dengan memiliki Data Center yang dikelola dengan baik. 

Data Center adalah suatu fasilitas fisik yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer beserta berbagai komponen terkaitnya seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data, mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (misalnya AC dan ventilasi), pencegah bahaya kebakaran,serta piranti keamanan fisik.

Instansi PEMDA sudah lama menyadari sejak dahulu bahwa Data Center merupakan sebuah solusi yang terbaik untuk menjaga tingkat ketersediaan layanan TIK yang tinggi. Pengelolaan yang tersentralisasi memudahkan pengawasan dan pengendalian terhadap ketersediaan, tingkat layanan, kapasitas, keamanan, dan keberlangsungan berbagai perangkat TIK yang dimiliki oleh organisasi demi pencapaian tujuan organisasi.

Objective

Sasaran dari pelatihan  ini adalah :

  1. Mendeskripsikan semua komponen penting untuk high availability Data Center
  2. Mendeskripsikan bermacam-macam teknologi UPS, Fire Suppression, cooling, monitoring System, cabling standard
  3. mamanagemen distribusi kelistrikan
  4. Meningkatkan kemampuan pendinginan dan efisiensi Data Center
  5. Mendesign high reliable dan arsitektur jaringan
  6. Membuat maintenance yang efektif dan memastikan langkah-langkah keamanan Data Center yang tepat

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?