Logo-Pitma-Jogja
Search

Memahami Pola Keuangan BLUD

Menjelaskan tentang pola keuangan pada BLUD di Indonesia

Pengelolaan keuangan BLUD adalah pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa kekuasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya. 

Pengelolaan keuangan adalah kegiatan administratif yang dilakukan dalam bentuk beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan, penyimpanan, penggunaan, pencatatan serta pengawasan yang kemudian diakhiri dengan pertanggungjawaban (pelaporan) terhadap keluar masuknya dana dalam sebuah instansi.

Pengertian Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada SKPD di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Peran BLUD di bidang kesehatan menjadi semakin vital lagi.Untuk meningkatkan pelayanan maka BLUD harus memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengelola pendapatan maupun pengeluaran.

Kami PITMA menyediakan paket Pelatihan Pengelolaan Keuangan BLUD

bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat & Tujuan Pelatihan ini

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat :

  1. Memahami pola pengelolaan keuangan BLUD
  2. Memahami Tata Kelola Setelah BLUD
  3. Memahami Rencana Strategi Bisnis Pelayanan Kesehatan
  4. Memahami sistematika penyusunan RBA
  5. Memahami sistematika penyusunan Laporan keuangan berdasarkan SAK

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?