Logo-Pitma-Jogja
Search

Mengatasi Stress Kerja Pada Karyawan/Pegawai

image-uploads-2019-07/

 

Oleh: Dewi Rita Rachmat (Praktisi Psikologi & Trainer SDM)

 

Dalam sesi pelatihan peningkatan mutu SDM di instansi/perusahaan, pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para peserta adalah :

Bagaimana caranya saya bisa menampilkan kinerja maksimal sementara saya sedang dalam kondisi minimal/stress?

 

Tuntutan target yang harus dicapai oleh setiap karyawan ditambah permasalahan pribadi dan tekanan hidup serta pola hidup masa kini yang serba cepat tentu mudah sekali memicu stress yang dapat menurunkan performa kinerja karyawan/pegawai.

 

Stress dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang. Maka dapat diartikan bahwa stress adalah suatu kondisi yang mempengaruhi keadaan fisik atau psikis seseorang karena adanya tekanan dari dalam ataupun dari luar diri seseorang yang dapat mengganggu kinerja seseorang.

 

Kondisi stress pada karyawan/pegawai seringkali tidak terdeteksi oleh para atasan. Seringkali nampak seolah-olah semua berjalan baik-baik saja dan baru terlihat saat diadakan penilaian performa kinerja karyawan yang turun yang tentu pula sudah berpengaruh terhadap performa pencapaian instansi/perusahaan.

 

Masalah penurunan kinerja karyawan/pegawai yang disebabkan oleh stress kerja sangat bisa diatasi dengan cara membekali para karyawan/pegawai untuk memiliki keterampilan mendeteksi gejala stress kerja dan juga keterampilan mengatasi stress kerja.

 

Kami memiliki beberapa metode Pelatihan Psikologi untuk mengatasi stress (stress healing), yaitu

• EFT (Emotional Freedom Technique)

• Detoksifikiasi Emosi Negatif

• Ho'op pono pono

• Psiko-transpersonal

Dan masih banyak lagi metode-metode yang telah terbukti efektif mengatasi stress kerja dan meningkatkan performa kinerja karyawan/pegawai.

 

Para karyawan/pegawai akan dibekali cara untuk mendeteksi kondisi psikologis apakah ia sedang dalam kondisi stress atau tidak, kemudian karyawan/pegawai akan dibekali cara untuk mengatasi stress dan menemukan anchor yang akan mereka gunakan sebagai cara cepat untuk pulih saat menghadapi kembali kondisi stress.

 

Apa manfaat pagi perusahaan/instansi membekali karyawan dengan metode stress healing ? Dengan memiliki SDM yang sehat secara mental maka akan berpengaruh pula pada:

  1. Karyawan/pegawai yang sehat secara mental maka akan cenderung lebih sehat secara fisik
  2. Karyawan/pegawai yang sehat mental akan lebih bahagia dan fokus dalam bekerja
  3. Karyawan/pegawai yang bahagia dan fokus dalam bekerja akan lebih kreatif
  4. Karyawan/pegawai yang kreatif akan lebih produktif
  5. Karyawan/pegawai yang sehat lahir batin, bahagia, kreatif dan produktif akan lebih berprestasi

Jika sebuah perusahaan/instansi memiliki SDM berprestasi maka goal perusahaan/instansi akan lebih mudah tercapai.

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan