Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Perpajakan Untuk Instansi Pemda

Thumbnail-Perpajakan-untuk-Pemda

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaat dari pajak secara langsung, karena pajak digunakan untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi. Pajak merupakan salah satu sumber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemungutan pajak dapat dipaksakan karena dilaksanakan berdasarkan undang-undang.

Berdasarkan dengan system self assessment bahwa masyarakat ataupun instansi pemerintahan memiliki kewajiban perpajakan, wajib melakukan sendiri perhitungan, pembayaran dan pelaporan pajak terutang. Untuk itu wajib pajak mempunyai kewajiban dalam mendaftarkan diri ke kantor pelayanan pajak yang wilayahnya meliputi kedudukan wajib pajak untuk memberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Lalu apa itu pajak daerah? Pajak daerah adalah iuran wajib terutang yang dilakukan oleh wajib pajak orang pribadi atau badan kepada daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang. Pajak ini digunakan untuk keperluan daerah dan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat daerah tersebut. Pemungutan pajak daerah dapat dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pajak Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah (APBD) yang penting untuk membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah dan pembangunan.

Pajak daerah ditetapkan oleh pemerintah daerah dengan Peraturan Daerah. Wewenang pemungutan pajak dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan hasilnya digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

Kami PITMA adalah provider pelatihan Jogja yang menyediakan berbagai paket Pelatihan Perpajakan untuk Instansi Pemerintah Daerah bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan tujuan dari pelatihan setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat:

  1. Mengenal definisi dan karakteristik pajak yang berlaku di Indonesia.
  2. Memahami perihal, pelaporan dan prosedur perpajakan yang paling efektif dan efisien.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?