Durasi 

2 hari 

Deskripsi 

Rumah Sakit merupakan pelayanan yang kompleks dan padat, baik padat tenaga, profesi, prosedur, teknologi dan sebagainya sehingga mudah terjadi permasalahan dalam pelayanan. Akibatnya mudah terjadi Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) dalam pelayanan yang meningkatkan mortalitas, morbiditas dan prolonged hospital stay.

Keselamatan Pasien Rumah Sakit adalah proses dalam suatu RS yang memberikan pelayanan pasien yang lebih aman. Termasuk didalamnya : Asesmen Risiko, Identifikasi Manajemen Risiko terhadap pasien, Pelaporan dan Analisis Insiden, kemampuan untuk belajar dan menindaklanjuti insiden dan menerapkan solusi untuk meminimalisir timbulnya risiko. Dalam Undang-Undang Tentang Perumahsakitan No. 44 Pasal 43 Tahun 2009 disebutkan bahwa RS wajib menerapkan Standar Keselamatan Pasien.

Tujuan 

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang keselamatan pasien, sehingga gerakan keselamatan pasien dapat diterapkan di rumah sakit, untuk mensukseskan program pemerintah / dunia (who) melalui penerapan internasional patient safety goals (ipsg) dalam pemberian asuhan keperawatan.

Materi 

  • Pengantar Keselamatan pasien
  • KPC, KNC, KTD & Sentinel event
  • Risk Grading
  • Root Couse Analisys (RCA)
  • 6 Langkah Keselamatan Pasien
    • Ketepatan Identifikasi pasien (gelang identifikasi pasien , petanda alergi, resiko jatuh dan DNR) à standar komunikasi verbal
    • Peningkatan komunikasi efektif (SBAR) à cara penulisan di lembar integrasi
    • Peningkatan keamanan obat yang memerlukan kewaspadaan tinggi (penyimpanan, pemberian)
    • Kepastian tepat lokasi ( penandaan, sign in, time out, sign out)
    • Pengurangan risiko infeksi   (Kebersihan tangan)
    • Pengurangan risiko pasien jatuh (Pengkajian Humty dumpty, Scala Morse dan Ontario)