Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Desain Grafis dan Multimedia sebagai Media Informasi dan Komunikasi

Desain Grafis, Pentingnya desain grafis pada era modern

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk topografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Tujuan desain grafis dan multimedia adalah menerangkan bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media visual yang menggunakan gambar sebagai fasilitas untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan sejelas-jelasnya. Umumnya, orang akan lebih mudah menerima pesan dalam bentuk visual gambar dibandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual juga lebih universal ditangkap oleh mata manusia untuk berbagi latar belakang yang berbeda.

Kami PITMA adalah provider pelatihan Jogja yang menyediakan paket Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia untuk Media Informasi dan Komunikasi bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan tujuan dari pelatihan setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat:  

  1. Mendayagunakan konten multimedia seperti gambar, foto, video, dan audio untuk keperluan kehumasan instansi/SKPD sehingga masyarakat bisa lebih tahu tentang instansi/SKPD tersebut.
  2. Menjalan aplikasi untuk pengeditan gambar dan foto untuk keperluan kehumasan sehingga membuat masyarakat lebih tertarik.
  3. Memahami cara penggunaan aplikasi untuk pengeditan video dan audio untuk keperluan kehumasan sehingga membuat masyarakat lebih tertarik.
  4. Memahami cara penggunaan aplikasi untuk membuat berbagai jenis publikasi termasuk pamflet, brosur, flyer, poster, spanduk, dan publikasi media lainnya sehingga bisa meningkatkan hubungan dengan masyarakat

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan