Pelatihan Online Analisis Kebutuhan Diklat – Pelatihan online atau belajar online adalah serangkaian pengalaman instruksional dengan menggunakan jaringan digital untuk berinteraksi, belajar dan berdiskusi. Kursus online tidak memerlukan pertemuan tatap muka di lokasi fisik. Pelatihan online dengan kami menggunakan media Zoom yang dapat mempermudah dalam berinteraksi dengan Trainer dengan peserta. Pelatihan online, belajar online, belajar elektronik (e-learning) adalah alat atau sistem pendidikan berbasis komputer yang memungkinkan Anda belajar dimana saja dan kapan saja.

Mengenal Tentang Kebutuhan Diklat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Kebutuhan diklat, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu mengenai arti dari Kebutuhan diklat itu sendiri. Kebutuhan diklat adalah diklat yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan atau pelaksana pekerjaan tiap jenis jabatan atau unit organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugas yang efektif dan efisien (Dephutbun dan ITTO,2000). Sedangkan menurut Lembaga Administrasi Negara kebutuhan diklat adalah kekurangan pengetahuan, keterampilan dan sikap seorang pegawai sehingga kurang mampu melaksanakan tugas, tanggung jawab, wewenang dan haknya dalam suatu satuan organisasi.

Pentingnya Analisis Kebutuhan Diklat?

Analisis kebutuhan diklat merupakan langkah awal dalam siklus yang diharapkan memberikan kontribusi untuk pelatihan dan strategi pendidikan karyawan dalam suatu organisasi atau kelompok profesional. Pelatihan dapat memperkecil kesenjangan kebutuhan kompetensi yang diperlukan dalam memberikan unjuk kinerja setiap SDM. Oleh karena itu proses mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, memilih metoda pelatihan, penggunaan sejumlah tools (alat) dan pengukuran manfaat sebuah pelatihan serta anggaran yang dibutuhkan merupakan kegiatan penting yang harus dikuasai oleh praktisi SDM.

Manfaat Mengikuti Training Online Analisis Kebutuhan Diklat?

Adapun manfaat setelah selesai mengikuti Training Online Analisis Kebutuhan Diklat antara lain :

  • Memahami pentingnya melakukan analisis kebutuhan untuk pengadaan sebuah pelatihan
  • Mengetahui kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
  • Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
  • Tahu berbagai level kebutuhan pelatihan pada sebuah organisasi
  • Tahu berbagai metode identifikasi kebutuhan pelatihan pada tiap level organisasi
  • Mengetahui kaitan antara hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dengan penyusunan sasaran serta evaluasi hasil pelatihan.
  • Menyusun rencana evaluasi pelatihan dan tindak lanjut

Materi Training Online Analisis Kebutuhan Diklat?

  1. Pengantar Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang
  2. Manajemen PNS
  3. Proses Asesmen Kebutuhan Diklat
  4. Tahapan dan Tujuan AKDAnalisis Tugas dan Kompetensi
  5. Metode Pengumpulan Data
  6. GAP Analysis
  7. DIF Model
  8. Study Case Analisa Kebutuhan Diklat

Berminat mengikuti pelatihan ini silahkan klik DISINI

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan Jogja lainnya dari kami , cek selengkapnya disini.